Cara Membuat Label Undangan Bermotif


Membuat Label Undangan – Jika Anda ingin mengadakan suatu acara baik itu acara pernikahan, aqiqah, anniversary, ataupun acara yang lainnya tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari hal-hal kecil sampai hal besar harus Anda pikirkan secara matang, salah satunya adalah undangan.

Undangan merupakan suatu bentuk penghormatan kepada orang yang ingin diundang supaya hadir untuk memeriahkan acara yang Anda langsungkan. Dengan adanya undangan maka orang yang Anda persilahkan bisa hadir pada waktu, hari, tanggal dan juga tempat sesuai seperti yang telah ditetapkan dalam undangan.

Pada masa modern ini Anda sudah tidak perlu repot-repot lagi menulis label pada undangan secara manual. Anda bisa membuat label undangan dengan sangat mudah, yaitu dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel dan Microsoft Word.

Cara Membuat Label Undangan

Microsoft Word dan Microsoft Excel merupakan suatu program yang telah dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Perusahaan ternama ini sudah lama didirikan oleh Paul Allen dan Bill Gates yang saat ini berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat.

Dengan menggunakan Microsoft Word ataupun Excel Anda bisa membuat label dengan banyak nomor label seperti nomor 103, 107,  121 dan juga nomor label yang lainnya. Penting diketahui bahwa sebenarnya fitur yang digunakan untuk membuat label tidak hanya tersedia di Microsoft Office versi terbaru saja.

Beberapa versi lama lainnya yang bisa digunakan untuk membuat label adalah 2007, 2010, 2013, 2015, 2016 dan 2017.

Adapun untuk nomor label yang paling umum digunakan adalah nomor 103 dan juga 121. Untuk perlembarnya kita sudah bisa membuat sekitar 12 label.

Nah, apabila Anda tertarik untuk membuat label undangan tetapi masih mengalami kebingungan dengan langkah-langkahnya, silahkan Anda baca tulisan ini sampai akhir.

Baca juga: Cara Membuat Bingkai Di Word

Cara Membuat Label Undangan

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa untuk membuat label undangan bisa menggunakan bantuan dari Microsoft Excel dan Microsoft Word. Dalam hal ini Microsoft Excel digunakan khusus untuk membuat list nama dan juga alamat yang ingin diundang.

Versinya pun bisa semua versi, tetapi pada kesempatan kali ini kami akan menggunakan Ms Office 2016.

  1. Mengelompokkan File Label Undangan

Mengelompokkan file label undangan sebenarnya tidak perlu dilakukan. Hal ini hanya bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengelolanya nanti. Dalam contoh ini kami akan membuat label undangan yang memiliki ukuran 103.

Mengelompokkan File Label Undangan

Pertama Anda harus membuat file Data Label dan Template Label 103 terlebih dahulu dengan menggunakan Mirosoft Word. Usahakan untuk dijadikan satu dalam folder khusus supaya tidak ribet. Jangan sampai diisi dulu, nanti akan admin tuliskan bagaimana caranya.

  1. Membuat Data Label pada Microsoft Excel

Selanjutnya Anda bisa membula file Data Label yang sudah dibuat sebelumnya. Tahapan cara yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan menuliskan nama dan juga alamat penerima undangan. Sedangkan untuk format penulisannya bisa Anda sesuaikan dengan contoh di bawah ini.

Membuat Data Label pada Microsoft Excel

Apabila semua data undangan sudah tertulis maka bisa langsung Anda simpan file tersebut.

  1. Membuat Template Label di Microsoft Word

Pada contoh ini kami akan membuat sebuah template label undangan dengan menggunakan nomor 103. Supaya nantinya bisa sesuai dengan ukuran aslinya maka siapkan penggaris dan juga label undangan yang ingin digunakan.

Bagi Anda yang belum tahu, template ini digunakan khusus untuk menyimpan semua data tabel yang telah dibuat. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda ikuti tahapan cara di bawah ini:

Pertama, silahkan Anda buka file Template Label 103 yang sudah dibuat sebelumnya.  Lalu klik Ribbon Mailings > Labels > kemudian akan tampil jendela baru. Anda harus pastikan bahwa Anda sudah berada pada tab Labels > klik Options.

Membuat Template Label di Microsoft Word

Kedua, akan ada tampilan Label Opsions, silahkan Anda pilih New Label.

Membuat Template Label di Microsoft Word

Ketiga, selanjutnya pada layar monitor akan muncul jendela Label Details. Silahkan Anda isi sendiri kolom yang sesuai dengan label aslinya.

