Cara Menghitung Volume Kerucut Yang Benar


Rumus Kerucut  – Kamu semua pasti sudah tahu apa itu kerucut, kerucut merupakan sebuah benda dengan bentuk lingkaran dibagian bawah dan membentuk lancip untuk bagian atas.



Sebagai contoh benda yang memiliki bentuk kerucut adalah topi petani dan bungkus kacang goreng. Nah di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi terkait bagaimana cara menghitung volume kerucut tersebut menggunakan rumus. Namun sebelum itu saya akan mengulas sedikit mengenai bangun datar kerucut terlebih dahulu.

Pengertian Kerucut

Pengertian Kerucut

Pengertian kerucut secara lengkap adalah sebuah bangun ruang 3 dimensi dengan bentuk limas istimewa yang memiliki alas lingkaran. Kerucut juga mempunyai 2 buah sisi dengan  1 rusuk.

Perlu Anda ketahui bahwa sebuah kerucut ternyata bisa dibentuk dari suatu bangun datar yaitu bangun datar segitiga siku yang kemudian diputar dalam satu putaran penuh hingga 360 derajat, yang mana sisi sikunya menjadi pusat putaran. Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat gambar di bawah ini.

Nah, dari contoh gambar bangun kerucut diatas Anda bisa mendapatkan unsur-unsur dari kerucut. Lalu apa saja unsur-unsur kerucut. Silahkan Anda simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Unsur-unsur Kerucut

Unsur-Unsur Kerucut



  • Bidang Alas

Bidang alas merupakan sebuah sisi yang dimana letaknya berada di bagian bawah kerucut. Unsur yang satu ini memiliki bentuk seperti lingkaran dengan pusatnya berada di bagian tengah. Adapun contoh dari titik pusatnya adalah titik O.

  • Diameter Bidang Alas

Diameter bidang alas adalah suatu ruas garis yang menghubungkan antara 2 titik pada sebuah lingkarang yang melalui titik pusat lingkarannya. Untuk contohnya bisa Anda lihat dengan sangat jelas pada gambar diatas dari sudut A ke sudut B.

  • Jari-Jari

Jari-jari adalah suatu jarak pusat lingkaran ke titik pada sebuah lingkarat atau bisa diartikan juga sebagai jarak tengah dari titik kanan menuju ke titik tengah. Contohnya bisa Anda lihat pada gambar bangun kerucut diatas yang mana jari-jarinya yaitu dari sudut A ke sudut O dan dari sudut B menuju ke sudut O.

  • Tinggi

Tinggi adalah suatu jarak dari sudut pusat bagian bawah ke puncak bangun kerucut. Tinggi kerucut ini juga biasa disebut dengan simetri putar kerucut. Contohnya seperti pada gambar bangun kerucut yang dimana unsur tingginya yaitu dari sudut O ke sudut T.



  • Selimut Kerucut

Selimut kerucut adalah sebuah sisi melengkung yang membungkus bangun kerucut  yang dimana letaknya berada di bagian sisi kiri dan kanannya. Selimut kerucut ini juga biasa disebut dengan sisi lengkung kerucut. Contohnya seperti pada gambar bangun kerucut diatas, untuk unsur selimut kerucutnya yaitu dari sudut T ke sudut A dan juga dari sudut T ke sudut B.



Leave a Comment