Belajar Bahasa Pemrograman Android Kotlin


Bahasa Pemrograman Kotlin – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemograman Java. Namun tahukah Anda bahwa selain java ternyata masih ada satu lagi bahasa pemograman yang didukung secara resmi oleh Google dan dapat digunakan bersama dengan Android Studio.

Adapun bahasa pemograman yang kami maksud disini adalah kotlin.

Belajar Bahasa Pemrograman Android Kotlin

Kotlin telah diresmikan sebagai bahasa kedua yang didukung untuk digunakan membuat aplikasi Android di Android Studio. Posisi java yang menjadi bahasa utama sekarang ini telah digantikan oleh kotlin.

Bahkan tak dapat dipungkiri bahwa memang perkembangan bahasa Kotlin di komunitas developer Android bisa dibilang sangat pesat. Komunitas-komunitas developer pun berusaha saling menguatkan untuk meluncurkan tutorial terbaru dalam bahasa kotlin.

Mereka juga telah memperbarui tutorial lama untuk menggunakan bahasa pemograman.

Pengertian Kotlin

Pengertian Kotlin

Pengertian kotlin adalah suatu bahasa pemograman modern yang telah dikembangkan oleh JetBrains (sebuah perusahaan yang telah mengembangkan IDE IntelliJ IDEA dan Android Studio) dalam pembuatan aplikasi multiplatform.

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa sekarang ini Google telah mendukung kotlin untuk menjadi salah satu bahasa resmi yang digunakan dalam membuat aplikasi Android selain Java dan juga C++.

Baca juga: Algoritma Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Mengapa JetBrains Menciptakan Kotlin

Dalam sebuah postingan website yang telah diposting oleh JetBrains pada tahun 2011 lalu mereka menjelaskan apakah alasan utama mereka mengembangkan kotlin yakni “Untuk Meningkatkan Produktivitas JetBrains”.

Pada waktu itu tim Jetbrains berhasil menulis semua IDE berbasis IntelliJ yang hampir seluruhnya menggunakan Java. Hal ini ternyata memakan banyak waktu untuk mengkompilasinya.

Maka dari itu, untuk bisa meningkatkan produktivas mereka mulai beralih untuk menggunakan bahasa pemograman yang lebih ekspresif.

Fitur dan Kelebihan Kotlin

Fitur dan Kelebihan Kotlin

Sebagai salah satu bahasa pemograman, kotlin menyediakan berbagai macam fitur dengan kelebihan masing-masing. Fitur yang dimiliki oleh kotlin adalah concise, safe, versatile dan juga interopelable. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai kelebihan dari fitur-fitur tersebut:

  • Concise, dalam bahasa pemograman ternyata kotlin dapat mengurangi boilerplate of code atau tingkat kesulitan dari kode yang biasa ditulis saat menggunakan bahasa pemograman java.
  • Safe, dalam bahasa pemograman kotlin selalu memberikan jaminan bahwa setiap syntax yang ditulis secara proses kompilasi bisa mencegah kemungkinan terjadinya error. Misalnya saja dapat mencegah terjadinya NullPointerExceptions pada saat coding menggunakan bahasa pemograman java.
  • Versatile, maksudnya adalah kotline merupakan sebuah bahasa pemograman yang diturunkan langsung dari java sehingga kotline juga bisa digunakan dalam pengembangan aplikasi di website ataupun mobile.
  • Interoperable, maksudnya adalah kotline berbeda dengan bahasa pemograman pada umumnya yang diturunkan dari java dan tidak bisa dijalankan langsung dengan kode yang ditulis menggunakan java.

Kekurangan Kotlin

Kekurangan Kotlin

Selain memiliki beberapa kelebihan, bahasa pemograman kotlin juga tak luput dari kekurangan. Kotlin memang bukan merupakan bahasa pemograman yang sempurna. Kekurangan yang dimiliki oleh kotlin adalah memiliki ukuran runtime yang bisa bertambah. Ukuran tambahannya sebenarnya hanya 800kb tetapi hal ini sangat mempengaruhi para pengguna android.

Bahkan kode dari bahasa pemograman kotlin mempunyai tingkat kesulitan dalam kode awal yang dimana bagi para developer sangat sulit untuk dibaca.

Disamping itu, komunitas untuk bahasa pemograman kotlin bisa dibilang sangat sedikit karena kotlin merupakan bahasa pemograman yang baru.

