Contoh Algoritma Dalam Kehidupan Sehari Hari


Algoritma Di Kehidupan Sehari Hari – Ada banyak sekali hal dasar yang wajib dipelajari oleh seorang programmer untuk membuat program aplikasi yang tertentu. Proses pembuatannya memang cukup rumit sehingga dibutuhkan algoritma dan flowchart. Hal dasar yang satu ini akan dipelajari sebagai materi awal.



Sebenarnya konsep dari algoritma tidak hanya digunakan oleh seorang progammer saja, namun juga dalam kehidupan manusia sehari-hari. Lalu apakah yang dimaksud dengan flowchart?

Bagaimanakah contoh algoritma yang bisa memudahkan dalam mempelajarinya?

Untuk menemukan jawaban dari beberapa pertanyaan tersebut maka Anda bisa simak tulisan ini sampai dengan akhir.

Contoh Algoritma Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pada pembahasan kali ini kami akan membahas secara lengkap materi mengenai algoritma mulai dari pengertian, fungsi, sifat dan berbagai contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.



Pengertian dan Fungsi Algoritma

Pengertian dan Fungsi Algoritma

Kata algoritma pertama kali dimunculkan oleh seorang ilmuwan Persia, penulis buku Rules of Restoration and Reduction.

Buku yang telah diterbitkan pada tahun 825 M tersebut menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian dan fungsi algoritma.

Abu Ja’far Mohammed ibn Musa al-Khawarizmi yang merupakan penulis buku tersebut menjelaskan bahwa algoritma merupakan penulisan dari alur pemecahan suatu masalah.



Dalam buku tersebut sudah diejelaksan bahwa algoritma bisa saja berbeda dari satu orang dengan lainnya. Alur yang dituliskan bisa dalam bentuk kalimat, tabel, dan bisa juga gambar.

Dari pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa algoritma merupakan langkah-langkah yang berurutan dan logis.

Baca juga: Pemrograman Android Kotlin

Tujuan algoritma adalah sebagai alur penyelesaian suatu masalah. Seperti misalnya ketika seseorang mempunyai suatu masalah, maka untuk menyelesaikan masalah tersebut dibutuhkan langkah logis.

Langkah yang logis tersebut bisa digunakan untuk berbagai jenis masalah, bahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai Contoh Algoritma



Algoritma juga tergolong dalam ilmu Matematika yang juga digunakan dalam komputer. Dalam Matematika sendiri Algoritma memiliki fungsi sebagai proses menghitung dengan penalaran otomatis dalam memproses suatu data.

Sementara dalam ilmu komputer, algoritma merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengekspresikan rangkatan tidak terbatas. Beberapa instruksi dapat dijelaskan dengan menggunakan algoritma yang mana tujuannya untuk memudahkan perhitungan dalam sebuah fungsi.

Dari penjelasan tersebut sudah sangat jelas apakah hubungan antara algoritma dengan ilmu komputer yang nantinya digunakan dalam pembuatan suatu program.

Untuk penyusunan algoritma ini umumnya dimulai dari proses penginputan yang kemudian berlanjut pada urutan dengan kondisi yang terbatas.

Semua urutan tersebut nantinya harus didefinisikan supaya output (hasil akhir) algoritma bisa berhasil sesuai dengan fungsinya.



Leave a Comment