Cara Membuat Flowchart Yang Benar


Cara Membuat Flowchart – Ketika membuat suatu pemograman baik itu web ataupun mobile tentunya akan dibutuhkan flowchart atau diagram alir.

Hal ini karena flowchart berfungsi untuk menjelaskan mengenai bagaimana proses dalam sebuah pemograman.

Cara Membuat Flowchart

Bagi Anda yang merupakan seorang programmer tentunya sudah paham apa itu flowchart dan apakah fungsinya. Namun jika Anda belum paham maka Anda tidak perlu khawatir lagi karena disini kami akan membahas secara lengkap mengenai flowchart mulai dari pengertian, simbol, fungsi, dan cara membuatnya.

Mari langsung saja simak pembahasan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Pengertian Flowchart

pengertian flowchart

Flowchart atau yang biasa disebut dengan diagram alir merupakan suatu rangkaian yang berisi simbol-simbol yang dimana isinya menjelaskan suatu alur kerja dari sebuah sistem. Bagan alir tersebut harus dibuat untuk menjelaskan secara rinci mengenai tahapan dari proses-proses yang sedang berjalan dari sebuah sistem.

Bagi seorang programmer atau sistem analis, flowchart  atau diagram alir ini menjadi dasar dari pemograman yang penting untuk dipahami.

Dalam proses pembuatanya sendiri umumnya flowchart umumnya dibuat dengan software aplikasi Visio. Sedangkan untuk penggunaannya, flowchart biasa digunakan khusus untuk pemograman mulai dari bahasa pemograman tingkat rendah sampai dengan bahasa pemograman tingkat tinggi.

Pada Microsoft Visio ada banyak sekali fitur yang akan mempermudah Anda dalam menuliskan flowchart yang kompatibel pada beberapa bahasa pemograman populer sekarang ini.

Baca juga: Cara Membuat Sequence Diagram

Tujuan Membuat Flowchart

Flowchart dibuat karena memiliki beberapa tujuan khusus, diantaranya:

  • Flowchart bertujuan untuk menggambarkan urutan atau tahapan dari penyelesaian suatu masalah.
  • Flowchart akan menggambarkan suatu permasalahan secara sederhana, terurai, rapi dan jelas.

Simbol Flowchart

Simbol Flowchart

Ada beberapa simbol yang digunakan dalam flowchart, yaitu sebagai berikut:

  1. Flow Direction Symbols

Umumnya simbol ini digunakan untuk menghubungkan antra simbol satu dengan simbol yang lainnya atau yang biasa disebut dengan connecting line.

  1. Processing Symbols

Processing symbols merupakan sebuah simbol yang digunakan untuk menunjukkan jenis operasi pengolahan pada sebuah proses atau prosedur.

  1. Simbol Input/Output

Simbol input atau output adalah sebuah simbol yang umumnya digunakan untuk menunjukkan peralatan yang telah digunakan sebagai media alat input dan output.

Fungsi Flowchart

fungsi flowchart

Penggunaan flowchart atau diagram alir memiliki beberapa fungsi. Berikut ini adalah beberapa fungsi flowchart yang perlu Anda ketahui:

  • Untuk memastikan bahwa suatu program bisa memiliki alurnya sendiri.
  • Digunakan untuk melihat keseluruhan pada suatu program.
  • Digunakan untuk melihat proses dari sebuah program yang sedang dijalankannya.
  • Sebagai pedoman yang digunakan untuk menyusun dan mengembangkan aplikasi.

Cara  Membuat Flowchart

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa flowchart bisa dibuat menggunakan sofware aplikasi Visio. Namun selain itu ternyata flowchart bisa dibuat dengan cara yang lebih mudah, yaitu menggunakan Word dan PowerPoint.

Nah, berikut ini adalah tahapan cara membuat flowchart dengan mudah:

A. Cara Membuat Flowchart di Word

Cara membuat flowchart di word bisa dibilang sangat sederhana dan tidak terlalu sulit. Anda juga bisa memodifikasinya dengan memberikan efek atau bisa juga menggunakan font keren di Word.

  1. Membuat Drawing Canvas

Sebelum memulai untuk membuat flowchart, Anda harus menggunakan gridlines. Hal ini bertujuan untuk mengukur serta menyesuaikan simbol bagan alir sehingga mendapatkan hasil yang presisi.

