Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Cara Print Bolak Balik Di Word, Excel Dan PDF


Cara Print Bolak Balik Di Word, Excel Dan PDF Hasil Rapi

Print Bolak Balik –  Mungkin sebagian besar dari Anda masih kebingungan bagaimana cara print kertas bolak balik seperti buku. Padahal cara ini bisa dibilang sangat mudah dan bisa dilakukan pada semua dokumen entah itu Word, Excel atau bahkan PDF.

Ada dua cara print bolak balik yang harus Anda ketahui, yaitu secara manual dan otomatis. Jika Anda ingin mengeprint bolak balik secara otomatis maka Anda harus menggunakan printer yang memiliki kemampuan tersebut. Jadi bisa dibilang tidak semua printer bisa digunakan untuk mengeprint secara otomatis.



Cara Print Bolak Balik Di Word, Excel Dan PDF Hasil Rapi

Beberapa tipe printer yang bisa digunakan untuk print bolak balik secara otomatis biasanya dijual dengan harga mahal dan sudah mendukung duplex. Panasonic, Epson, HP, Canon, Xerox merupakan beberapa merk yang sudah mendukung duplex (print bolak balik secara otomatis).

Sementara untuk printer-printer dengan harga murah yang banyak dijual dipasaran umumnya hanya bisa digunakan untuk mengeprint kertas bolak balik secara manual.

Meskipun demikian, jika printer yang Anda miliki tidak support duplex maka Anda tidak perlu bingung lagi. Hal ini karena Anda masih bisa melakukan print bolak balik dengan settingan manual. Adapun cara kerja print bolak balik secara manual adalah dengan membolak balik kertas dan menekan tombol print satu persatu.