Cara Mudah Membuat Activity Diagram


Contoh Activity Diagram

Setelah memahami bagaimana cara membuat activity diagram, kami akan memberikan contohnya. Dengan adanya contoh ini maka diharapkan Anda bisa semakin mudah untuk mempelajari activity diagram.



Nah, langsung saja mari kita simak beberapa contoh activity diagram berikut ini:

Contoh Activity Diagram Proses Pengiriman

Activity Diagram Proses Pengiriman

Contoh activity diagram diatas menjelaskan mengenai aktivitas aliran bisnis pemrosesan pesanan. Pada activity diagram diatas, pesanan yang diminta yaitu parameter input dari aktivitas.

Jika pesanan sudah diterima dan semua informasi yang telah diperlukan diisi maka untuk pembayaran akan diterima dan untuk pesanan dikirim.

Contoh Activity Diagram Proses Proposal Bisnis



Contoh Activity Diagram Proses Proposal Bisnis

Activity diagram ternyata juga bisa digunakan untuk menggambarkan peran serta area tanggung jawab dalam bisnis. Maksudnya kami disini adalah siapakah yang memiliki peran tanggung jawab untuk melakukan apa yang terdapat dalam bisnis tersebut.

Untuk masalah peran dan area tanggung jawab nantinya akan didokumentasikan sebagai kolom (UML swimlanes) dalam activity diagram. Swimlanes akan menggambarkan para pekerja bisnis manakah yang berpartisipasi dalam realisasi alur kerja.

Activity diagram ini akan menjelaskan bagaimana suatu proses proposal bisnis bisa berjalan. Tentunya hal tersebut juga didukung dengan tiga area tanggung jawab yaitu (Pemilik Proposal, Penjualan Pelanggan, dan Pemilik Penawaran).



Itulah ulasan dari kami pada pembahasan kali ini mengenai activity diagram yang sudah kami tuliskan secara lengkap dan jelas mulai dari pengertian, fungsi, simbol, cara membuat sampai dengan contoh activity diagram.

Semoga informasi yang sudah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca semua. Terima kasih sudah mengunjungi website kami, sampai jumpa kembali di pembahasan menarik yang lainnya.



Leave a Comment