  • Pertama silahkan Anda buka Microsoft Word. Lalu klik View dan centang tab Gridlines. Kemudian Anda sudah bisa membuat bagan alir seperti ini.
    Cara Membuat Flowchart di Word
  • Selanjutnya klik tab insert dan pilih Shapes. Kemudian klik New Drawing Canvas.
    Cara Membuat Flowchart di Word
  • Untuk gambar drawing canvas bisa Anda lihat seperti gambar berikut ini. Anda pun bisa mengatur ukurannya sendiri sesuai keinginan.
    Cara Membuat Flowchart di Word
  1. Memasukkan Simbol Flowchart

Jika Anda sudah membuat drawing canvas dan mengatur ukurannya sesuai keinginan maka Anda bisa langsung memasukkan simbol-simbol yang sekiranya Anda perlukan dalam flowchart.

  • Silahkan Anda klik menu insert kemudian pilih Shapes. Gunakan beraneka macam simbol yang sudah ada di tab flowchart.
    Cara Membuat Flowchart di Word
  • Klik simbol yang ingin digunakan kemudian taruh di atas canvas. Jangan sampai lupa untuk menyesuaikan ukuran.
  • Ulangi langkah nomor 5 untuk langsung memasukkan simbol flowchart yang lainnya. Jika Anda sudah memasukkan beberapa simbol tersebut maka Anda bisa memodifikasi semua simbol tersebut dengan melalui menu shape style.
    Cara Membuat Flowchart di Word
  1. Menyisipkan Teks dalam Simbol Flowchart

Selain simbol, tentunya Anda akan membutuhkan teks yang digunakan untuk memperjelas proses yang dimaksud. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasukkan teks ke dalam simbol flowchart.

  • Klik dua kali pada simbol yang ingin disisipkan teks. Kemudian ketikkan langsung teks yang diinginkan.
  • Anda juga bisa mengklik gambar terlebih dahulu kemudian klik kanan. Setelah itu akan tampil pop-up menu dialog kemudian pilih edit text.
    Cara Membuat Flowchart di Word
  • Modifikasi teks dengan cara memblok semua teks yang ingin diedit. Jika sudah langsung saja klik Home dan edit semua teks dengan melalui menu Font.
    Cara Membuat Flowchart di Word
  1. Memasang Garis

Setelah Anda berhasil untuk memasukkan simbol-simbol flowchart serta menyisipkan teks maka Anda bisa memasang garis penghubung antar simbol untuk mendapatkan hasil lebih sempurna.

  • Silahkan klik insert kemudian pilih shapes. Anda bisa memilih garis yang sesuai dalam tab Lines.
    Cara Membuat Flowchart di Word
  • Taruh garis pada posisi yang sesuai untuk menghubungkan antar simbol flowchart.
    Cara Membuat Flowchart di Word
  • Anda bisa mengulangi cara diatas untuk mendapatkan garis lebih banyak yang sesuai keinginan.
  • Anda juga bisa mengatur variasi warna dan juga bentuk garis yang ada pada bagian shape style. Silahkan klik tanda panah ke bawah pada bagian shape styles kemudian pilih garis yang sesuai dengan kebutuhan.
    Cara Membuat Flowchart di Word

Baca juga: Cara Membuat Use Case Diagram

B. Cara Membuat Flowcart di PowerPoint

Selanjutnya kami akan membahas bagaimana cara membuat flowchart di PowerPoint. Caranya pun sudah pasti berbeda dengan di Word tetapi tidak terlalu rumit. Adapun cara membuat flowchart di PowerPoint adalah sebagai berikut:

  • Pertama buka aplikasi PowerPoint lalu pilih menu insert. Jika sudah klik SmartArt kemudian pilih desain flowchart sesuai keinginan.
    Cara Membuat Flowchart di PowerPoint
  • Kemudian untuk setiap flowchart harus diisi dengan teks yang sesuai. Anda bisa mengatur tata letak setiap kotak dengan mudah, yaitu dengan cara drag.
    Cara Membuat Flowchart di PowerPoint
  • Anda bisa melakukan modifikasi pada masing-masing flowchart. Caranya adalah dengan klik menu design. Setelah itu pilih layout, warna, sampai dengan style yang Anda inginkan.
    Cara Membuat Flowchart di PowerPoint
  • Jika Anda sudah selesai membuat flowchart tersebut maka Anda bisa menambahkan efek animasi. Adapun cara menambah efek animasi adalah dengan klik menu Animation. Selanjutnya tinggal Anda pilih sendiri beragam efek animasi yang Anda inginkan.
    Cara Membuat Flowchart di PowerPoint

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai flowchart secara lengkap beserta cara membuatnya. Cara membuat flowchart memang sangat mudah, Anda pun bisa mendapatkan hasilnya sesuai dengan kreativitas Anda sendiri.

Flowchart yang dihasilkan nantinya sudah pasti akan terlihat jauh lebih menarik setelah dimodifikasi. Jika misalnya Anda membuatnya untuk presentasi maka audiens yang melihatnya pun tidak akan bosan.



Loading...

Leave a Comment