Contoh Algoritma Dalam Kehidupan Sehari Hari


Algoritma Di Kehidupan Sehari Hari – Ada banyak sekali hal dasar yang wajib dipelajari oleh seorang programmer untuk membuat program aplikasi yang tertentu. Proses pembuatannya memang cukup rumit sehingga dibutuhkan algoritma dan flowchart. Hal dasar yang satu ini akan dipelajari sebagai materi awal.

Sebenarnya konsep dari algoritma tidak hanya digunakan oleh seorang progammer saja, namun juga dalam kehidupan manusia sehari-hari. Lalu apakah yang dimaksud dengan flowchart?

Bagaimanakah contoh algoritma yang bisa memudahkan dalam mempelajarinya?

Untuk menemukan jawaban dari beberapa pertanyaan tersebut maka Anda bisa simak tulisan ini sampai dengan akhir.

Contoh Algoritma Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pada pembahasan kali ini kami akan membahas secara lengkap materi mengenai algoritma mulai dari pengertian, fungsi, sifat dan berbagai contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian dan Fungsi Algoritma

Pengertian dan Fungsi Algoritma

Kata algoritma pertama kali dimunculkan oleh seorang ilmuwan Persia, penulis buku Rules of Restoration and Reduction.

Buku yang telah diterbitkan pada tahun 825 M tersebut menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian dan fungsi algoritma.

Abu Ja’far Mohammed ibn Musa al-Khawarizmi yang merupakan penulis buku tersebut menjelaskan bahwa algoritma merupakan penulisan dari alur pemecahan suatu masalah.

Dalam buku tersebut sudah diejelaksan bahwa algoritma bisa saja berbeda dari satu orang dengan lainnya. Alur yang dituliskan bisa dalam bentuk kalimat, tabel, dan bisa juga gambar.

Dari pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa algoritma merupakan langkah-langkah yang berurutan dan logis.

Baca juga: Pemrograman Android Kotlin

Tujuan algoritma adalah sebagai alur penyelesaian suatu masalah. Seperti misalnya ketika seseorang mempunyai suatu masalah, maka untuk menyelesaikan masalah tersebut dibutuhkan langkah logis.

Langkah yang logis tersebut bisa digunakan untuk berbagai jenis masalah, bahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai Contoh Algoritma

Algoritma juga tergolong dalam ilmu Matematika yang juga digunakan dalam komputer. Dalam Matematika sendiri Algoritma memiliki fungsi sebagai proses menghitung dengan penalaran otomatis dalam memproses suatu data.

Sementara dalam ilmu komputer, algoritma merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengekspresikan rangkatan tidak terbatas. Beberapa instruksi dapat dijelaskan dengan menggunakan algoritma yang mana tujuannya untuk memudahkan perhitungan dalam sebuah fungsi.

Dari penjelasan tersebut sudah sangat jelas apakah hubungan antara algoritma dengan ilmu komputer yang nantinya digunakan dalam pembuatan suatu program.

Untuk penyusunan algoritma ini umumnya dimulai dari proses penginputan yang kemudian berlanjut pada urutan dengan kondisi yang terbatas.

Semua urutan tersebut nantinya harus didefinisikan supaya output (hasil akhir) algoritma bisa berhasil sesuai dengan fungsinya.

Jika dipraktekkan langsung dalam ilmu komputer, logika algoritma biasanya digunakan untuk membuat software supaya lebih bagus.

Sifat Algoritma dan Cara Penulisannya

Ciri – Ciri dari Algoritma

Untuk memahami tentang algoritma harus dengan praktek, dalam pembuatannya harus memperhatikan beberapa sifatnya. Ada beberapa sifat algoritma yang harus diperhatikan. Pertama yaitu setelah langkah yang tertentu maka algoritma bisa berhenti karena dianggap sudah mampu untuk menyelesaiakan suatu masalah. Keuda adalah langkah dijelaskan harus tepat dan singkat.

Sifat ketiga adalam masukan dengan jumlah nol atau bisa juga lebih jika digunakan dalam perhitungan matematika. Keempat yaitu efektifsitasnya pada saat digunakan. Suatu algoritma bisa ditulis dengan sederhana sehingga akan mudah untuk dikerjakan dan utamanya adalah masuk akal. Sifat ini ada pada algoritma apapu terkecuali yang ketiga khusus untuk numerik.

Melengkapi sifat algoritma yang kami sampaikan diatas, ada beberapa penulisan algoritma yang penting untuk diperhatikan. Berikut ini adalah penulisan algoritma yang tepat.

