Bunyi Hukum Gauss, Materi dan Contoh Soal


Bunyi Hukum Gauss dan Contoh Soal – Pembahasan mengenai muatan listrik berhubungan dengan interaksi saling tarik menarik jika muatan tidak sejenis dan tolak menolak jika muatannya sejenis. Peristiwa ini disebabkan adanya hukum coloumb. Muatan listrik yang terbagi dua dari positif dan negatif akan saling berdekatan dan menjalin interaksi.

Interaksi pada muatan listrik berhubungan dengan gaya elektrostatis yang memiliki bentuk lain yang dimuat dalam hukum Gauss. Hukum Gauss sendiri akan merumuskan konsep fluks pada muatan listrik yang akan memuat beberapa titik di dalamnya.



Baca juga: Rumus Tripel Pythagoras dan Contoh Soalnya

Baca juga: Pengurangan dan Penjumlahan Vektor Beserta Contoh Soal

Kali ini, kalian akan mempelajari mengenai hukum Gauss. Simak materi berikut ini dan pahami isiannya.

Konsep hukum Gauss

Hukum Gauss dirumuskan oleh seorang matematikawan atau fisikawan Carl Friedricch Gauss (1777-1855). Dalam temuannya tersebut, Gauss merumuskan sebuah hukum yang menentukan besarnya sebuah fluks (total garis medan listrik yang menembus suatu luas permukaan tertentu) listrik yang menembus suatu permukaan tertutup sebanding dengan total muatan listrik yang melingkupi permukaan tertutup.

Ia berhasil menemukan perumusan untuk konsep garis-garis medan dalam bentuk persamaan matematis. Dimana, hukum Gauss ini dapat digunakan untuk menghitung kuat medan listrik pada kasus-kasus tertentu yang bersifat simetri. Perumusan dari hukum Gauss seperti berikut.

Φ = ∮AB.dA = EAcosϕ = q/ε0

Untuk merumuskan hukum Gauss, kita dapat menggunakan konsep fluks listrik, tinjauan selanjutnya adalah fluks listrik untuk permukaan tertutup. Misalkan terdapat sebuah muatan titik q, kuat medan listrik E yang dihasilkan dari muatan-muatan titik yang dilingkupi oleh luasan tertutup yaitu berbentuk bola berjari-jari r dengan muatan q di pusat bola. Hal tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut.



Leave a Comment