Cara Mudah Membuat Activity Diagram


  1. Activity

Activity



Pastinya dalam activity diagram dibutuhkan adanya suatu aktivitas. Aktivitas sistem nantinya akan tetap disimpan dalam suatu activity, umumnya untuk activity akan berisi kata kerja.

  1. Decision

Decision

Pada pembuatan aktivitas sistem dalam activity diagram, tentunya diperlukan suatu kondisi yang penting dilakukan. Untuk masalah penggunaan kondisi dalam activity diagram memang selalu dibutuhkan.

  1. Merge

Merge

Merge node adalah node kontrol yang dapat menyatukan banyak aliran alternatif. Tetapi merge node tidak dapat menyikronkan aliran kontrol secara bersamaan atau bisa dibilang hanya bisa salah satunya saja.

  1. Join

Join



Join adalah node kontrol yang dapat menyikronkan banyak aliran.

  1. Fork

 Fork

Fork adalah salah satu node kontrol yang dapat membagi aliran secara langsung untuk menjadi beberapa aliran bersamaan.

  1. Swimlane

Swimlane



Swimlane adalah sebuah tempat yang digunakan untuk mengelompokkan suatu aktivitas sistem berdasarkan kategori yang telah diwakili oleh swimlane itu sendiri.

Seperti misalnya pada baris ke 1 menjelaskan aktor yang ingin berpartisipasi dalam alur kerjanya, maka disini ada 2 actor yang akan berpartisipasi yaitu actor 1 dan actor 2. Seluruh aktivitas diagram nantinya akan digambarkan langsung dalam baris ke 2.

Cara Membuat Activity Diagram

Jika Anda malas menginstall aplikasi yang digunakan untuk membuat activity diagram maka Anda tidak perlu bingung lagi. Hal ini karena cara membuat activity diagram sudah bisa dilakukan secara online sehingga akan jauh lebih mudah dan tidak perlu repot-repot untuk menginstall aplikasi.

Adapun untuk situs yang digunakan dalam pembuatan activity diagram adalah diagrams. Sedangkan untuk fitur yang disediakan juga sangat lengkap dan mudah digunakan. Berikut ini adalah tahapan cara membuat activity diagram dengan menggunakan diagrams:

Pertama Anda bisa langsung mengunjungi situs diagram, kami sarankan untuk menggunakan laptop atau komputer. Ini sangat penting untuk diperhatikan karena bisa memudahkan Anda untuk membuat diagram nantinya.



Cara Membuat Activity Diagram

Jika Anda sudah berhasil masuk ke websitenya maka Anda akan diberikan pilihan untuk menyimpan data penggunaan diagramnya. Apakah nantinya akan disimpan ke Google Drive, OneDrive atau bahkan Device. Anda bebas untuk memilih sendiri ingin disimpan kemana.

Nantinya akan muncul menu Create New Diagram sehingga Anda sudah bisa mulai untuk membuat diagramnya.

Cara Membuat Activity Diagram

Ada banyak sekali pilihan yang digunakan untuk membuat diagramnya, tetapi Anda bisa memulainya dengan mudah menggunakan Blank Diagram.

Kemudian silahkan Anda klik pada tombol Create untuk bisa melanjutkan pembuatan activity diagramnya.

Cara Membuat Activity Diagram

Terletak di menu sidebar, Anda bisa langsung scroll kebawah kemudian cari menu UML. Selanjutnya akan muncul menu simbol-simbol UML yang dapat digunakan.

Khusus untuk pembuatan activity diagram Anda bisa memilih untuk menggunakan simbol bernama merah.



Leave a Comment