Cara Menghitung Persentase Di Excel


Menghitung Persen Di Excel  – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana perhitungan persentase di Excel, pasti semua tahu mengenai spreadsheet yaitu salah satu aplikasi yang sering digunakan dan cukup dikenal dalam pengolahan data.

Presentase sendiri merupakan bagian yang tidak terpisahkan ketika kita mengolah dan menyajikan data, berkat adanya presentase tersebut kita bisa mudah dalam membaca data untuk menganalisis data yang disajikan.

Menurut Wikipedia, Persentase atau perseratus merupakan suatu angka atau perbandingan (rasio) yang digunakan untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase biasa dilambangkan dengan simbol “%”. Persentase juga sering digunakan walaupun bukan unsur ratusan. Bilangan tersebut selanjutnya diskalakan supaya bisa dibandingkan dengan seratus.

Persentase biasa dinyatakan dalam satuan persen atau dalam bahasa inggris disebut dengan “percent”. Percent sendiri adalah singkatan dari kata per centum yang memiliki arti per seratus. Bilangan persen umumnya dinyatakan dengan menggunakan lambang satuan %.

Setiap bilangan angka pada umumnya bisa dinyatakan sebagai rasio perbandingan dengan angka 1. Seperti misalnya angka 0,5, jika angka tersebut dinyatakan sebagai perbandingkan maka untuk nilainya bisa ditulis sebagai 0,5/1.

Apabila angka 0,5 telah dinyatakan dalam bentuk pecahan per seratus atau persen maka untuk nilainya 50% didapatkan dengan cara mengalikan angka 0,5 dengan 100% atau 100/100.

50% atau 50 persen berarti bahwa 50 perseratus yang memiliki nilai sama seperti 50/100 = 0,50/1 = 0,50.

Baca Juga: Cara Menghitung Persentase Matematika

Menampilkan Persentase di Cell Ms. Excel

Lalu bagaimanakah cara menampilkan format persen (%) di microsoft excel?

Sebelum membahas mengenai cara menghitung persentase di exel, Anda harus mengetahui terlebih dahulu konsep penulisan persen atau cara yang digunakan untuk membuat persen di excel.

Microsoft excel sudah menyediakan banyak sekali fitur yang dapat digunakan merubah suatu nilai angka yang ada di cell excel ke dalam beberapa macam format angka, salah satunya yaitu format pecahan desimal. Volume ini disajikan dalam pecahan desimal seperti misalnya 25% tentang format default akan tampil dengan angka 0,25. Berikut langkah-langkah mengubah format Cell secara mudah :

1. Pilih cell yang akan yang berisi data yang tampilannya akan diubah ke bentuk persentase.

2. Klik kanan pilih format cell atau bisa dengan shortcut Ctrl + 1 atau bisa juga dengan memilih menu home lihat kota format cell di box number (perhatikan gambar di bawah)

(box number)
3. Akan muncul dialog box format cell. Pilih percentage kemudian akan ada pilihan jumlah desimal yang akan ditampilkan. Pilih sesuai kebutuhan kemudian tekan ok

(dialog box format cell)
Misal 0,25 setelah diformat akan menjadi 25% jika kita memilih jumlah desimal di belakang 2 maka akan menjadi 25,00%
Misal 0,1234 setelah di format akan menjadi 12,34%

Tipe Penghitungan Persentase

Saat kita mengolah data dan menghitung persentase terdapat dua jenis penghitungan yaitu presentase dari proporsi dan presentase perubahan jika dibandingkan dengan data yang lain.

Persentase dari Proporsi

Sebagai contoh misalnya Jika anda ulangan matematika ada 50 soal dan hanya bisa mengerjakan dengan benar 40 soal. Berapa persentasenya? Untuk menghitungnya dengan excel cukup mudah.

Tabel rumus

Hasil

Apabila Anda ingin mengirim Samsung yang lain caranya yaitu dengan membagi jumlah total karena yang kita butuhkan adalah presentase dari proporsi. Jika si A menjawab benar 30 soal maka persentasenya adalah 60%, jika si B menjawab benar 45 maka persentasenya adalah 90%, dan seterusnya.

Menghitung Persentase Perubahan

Dalam matematika, persentase perubahan umumnya dipakai untuk dapat menunjukkan selisih antar nilai sebelum dengan nilai sesuadah dalam bentuk persen nilai sebelum. Adapun perhitungan persentase perubahan menggunakan rumus sebagai berikut ini.

