Rumus Pemuaian Zat Padat dan Contoh Soal


Rumus Pemuaian Zat Padat – Suhu merupakan derajat panas atau dinginnya suatu benda. Semakin tinggi suhu suatu benda maka benda tersebut semakin panas. Sebaliknya, semakin rendah suhu suatu benda maka benda tersebut semakin dingin. Ternyata, suhu juga dapat mempengaruhi ukuran suatu benda. Perubahan ukuran pada benda terbagi menjadi dua macam, yaitu pemuaian dan penyusutan.

Kali ini, kita akan membahas mengenai pemuaian. Pemuaian adalah pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda saat benda tersebut mengalami kenaikan suhu akibat dipanaskan. Pemuaian dapat terjadi pada zat padat yang akan memberikan pengaruh pada beberapa bagiannya. Misalnya, pemuaian dapat menjadi suatu yang merugikan pada rel kereta api dan suatu yang menguntungkan ketika cairan merkuri pada termometer.



Baca Juga: Contoh Soal dan Rumus Transformator

Baca Juga: Rumus dan Pembahasan Massa Jenis Zat Cair

Pada artikel ini akan dibahas mengenai pemuaian pada zat padat. Berikut pembahasannya.

Pemuaian zat padat

Pemuaian zat adalah peristiwa perubahan geometri dari suatu benda karena pengaruh panas (kalor). Perubahan geometri ini bisa meliputi bertambahnya panjang, lebar, maupun volume. Pemuaian biasanya diiringi dengan kenaikan suhu zat. Pada zat padat, pemuaian dapat terjadi dengan ditandai peristiwa bertambah panjang, lebar, atau volume suatu benda padat karena pengaruh panas (kalor). Contoh pemuaian zat padat seperti pemuaian rel kereta.

Umumnya, pada zat padat akan dibagi menjadi tiga jenis pemuaian. Berikut pembahasannya.

Baca juga: Rumus Titik Berat dan Contoh Soal

Baca juga: Rumus Titik Berat Segitiga Dan Contoh Soal

1. Pemuaian panjang

Pemuaian panjang adalah pertambahan panjang benda akibat pengaruh suhu (1 dimensi). Coba amati kabel listrik yang terlihat lebih kendor di siang hari jika dibanding pada pagi hari, itulah contoh dari muai pemuaian panjang. Besarnya pemuaian zar tergantung pada konstanta muai panjang zat dan nilai konstanta tersebut akan berbeda-beda untuk tiap zatnya. Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian panjang berbagai jenis zat padat adalah musschenbroek. Pemuaian panjang suatu benda dipengaruhi oleh panjang mula-mula benda, besar kenaikan suhu, dan tergantung dari jenis benda.

Rumus pemuaian panjang sebagai berikut.



Leave a Comment