Cara Print Bolak Balik Di Word, Excel Dan PDF


Print Bolak Balik –  Mungkin sebagian besar dari Anda masih kebingungan bagaimana cara print kertas bolak balik seperti buku. Padahal cara ini bisa dibilang sangat mudah dan bisa dilakukan pada semua dokumen entah itu Word, Excel atau bahkan PDF.

Ada dua cara print bolak balik yang harus Anda ketahui, yaitu secara manual dan otomatis. Jika Anda ingin mengeprint bolak balik secara otomatis maka Anda harus menggunakan printer yang memiliki kemampuan tersebut. Jadi bisa dibilang tidak semua printer bisa digunakan untuk mengeprint secara otomatis.

Cara Print Bolak Balik Di Word, Excel Dan PDF Hasil Rapi

Beberapa tipe printer yang bisa digunakan untuk print bolak balik secara otomatis biasanya dijual dengan harga mahal dan sudah mendukung duplex. Panasonic, Epson, HP, Canon, Xerox merupakan beberapa merk yang sudah mendukung duplex (print bolak balik secara otomatis).

Sementara untuk printer-printer dengan harga murah yang banyak dijual dipasaran umumnya hanya bisa digunakan untuk mengeprint kertas bolak balik secara manual.

Meskipun demikian, jika printer yang Anda miliki tidak support duplex maka Anda tidak perlu bingung lagi. Hal ini karena Anda masih bisa melakukan print bolak balik dengan settingan manual. Adapun cara kerja print bolak balik secara manual adalah dengan membolak balik kertas dan menekan tombol print satu persatu.

Memang akan sedikit merepotkan jika Anda ingin mencetak suatu dokumen yang memiliki banyak halaman.

Baca juga: Cara Membuat Label Undangan

Mengenal Printer Duplex

Mengenal Printer Duplex

Apabila Anda ingin melakukan printing maka Anda harus menyiapkan semua driver yang diperlukan oleh printer Anda. Tujuannya adalah supaya nantinya tidak ada kendala ketika Anda mulai mengeprint. Anda harus menginstal terlebih dahulu driver printer di laptop atau PC Anda.

Selain itu penting sekali untuk mengetahui apa tipe dari printer yang Anda miliki. Apakah printer tersebut sudah mendukung print duplex atau belum. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, jika misalnya printer tidak mendukung duplex maka Anda diharuskan untuk mencetak secara manual.

Untuk dapat mengetahui apakah printer Anda mendukung print bolak balik atau tidak maka Anda bisa membaca buku panduan yang diberikan. Anda juga bisa mencari informasi yang berhubungan dengan printer Anda melalui internet, apakah printer tersebut sudah mempunyai kemampuan print dua sisi atau tidak.

Cara Print Bolak Balik di Word

Cara Print Bolak Balik di Word

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk print bolak balik di Word. Yang pertama adalah jika Anda menggunakan printer duplex maka bisa secara otomatis, dan kedua jika printer Anda tidak support duplex maka harus menggunakan cara manual.

Cara Print Bolak Balik di Word

Cara print bolak balik word secara otomatis:

  1. Pertama Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur Double-Sided Printing pada pengaturan printer.
  2. Lalu buka dokumen Word Anda.
  3. Selanjutnya klik menu file kemudian pilih Print atau bisa juga dengan tekan CTRIL + P pada keyboard.
  4. Pada menu Pages Anda bisa klik opsi Print on Both Sides.
  5. Setelah itu, printer akan mencetak dokumen secara otomatis.

Jika sudah maka Anda tinggal menunggu proses printing dari dokumen Anda selesai. Semuanya pun bisa berjalan secara otomatis karena memang printer yang digunakan sudah support duplex. Tetapi jika printer Anda tidak support duplex maka Anda bisa mengikuti tahapan cara berikut ini.