Menghitung Persentase Perubahan Dalam matematika, persentase perubahan umumnya dipakai untuk dapat menunjukkan selisih antar nilai sebelum dengan nilai sesuadah dalam bentuk persen nilai sebelum. Adapun perhitungan persentase perubahan menggunakan rumus sebagai berikut ini. Perhatikan contoh rumus perhitungan persentase selisih atau persentase perubahan di microsoft excel berikut ini: Rumus excel untuk melakukan perhitungan persentase perubahan Bisa Anda tuliskan rumus excel berikut pada cell C3 kemudian copy paste ke bawah: Rumus Excel = (B3-B2) / B2 B3 adalah nilai baru, sedangkan B2 adalah nilai yang awal atau lama. Rumus B3-B2 umumnya digunakan untuk mencari nilai selisih antara data lama dengan data yang masih baru. Note: • Nilai persen 0 menggambarkan bahwa nilai tersebut tidak akan mengalami perubahan dari nilai yang lama • Nilai persen positif (+) menggambarkan bahwa adanya peningkatan atau perubahan naik dari nilai yang sebelumnya • Nilai persen negatif (-) menggambarkan bahwa adanyanya penurunan atau perubahan turun dari nilai yang sebelumnya Selanjutnya saya akan memberikan contoh lainnya mengenai persentasi perubahan jenis kenaikan dan penurunan. Menghitung Persentase Perubahan Kenaikan Persentase perubahan kenaikan menggambarkan seberapa besar persen penambahan nilai yang lama daripada nilai lama. Untuk nilai penambahan ini bisa didapatkan dengan sangat mudah, yaitu dengan cara mengurangi nilai yang baru dengan nilai lama. Secara matematis, rumus yang digunakan untuk menghitungnya adalah sebagai berikut ini: Rumus Berikut ini adalah contoh rumus perhitungan persentase kenaikan pada excel: Gambar Silahkan Anda tuliskan rumus excel berikut ini pada cell C3 kemudian copy paste ke bawah: Menghitung Persentase Perubahan Penurunan Persentase perubahan penurunan menggambarkan seberapa besar persen penurunan nilai lama daripada nilai lama. Untuk nilai perubahan juga bisa didapatkan dengan cara yang cukup mudah, yaitu dengan cara mengurangi nilai yang lama dengan nilai baru. Secara matematis, rumus yang digunakan untuk menghitungnya adalah sebagai berikut ini: Rumus Berikut ini adalah contoh persentase penurunan dengan menggunakan rumus excel: Silahkan Anda tulis rumus excel di bawah ini pada cell C3 kemudian copy paste langsung ke bawah: Rumus Pada persentase perubahan, sebenarnya nilai minus juga dapat menggambarkan persentase perubahan penurunan. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai cara menghitung persentase di excel. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan kali ini bermanfaat bagi Anda semua terutama bagi Anda yang bingung mengenai cara menghitung persentase di microsoft excel. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

Perhatikan contoh rumus perhitungan persentase selisih atau persentase perubahan di microsoft excel berikut ini:

Rumus excel untuk melakukan perhitungan persentase perubahan

contoh rumus menghitung persentase selisih © Kelas Excel | https://www.kelasexcel.id/2017/05/cara-menghitung-persentase-di-excel.html

Bisa Anda tuliskan rumus excel berikut pada cell C3 kemudian copy paste ke bawah:

Rumus Excel

= (B3-B2) / B2

B3 adalah nilai baru, sedangkan B2 adalah nilai yang awal atau lama. Rumus B3-B2 umumnya digunakan untuk mencari nilai selisih antara data lama dengan data yang masih baru.

Note:

  • Nilai persen 0 menggambarkan bahwa nilai tersebut tidak akan mengalami perubahan dari nilai yang lama
  • Nilai persen positif (+) menggambarkan bahwa adanya peningkatan atau perubahan naik dari nilai yang sebelumnya
  • Nilai persen negatif (-) menggambarkan bahwa adanyanya penurunan atau perubahan turun dari nilai yang sebelumnya

Selanjutnya saya akan memberikan contoh lainnya mengenai persentasi perubahan jenis kenaikan dan penurunan.

Menghitung Persentase Perubahan Kenaikan

Persentase perubahan kenaikan menggambarkan seberapa besar persen penambahan nilai yang lama daripada nilai lama. Untuk nilai penambahan ini bisa didapatkan dengan sangat mudah, yaitu dengan cara mengurangi nilai yang baru dengan nilai lama.

Secara matematis, rumus yang digunakan untuk menghitungnya adalah sebagai berikut ini:

Menghitung Persentase Perubahan Kenaikan © Kelas Excel | https://www.kelasexcel.id/2017/05/cara-menghitung-persentase-di-excel.html

Rumus

Berikut ini adalah contoh rumus perhitungan persentase kenaikan pada excel:

Contoh rumus perhitungan persentase kenaikan pada excel

Silahkan Anda tuliskan rumus excel berikut ini pada cell C3 kemudian copy paste ke bawah:

Rumus

= (B3-B2) / B2

Menghitung Persentase Perubahan Penurunan

Persentase perubahan penurunan menggambarkan seberapa besar persen penurunan nilai lama daripada nilai lama. Untuk nilai perubahan juga bisa didapatkan dengan cara yang cukup mudah, yaitu dengan cara mengurangi nilai yang lama dengan nilai baru.

Secara matematis, rumus yang digunakan untuk menghitungnya adalah sebagai berikut ini:

Menghitung Persentase Perubahan Penurunan

Berikut ini adalah contoh persentase penurunan dengan menggunakan rumus excel:

persentase penurunan dengan menggunakan rumus excel:

Silahkan Anda tulis rumus excel di bawah ini pada cell C3 kemudian copy paste langsung ke bawah:

Rumus

= (B2-B3) /  B2

Pada persentase perubahan, sebenarnya nilai minus juga dapat menggambarkan persentase perubahan penurunan.

Baca Juga: Cara Menghitung Umur Di Excel

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai cara menghitung persentase di excel. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan kali ini bermanfaat bagi Anda semua terutama bagi Anda yang bingung baru pertama kali menggunakan microsoft excel. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa di pembahasan berikutnya.



Loading...

Leave a Comment