Materi Tentang Bangun Ruang Sisi Datar


Materi Tentang Bangun Ruang Sisi Datar – Dalam pembahasan mengenai bangun, tentunya kita akan memiliki berbagai pandangan bergantung pada jenis bangunnya. Sebuah bangun dalam konsep matematika dapat diketahui terdiri atas beberapa macam, seperti adanya pembahasan bangun datar dan bangun ruang. Kedua konsep sebuah bangun ini tentunya berbeda dan memiliki keterangan masing-masing sehingga memiliki karakteristik.

Salah satu bangun yang memiliki karakteristik yang membedakan dengan yang lain adalah bangun ruang. Bangun ruang dapat diidentifikasikan sebagai sebuah benda dengan klasifikasinya yang memiliki volume, isi, dan beberapa komponennya yang terdiri atas sisi, rusuk, hingga titik sudut. Bangun ruang sendiri merupakan bangun tiga dimensi dengan adanya sebuah ruangan yang dibatasi oleh sisi-sisinya.



Jika kita telaah lebih lanjut mengenai jenis-jenis dari bangun ruang, kita akan mendapati salah satu jenis bangun ruang yang memiliki karakteristik tersendiri. Salah satunya adalah bangun ruang sisi datar. Secara garis besar, bangun ruang sisi datar merupakan bagian dari bangun ruang tiga dimensi dengan komponen penyusunnya yang terdiri atas ruang, volume, hingga sisi-sisi yang membatasinya. Namun, secara lebih dalam pembahasan mengenai bangun ruang sisi datar akan berfokus pada sisi-sisi yang membatasi sebuah bangun.

Baca juga: Rumus Volume Bangun Ruang Lengkap

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai bangun ruang sisi datar dengan beberapa karakteristik yang melatar belakanginya. Berikut pembahasannya.

Pengertian Bangun Ruang Sisi Datar

Dalam konsep matematika, sebuah bangun memiliki beragam jenisnya yang salah satunya ditunjukkan dengan adanya bangun ruang sisi datar. Bangun ruang adalah bangun yang memiliki volume atau isi. Umumnya, bangun ruang disusun oleh tiga komponen, yaitu sisi, rusuk, dan titik sudut. Bangun ruang disebut juga sebagai bangun tiga dimensi karena memiliki ruang dengan sisi-sisinya yang membatasi. Secara umum, bangun ruang dapat digolongkan menjadi dua bagian, yaitu bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai bangun ruang sisi datar terlebih dahulu.

Bangun ruang sisi datar memiliki artian mengenai sebuah bangun ruang yang memiliki sisi berbentuk datar dan tidak memiliki sisi lengkung. Dengan begitu, sebuah bangun ruang sisi datar pasti memiliki volume dengan selimut penyusunnya yang berupa bidang datar lurus. Contoh dari bangun ruang sisi datar meliputi kubus, balok, limas, dan prisma. Biasanya, dengan mengetahui sisi dari sebuah bangun ruang kita dapat menentukan luas permukaannya. Hal ini karena luas permukaan sebuah bangun sendiri merupakan sebuah penjumlahan luas dari semua sisi bangun.

Baca juga: Contoh Soal Kongruen Dan Kesebangunan

Unsur-unsur Bangun Ruang Sisi Datar

Agar lebih jelas mengenai unsur-unsur pada sebuah bangun ruang dapat perhatikan gambar berikut ini.

Keterangan:

ABCD merupakan sebuah sisi



Leave a Comment