Cara Print Bolak Balik di Word

Cara print bolak balik Word secara manual:

  1. Silahkan Anda masuk terlebih dahulu ke pengaturan printer.
  2. Pada menu Print On Both Side Anda bisa memilih Yes Flip Over.
  3. Selanjutnya pilih opsi Manual Duplex kemudian simpan pengaturan.
  4. Lalu buka file dokumen Word Anda.
  5. Anda bisa menuju ke menu File > Print atau bisa juga dengan tekan CTRL+P.
  6. Terakhir silahkan pilih Opsi Manually Print On Both Sides.

Setelah itu, printer akan mencetak dokumen Word pada satu sisi. Apabila sudah selesai maka Anda bisa membalik kertas supaya printer bisa berjalan kembali untuk mencetak pada sisi di belakangnya.

Cara Print Bolak Balik Excel

Cara print bolak balik di Excel

Sama halnya dengan Word, Microsoft Excel juga menyediakan 2 metode yang berbeda. Yang pertama adalah printer yang mendukung duplex sehingga Anda bisa melakukan print bolak balik secara otomatis dan yang kedua yaitu secara manual.

Cara Print Bolak Balik Excel

Cara print bolak balik Excel yang support Duplex Printing

  1. Pertama silahkan Anda buka file Excel Anda terlebih dahulu. Lalu klik menu File > Print atau bisa juga tekan CTRL + P.
  2. Pada menu Settings bisa Anda pilih Print on Both Sides.
  3. Silahkan Anda pilih opsi Print on Both Sides.
  4. Kemudian pilih langsung Flip sheets on long edge.
  5. Jika sudah Anda bisa menekan tombol print.

Cara diatas memang sangat mudah karena hanya melewati beberapa langkah saja Anda sudah bisa print dokumen Excel bolak balik secara otomatis. Sementara itu jika printer yang Anda gunakan tidak mendukung duplex printing maka Anda bisa mengikuti tahapan cara berikut ini.

Cara print bolak balik yang tidak mendukung Duplex Printing:

  1. Silahkan Anda jalankan Excel kemudian buka file Anda.
  2. Lalu tekan CTRL + P kemudian isi angka 1 pada kotak Pages box dan klik tombol Print.
  3. Apabila proses print sudah selesai silahkan Anda balik kertas dari printer.
  4. Isi angka pada kotak Pages box 2 kemudian klik tombol Print.

Panduan yang kami sampaikan diatas hanyalah sebuah contoh untuk mencetak halaman pertama dan kedua pada Excel khusus untuk satu lembar kertas pada kedua sisi. Silahkan lanjut pada halaman berikutnya apabila Anda tidak mempunyai halaman excel lebih dari dua.

Baca juga: Cara Mengubah Ukuran Foto 4×6

Cara Print Bolak Balik PDF

Cara Print Bolak Balik PDF

Terakhir adalah cara print bolak balik PDF yang sangat mudah untuk diikuti. Jika Anda ingin mencetak dokumen PDF bolak balik maka Anda harus memanfaatkan software adobe reader di laptop atau PC Anda. Adapun untuk tahapan caranya bisa dibilang sangat mudah dan singkat.

Cara Print Bolak Balik PDF

Berikut ini adalah tahapan cara print dua sisi pada PDF:

  1. Silahkan Anda buka file PDF Anda dengan melalui adobe reader.
  2. Lalu klik menu File > Print atau bisa juga dengan tekan tombol CTRIL+P.
  3. Selanjutnya bisa Anda berikan centang pada opsi Print On Both Sides Of Paper.
  4. Terakhir Anda bisa langsung klik tombol Print untuk melakukan cetak.

Nah, itulah tahapan cara yang bisa Anda ikuti untuk mencetak file PDF pada dua sisi kertas. Bagaimana, sangat mudah bukan? Dalam cara ini Anda hanya perlu mengikuti 4 tahapan cara saja.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan menarik kali ini mengenai beberapa cara print bolak balik di file Excel, Word, dan juga PDF secara otomatis dengan menggunakan printer duplex dan secara manual.

Semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca semua sehingga nantinya  bisa mencetak file atau dokumen dengan baik dan benar.

Terimakasih sudah mengunjungi website kami, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.



Loading...

Leave a Comment