Belajar Bahasa Pemrograman Android Kotlin


Bahasa Pemrograman Kotlin – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemograman Java. Namun tahukah Anda bahwa selain java ternyata masih ada satu lagi bahasa pemograman yang didukung secara resmi oleh Google dan dapat digunakan bersama dengan Android Studio.



Adapun bahasa pemograman yang kami maksud disini adalah kotlin.

Belajar Bahasa Pemrograman Android Kotlin

Kotlin telah diresmikan sebagai bahasa kedua yang didukung untuk digunakan membuat aplikasi Android di Android Studio. Posisi java yang menjadi bahasa utama sekarang ini telah digantikan oleh kotlin.

Bahkan tak dapat dipungkiri bahwa memang perkembangan bahasa Kotlin di komunitas developer Android bisa dibilang sangat pesat. Komunitas-komunitas developer pun berusaha saling menguatkan untuk meluncurkan tutorial terbaru dalam bahasa kotlin.

Mereka juga telah memperbarui tutorial lama untuk menggunakan bahasa pemograman.

Pengertian Kotlin

Pengertian Kotlin



Pengertian kotlin adalah suatu bahasa pemograman modern yang telah dikembangkan oleh JetBrains (sebuah perusahaan yang telah mengembangkan IDE IntelliJ IDEA dan Android Studio) dalam pembuatan aplikasi multiplatform.

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa sekarang ini Google telah mendukung kotlin untuk menjadi salah satu bahasa resmi yang digunakan dalam membuat aplikasi Android selain Java dan juga C++.

Baca juga: Algoritma Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Mengapa JetBrains Menciptakan Kotlin

Dalam sebuah postingan website yang telah diposting oleh JetBrains pada tahun 2011 lalu mereka menjelaskan apakah alasan utama mereka mengembangkan kotlin yakni “Untuk Meningkatkan Produktivitas JetBrains”.

Pada waktu itu tim Jetbrains berhasil menulis semua IDE berbasis IntelliJ yang hampir seluruhnya menggunakan Java. Hal ini ternyata memakan banyak waktu untuk mengkompilasinya.



Maka dari itu, untuk bisa meningkatkan produktivas mereka mulai beralih untuk menggunakan bahasa pemograman yang lebih ekspresif.

Fitur dan Kelebihan Kotlin

Fitur dan Kelebihan Kotlin

Sebagai salah satu bahasa pemograman, kotlin menyediakan berbagai macam fitur dengan kelebihan masing-masing. Fitur yang dimiliki oleh kotlin adalah concise, safe, versatile dan juga interopelable. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai kelebihan dari fitur-fitur tersebut:

  • Concise, dalam bahasa pemograman ternyata kotlin dapat mengurangi boilerplate of code atau tingkat kesulitan dari kode yang biasa ditulis saat menggunakan bahasa pemograman java.
  • Safe, dalam bahasa pemograman kotlin selalu memberikan jaminan bahwa setiap syntax yang ditulis secara proses kompilasi bisa mencegah kemungkinan terjadinya error. Misalnya saja dapat mencegah terjadinya NullPointerExceptions pada saat coding menggunakan bahasa pemograman java.
  • Versatile, maksudnya adalah kotline merupakan sebuah bahasa pemograman yang diturunkan langsung dari java sehingga kotline juga bisa digunakan dalam pengembangan aplikasi di website ataupun mobile.
  • Interoperable, maksudnya adalah kotline berbeda dengan bahasa pemograman pada umumnya yang diturunkan dari java dan tidak bisa dijalankan langsung dengan kode yang ditulis menggunakan java.

Kekurangan Kotlin

Kekurangan Kotlin



Leave a Comment