Hubungan Kotlin dengan Android

Hubungan Kotlin dengan Android

Lalu apa hubungan antara kotlin dengan Android? Sebab Android telah menggunakan bahasa pemograman java maka secara tidak langsung kotline juga berada di dalamnya.

Bahkan perlu diketahui bahwa keluarga malware Android pertama kali telah dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman kotlin tersebut, malware seperti ini banyak dijumpai pada aplikasi Android yang sering menyamar sebagai aplikasi pembersih utilitas telepon yang bernama swift cleaner.

Kotlin adalah bahasa pemograman java, nah Android sendiri ditulis menggunakan bahasa pemograman java sehingga kotline dapat digunakan untuk pembuatan aplikasi Android.

Lebih baik Anda memilih kotlin dalam mengembangkan Android daripada yang lainnya. Hal ini karena dengan menggunakan Bahasa Kotlin pengembangan android memang akan menjadi semakin mudah jika dibandingkan yang lainnya.

Baca juga: Pengertian UML

Disamping itu, kotlin juga bisa bekerja semaksimal mungkin dengan android studio sehingga akan melakukan pemograman menjadi semakin mudah dan jauh lebih cepat daripada yang lainnya.

Apabila Anda memilih untuk menggunakan bahasa kotlin maka akan menjadi lebih fleksibel. Bahkan cukup banyak orang yang menggunakan kotlin dalam pengembangan Android sehingga pasti akan terjamin dan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan yang lain.

Biasanya dalam pengembangan java kesulitan yang paling sering dijumpai adalah terlalu banyak parameter sehingga dengan kotline ada feature highlights nama sehingga akan lebih mudah. Jadi jika ingin membuat aplikasi Android lebih baik menggunakan kotlin dan sudah banyak sekali orang yang merekomendasikannya sehingga untuk masalah kualitas sudah pasti terjamin.

Beberapa Perusahaan yang Menggunakan Kotlin

Banyak sekali perusahaan ternaman yang sudah menggunakan bahasa pemograman kotlin untuk mendukung dalam mengembangkan aplikasinya.

Adapun beberapa perusahaan yang menggunakan kotlin adalah sebagai berikut:

Beberapa Perusahaan yang Menggunakan Kotlin

  • Uber merupakan perusahaan transportasi online pertama yang ada di dunia. Jadi bukan Grab ataupun Gojek yang memiliki ide bisnis pertama kali untuk menghubungkan antara pemilik kendaraan dengan penumpang.
  • Pinteres merupakan suatu layanan virtual pinboard dimana pengguna bisa langsung mengunggah gambar yang dimasukkan ke dalam beberapa kategori tertentu untuk di custom sesuai dengan namanya.
  • Netflix merupakan sebuah perusahaan penyedia layanan media streaming digital terutama film dari Amerika Serikat.
  • Coursera merupakan sebuah media pembelajaran kursus online yang aslinya berasal dari Amerika Serikat.
  • Evernote merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat ataupun menyimpan catatan-catatan penting di komputer atau smartphone.

Kotlin di Masa Depan

Kotlin di Masa Depan

Kabarnya kotlin di masa depan nantinya akan digunakan untuk pengembangan:

  • Cross-platform Game Development: Mengembangkan game yang nantinya dapat digunakan di beberapa platform seperti Mac OS, Windows, dan juga Linux.
  • Cross-platform Mobile Application Development: Untuk mengembangkan aplikasi mobile yang dapat dijalankan di beberapa mobile OS seperti Android, IOS, dan lain sebagainya.
  • Server-side and Microservices
  • Data Analysis and Machine Learning
  • Embedded System: Arduino/Raspberry Pi to professional controllers directly.

Contoh Coding Bahasa Pemograman Kotlin

Pembahasan selanjutnya untuk semakin memudahkan pemahaman Anda dalam mempelajari materi kotlin kami akan memberikam contoh coding bahasa pemograman kotlin.

Berikut ini adalah beberapa contoh coding yang menggunakan bahasa pemograman kotlin.

  • Hello World 
fun main() {
println("Hello World!")
}
  • String 
val name = "Anne"
val yearOfBirth = 1985
val yearNow = 2018
val message = "$name is ${yearNow - yearOfBirth} years old"
  • Loop 
val names = listOf("Anne", "Peter", "Jeff")
for (name in names) {
println(name)
}

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kali ini secara lengkap mengenai belajar bahasa pemograman kotlin. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa memberikan manfaat atau setidaknya dapat menambah wawasan pembaca semua.

Terima kasih sudah berkunjung di situs ini!



Loading...

Leave a Comment