Disinilah fungsi penggaris akan dibutuhkan. Anda harus mengukur bagian-bagian kertas label asli yang ingin dimasukkan langsung ke dalam kolom yang telah disediakan. Dibutuhkan ketelitian dalam hal ini, sebab jika template yang telah dibuat tidak sesuai dengan kertas label asli maka ketika dicetak hasil akhirnya tidak akan pas.

Nah, berikut ini adalah contoh gambar apabila sudah Anda sesuaikan dengan kertas label.

Membuat Template Label di Microsoft Word

Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

Label name Nama tabel yang akan dibuat, isi saja dengan Label 103
Top margin Jarak antara tepi label (bagian atas) dengan bagian paling tepi kertas(atas)
Side margin Jarak antara tepi label (bagian samping) dengan bagian paling tepi kertas(samping)
Label height Tinggi satu buah label
Label width Lebar satu buah label
Number across Jumlah kolom (pada label nomor 103, terdapat 3 kolom)
Number down Jumlah baris (pada label nomor 103, terdapat 4 kolom)
Vertical pitch Jarak label vertikal ditambah margin
Horizontal pitch Jarak label horizontal ditambah margin
Page size Pilih Custom agar bisa diatur sesuai ukuran kertas label
Page width Lebar satu kertas label
Page height Tinggi satu kertas label

Untuk masalah pengukuran top margin dan lain sebagainya, Anda bisa menggunakan Priview yang telah disediakan oleh Microsoft Word. Namun jika Anda masih mengalami kebingungan maka Anda bisa menggunakan gambar yang kami buat berikut ini.

Membuat Template Label di Microsoft Word

Keempat, selanjutnya Anda klik OK hingga jendela Envelopes and Labels. Di bagian label Anda harus pastikan sudah berubah menjadi label yang sudah dibuat sebelumnya. Jika sudah silahkan Anda klik New Document.

Membuat Template Label di Microsoft Word

 

Setelah diklik New Document maka akan terbuka dokumen baru yang dimana formatnya sudah sesuai dengan template label yang dibuat. Tahapan cara berikutnya adalah dengan memasukkan data yang sudah Anda buat langsung dari Microsoft Excel tadi.

  1. Memasukkan Data Label ke Template Label

Menggabungkan data yang telah dibuat menggunakan Microsoft Excel dengan template label yang dibuat menggunakan Microsoft Word merupakan langkah terakhir dalam pembuatan label undangan bermotif. Baiklah mari langsung saja simak caranya di bawah ini.

Pertama, silahkan Anda klik tab Mailings > lalu pilih Select Recipients > kemudian pilih Use an Existing List. Selanjutnya arahkan ke file yang sudah dibuat dengan Microsoft Excel tadi.

Memasukkan Data Label ke Template Label

Apabila sudah tampil jendela Select Table, silahkan Anda pilih Sheet$ dan klik OK supaya bisa langsung menuju proses berikutnya.

Memasukkan Data Label ke Template Label

Selanjutnya silahkan Anda pilih tab Mailings > Insert Merge Field > dan pilih NAMA, seperti contoh gambar berikut ini.

Memasukkan Data Label ke Template Label

Kemudian akan tampil «NAMA», bisa langsung Anda tekan enter kemudian ketikkan Di, tekan enter kembali dan lakukan sama dengan cara sebelumnya yaitu tab Mailing > Insert Merge Field > «ALAMAT» , untuk hasilnya bisa Anda lihat seperti gambar berikut ini.

Memasukkan Data Label ke Template Label

Untuk mengisi kolom kedua bisa Anda copy pasti dari kolom pertama dan kemudian arahkan kursor tepat di depan «NAMA».

Memasukkan Data Label ke Template Label

Kemudian klik tab Mailings > Rules > Next Record yang dimana berfungsi supaya kolom kedua dan berikutnya menampilkan data secara urut. Apabila sudah Anda tambahkan maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini.

Memasukkan Data Label ke Template Label

Pada kolom berikutnya bisa Anda copy paste langsung dari kolom kedua. Anda juga bisa mengatur perataan text, font, dan ukuran yang sesuai dengan keinginan.

Memasukkan Data Label ke Template Label

Supaya bisa menampilan menjadi nama dan juga alamat maka bisa langsung Anda klik Mailings kemudian Priview Results, untuk hasilnya bisa Anda lihat seperti gambar berikut.

Memasukkan Data Label ke Template Label

Baca juga: Cara Print Bolak Balik

  1. Print Label Undangan

Pada tahapan ini Anda harus mengatur ukuran kertas pada pengaturan printer yang dimana harus sesuai dengan ukuran kertas label aslinya. Biasanya menu tersebut terletak di bagian Properties.

Selain itu, penting juga untuk mengatur margin dalam pembuatan template label (tahap 3). Apabila Anda benar dalam mengisinya maka Anda bisa mendapatkan hasil print yang rapi.



Loading...

Leave a Comment