Cara Membuat Barcode Dengan Microsoft Excel


Membuat Barcode Di Excel – Saat berbelanja di Supermarket atau swalayan, tentunya Anda akan menjumpai keberadaan mesin scanner yang berada di meja kasir. Mesin scanner ini banyak digunakan oleh petugas kasir untuk mendeteksi barcode.



Lalu apa yang dimaksud dengan barcode? Bagaiamanakah cara membuat barcode?

Cara Membuat Barcode di Microsoft Excel,

Pembuatan barcode dulunya memang tidak semudah dan semurah seperti sekarang ini. Namun kini Anda sudah bisa membuat barcode sendiri secara gratis. Barcode harga umumnya sudah terhubung langsung dengan PC atau komputer.

Barcode sendiri berisi kode barang, kuantitas dan juga informasi yang Anda butuhkan. Jadi bisa dibilang barcode nantinya akan sangat memudahkan pekerjaan Anda.

Pengertian Barcode

Kode bar atau barcode adalah sebuah data opti berupa garis atau bar yang bisa dibaca oleh mesin. Dengan menggunakan kode ini maka Anda bisa membedakan antara satu jenis produk dengan produk yang lainnya. Dengan demikian Anda sudah tidak perlu bingung lagi untuk mencari barang yang dimaksud.

Sedangkan menurut sejarahnya, barcode pertama kali disebutkan oleh Wallace Flint dalam tesisnya pada tahun 1930 yang lalu, tetapi penelitian ini masih belum bisa terealisasi. Namun dalam dua dekade kemudian dua siswa Drexel Institud Of Technologi sudah berhasil menemukan bagaimana cara sortir produk grosir yang lebih mudah.



Salah satu siswa yang paling berperan diantara mereka adalah Norman Joseph Woodland, tak bisa dibayangkan ternyata ada sebuah cara yang dapat dikembangkan mulai dari simbol titik dan garis dari kode Morse.

Hasil akhir dari penelitian mereka sampai sekarang ini sudah berkembang hingga menjadi barcode yang banyak kita jumpai pada setiap produk retail dan non retail. Seperti yang ada di Supermarket ataupun Swalayan.

Pengertian QR Code

Untuk lebih memudahkan pemahaman Anda kami juga akan menjelaskan mengenai pengertian QR code. QR Code adalah suatu kumpulan titik hitam yang memiliki background putih dan disusun secara grid. Lalu apakah perbedaan antara QR Code dengan Barcode?

Barcode hanya memiliki sifat satu dimensi yang dimana pada bagian bawahnya hanya memiliki angka-angka, sementara QR Code sifatnya adalah dua dimensi. QR Code mampu menampung hingga 350 kali jauh lebih banyak informasi jika dibandingkan dengan barcode.



Disamping itu, QR Code juga sudah mempunyai sebuah Error Corection yang Build In. Jadi untuk masalah terjadinya resiko kerusakan maka QR Code jauh lebih baik. Bahkan QR Code juga memiliki ketahanan yang cukup baik atas kerusakan yang dikarenakan terkena air atau robek.

Namun QR Code tidak mempunyai alat scanner khusus, meski demikian sekarang ini hampir semua Smartphone sudah mempunyai teknologi yang mendukung untuk membaca QR Code dengan bantuan Ikamera ponsel yang sangat mumpuni.

Baca juga: Cara Membuat Barcode Lokasi Peta

Cara Membuat Barcode yang Mudah

Nah, mari langsung saja kita masuk ke pembahasan inti, yaitu cara membuat barcode yang mudah. Cara membuat barcode sebenarnya sangat mudah dan praktis.



Leave a Comment