Cara Membuat Ogive Di Excel


Cara Membuat Ogive Di Excel – Ketika melakukan penyajian data, tentunya kalian membutuhkan beberapa alat berupa instrumen yang biasanya digunakan untuk menunjang penyusunan data. Instrumen yang digunakan dalam penyusunan dapat berupa software, seperti microsoft office.



Salah satu software penyajian data yang sering digunakan adalah microsoft excel. Bagi penggunan excel, tentunya tidak akan asing untuk menyajikan data seperti pembuatan grafik dengan histogram atau sejenisnya. Langkah-langkah pembuatannya pun dapat dipelajari oleh siapa pun sehingga semua orang yang mau belajar pasti akan dapat mengoperasikannya.

Pada kesempatan kali ini, kalian akan mempelajari bagaimana penyajian data ogive pada excel. Agar lebih mudah memahami dengan baik, baca dengan saksama dan jangan lupa untuk mempraktikannya.

Baca juga: Cara Membuat Ogive Positif Dan Negatif

Baca juga: Cara Membuat Ogive Dari Tabel Distribusi Frekuensi

Sekilas Mengenai Ogive

Ogive merupakan salah satu penyajian data yang menggunakan grafik untuk penggambarannya. Ogive memberikan penerapan pada sebuah penyajian data dengan tujuan untuk melihat adanya peningkatan atau penurunan. Hal ini ditandai dengan jenis ogive sendiri, yaitu ogive positif dan negatif.

Dari jenis ogive sendiri dapat diketahui keunikannya karena dengan menyusun data menggunakan ogive, kita dapat melihat data dengan frekuensi kumulatifnya. Frekuensi kumulatif adalah jumlah akhir semua frekuensi sampai batas tertentu dalam sebuah kumpulan data.

Tabel distribusi frekuensi biasanya bersifat kumulatif sehingga berisi data yang berkelompok yang digunakan untuk menyusun data dengan kuantitas yang besar. Frekuensi dalam tabel dapat dijumlahkan atau dikurangkan dari satu kelas interval ke kelas interval lainnya dengan cara mengelompokkan datanya.



Pada penyajian data ogive, data yang disusun menggunakan tabel distribusi frekuensi kumulatif kurang dari memiliki grafik positif atau naik. Lalu, untuk data yang disusun menggunakan tabel distribusi frekuensi kumulatif lebih dari memiliki grafik negatif atau turun.

Penyajian data dengan ogive ditandai dengan menghubungkan titik-titik dengan tepi bawah dan frekuensi kumulatifnya. Penyajian data berdasarkan tabel distribusi frekuensi menggunakan ogive dapat disajikan dalam bidang Cartesius. Hal ini harus menyesuaikan tepi atas dan tepi bawahnya pada sumbu X dan frekuensi kumulatifnya pada sumbuh Y.

Ogive memiliki beberapa manfaat apabila digunakan sebagai sebuah penyajian data sebagai berikut.



  1. Menampilkan data dengan bentuk grafik yang memudahkan pembacaan dan mudah dipahami.
  2. Dapat memberikan informasi secara jelas mengenai tabel distribusi frekuensi data dari setiap kelas yang berbeda-beda.
  3. Lebih mudah dipahami sehingga lebih mudah untuk mengambil kesimpulan atas data.
  4. Acuan dalam mengambil keputusan dalam sebuah penelitian lebih lanjut.

Baca juga: Cara Membuat Poligon Frekuensi



Leave a Comment