Cara Menghitung Weton Jodoh Menurut Primbon Jawa


Cara Menghitung Weton Jodoh Primbon Jawa โ€“ Setiap elemen masyarakat yang hidup di Indonesia tentunya terdiri atas berbagai macam suku, salah satunya suku Jawa. Suku Jawa menjadi bagian dari suku yang ada di Indonesia dan sangat identik dengan adat istiadatnya yang berlimpah. Adat istiadat ini tentunya merupakan sebuah warisan leluhur yang dapat dijadikan pedoman hidup karena relasinya yang berorientasi di kehidupan masyarakat Jawa sendiri. Salah satu warisan kebudayaan Jawa yang membahas mengenai pedoman hidup adalah primbon Jawa.

Primbon Jawa merupakan salah satu kitab warisan leluhur Jawa yang berisi tentang relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta, seperti pembahasan mengenai weton. Weton sendiri memiliki makna sebagai hari kelahiran yang dapat dihitung dengan menggabungkan hari dalam seminggu. Weton perlu dipelajari karena memiliki pembahasan yang luas, seperti pembahasan mengenai penghitungan weton jodoh.



Baca juga: Hitungan Primbon Jawa Weton dan Watak

Weton jodoh dipercaya masyarakat Jawa untuk penghitungan gambaran dari dua insan yang berencana menikah. Weton jodoh diatur karena makna dari pernikahan sendiri merupakan suatu hal yang sakral dan harus dilandasi dengan kecocokan agar dapat berjalan lancar. Selain itu, penghitungan weton jodoh dapat bermanfaat untuk pengantin agar memiliki pegangan teguh satu sama lain dalam membangun rumah tangganya.



Leave a Comment