  1. Pemberian judul, pada bagian ini penulisannya yaitu nama algoritma lalu spesifikasinya. Untuk nama yang dipakai harus singkat dan bisa menjelaskan bagaimana fungsi algoritma.
  2. Deklarasi, pada bagian ini definisi dari seluruh nama dalam program harus dijelaskan. Untuk namanya sendiri bisa berupa tipe, prosedur atau fungsi.
  3. Deskrispsi, adalah uraian dari langkah-langkah yang memecahkan masalah. Penulisan deskripsi adalah notasi yang ingin dijelaskan.

Pengertian Algoritma Flowchart dalam Pemograman

Pengertian Algoritma Flowchart dalam Pemograman

Berdasarkan jenis masalah yang harus dipecahkan, ada banyak sekali jenis algoritma yang telah diciptakan. Apabila dijabarkan ada tiga macam jenis yakni algoritma narasi, algoritma pseudocode dan algoritma flowchart. Diantara ketiga jenis algoritma tersebut, algoritma flowchart lah yang umumnya digunakan.

Algoritma flowchart dibuat karena memiliki tujuan agar semakin memudahkan para programmer untuk membuat suatu program. Fungsinya sudah pasti luas seperti misalnya untuk memastikan alur dinamis pada program yang akan dibuat.

Selain itu juga digunakan supaya progam menjadi universal dan terakhir penyusunan sampai dengan pengembangan program.

Untuk penulisan dari algoritma flowchart sebenarnya sangat berbeda. Ada simbol yang mempunyai fungsi berbeda ketika digunakan.

Berikut ini kami akan memberikan contoh simbol yang digunakan beserta pengertiannya.

Pengertian Algoritma Flowchart dalam Pemograman

Pengertian Algoritma Flowchart dalam Pemograman

Pengertian Algoritma Flowchart dalam Pemograman

Tidak semua simbol diatas digunakan, ini karena tergantung dari sistem penyelesaian yang ingin dibuat. Algoritma yang umumnya digunakan untuk mengatasi semua masalah bisa saja berbeda dan hal inilah yang nantinya dapat mempengaruhi pemakaian simbol dalam flowchart.

Baca juga: Manfaat Jaringan Komputer

Berbagai Contoh Algoritma

Algoritma tidak hanya selalu identik dengan ilmu komputer atau matematik saja. Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak sekali proses yang dinyatakan dalam sebuah algoritma.

Berikut ini adalah contoh-contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai Contoh Algoritma

Untuk langkah-langkah pada algoritma yang paling penting harus logis. Pada umumnya, pihak (benda) yang mengerjakan proses disebut dengan pemroses (processor). Pemroses tersebut bisa berupa manusia, komputer, robot, atau alat-alat mekanik atau elektronik yang lainnya.

Pemroses akan melakukan sebuah proses dengan melakukan atau mengeksekusi algoritma yang menjelaskan proses tersebut. Jika sudah melakukan algoritma berarti sudah mengerjakan langkah-langkah yang ada dalam algoritma tersebut.

Pemroses nantinya akan mengerjakan proses sesuai dengan algoritma yang telah diberikan kepadanya. Maka dari itu, sebuah algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang bisa dimengerti oleh pemroses. Jadi bisa dikatakan bahwa suatu pemroses harus:

  1. Memahami setiap langkah dalam algoritma.
  2. Mengerjakan operasi yang harus sesuai dengan langkah tersebut.

Penutup dan Kesimpulan

Algoritma merupakan suatu metode efektif yang diekspresikan sebagai rangkaian terbatas. Algoritma juga merupakan suatu kumpulan perintah untuk menyelasaikan permasalahan. Perintah-perintah tersebut bisa diterjemahkan secara bertahap mulai dari awal sampai dengan akhir.

Untuk masalahnya sendiri bisa berupa apa saja, namun dengan syarat untuk setiap permasalahan harus mempunyai kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum melaksanakan suatu algoritma. Algoritma juga mempunyai pengulangan proses atau iterasi, dan juga mempunyai keputusan sampai keputusan tersebut selesai.

Setelah membaca tulisan ini tentunya Anda sudah memahami bagaimana pentingnya algoritma dalam ilmu komputer ataupun dalam kehidupan sehari-hari, tujuannya memang untuk mempermudah dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kali ini mengenai algoritma mulai dari pengertian, sifat, cara penulisan sampai dengan contohnya.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan mengenai materi algoritma ini bisa memberikan manfaat atau setidaknya dapat menambah wawasan pembaca semua.



Loading...

Leave a Comment