Hitungan Primbon Jawa Weton dan Watak


Hitungan Primbon Jawa Weton dan Watak – Masyarakat Jawa merupakan bagian dari suku di Indonesia dengan memiliki adat istiadat yang berlimpah. Warisan kekayaan leluhur ini hingga sampai saat ini masih dapat kita temui di dalam keseharian masyarakat sendiri. Beberapa di antaranya dapat menjadi sebuah pedoman atau dasar yang harus digunakan untuk melaksanakan sesuatu. Semua pedoman-pedoman ini tentunya dapat kita temukan dalam suatu tatanan pada kitab primbon Jawa.



Primbon Jawa sendiri menjadi salah satu aspek kekayaan warisan leluhur yang mampu memberikan arahan masyarakat Jawa untuk mengatur kehidupannya. Aturan ini bukanlah sebuah hal yang mengikat melainkan dapat berwujud ramalan. Ramalan dalam primbon Jawa lebih sering dikenal dengan penggunaan weton. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa weton menjadi kunci ketika kita ingin menelaah hal-hal terkait primbon ini.

Weton merupakan sebuah gambaran dalam melihat relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta. Weton sendiri memiliki makna sebagai hari kelahiran yang dapat dihitung dengan menggabungkan hari dalam seminggu. Dalam metode peramalan Jawa, weton dapat digunakan sebagai penanda hari lahir untuk menggambarkan sifat, watak, hingga karakteristiknya dalam menentukan nasib ia menuju dewasa.

Baca juga: Tata Cara Dan Niat Puasa Weton

Ramalan weton sendiri dapat dijadikan sebuah pakem sehingga penafsirannya sudah mengakar begitu dalam di kehidupan masyarakat. Hal ini diyakini dari generasi ke generasi karena makna dari weton sendiri dapat digunakan sebagai peringatan atau mencari hal-hal yang perlu dilakukan agar terhindar dari mara bahaya.

Pada pembahasan kali ini, artikel ini akan membahas mengenai perhitungan weton pada primbon Jawa untuk menelaah sifat dan watak seseorang. Dengan pembahasan kali ini diharapkan dapat dijadikan sebuah gambaran dan tentunya perlu kembali pada kepercayaan masing-masing untuk menerapkannya.

Baca juga: Cara Menghitung Weton Jodoh Menurut Primbon Jawa

Baca juga: Cara Menghitung BMI Dan BMR Yang Benar

Makna Weton di Kehidupan Masyarakat Jawa

Biasanya, primbon Jawa sering digunakan dalam ramalan untuk membaca karakter seseorang menggunakan weton. Weton sendiri merupakan sebuah perhitungan khusus yang didasarkan dari neptu. Weton dalam kalender Jawa menggambarkan hari-hari yang dapat digunakan sebagai patokan. Satu pekan di dalam kalender Jawa terdiri atas tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam, yaitu hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Lalu, terdapat istilah pasaran Jawa atau dapat disebut sebagai pancawarna yang terdiri dari putaran lima hari pasaran, yaitu Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi. Misalnya, jika ada anak lahir ketika hari Senin dengan wetonnya Pahing akan memiliki karakter dan watak yang menjadi jalan hidupnya hingga ia meninggal.





Leave a Comment