Cara Menghitung Keliling Lingkaran Yang Benar


Cara Menghitung Keliling Lingkaran Yang Benar – Setelah membahas mengenai cara menghitung luas lingkaran, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara menghitung keliling lingkaran. Namun sebelum membahas lebih jauh cara perhitungannya  mari kita pahami lebih dahulu mengenai makna dari lingkaran.

Cara Menghitung Keliling Lingkaran Yang Benar

Lingkaran adalah sebuah gambar dua dimensi, ini berarti lingkaran tidak memiliki sudut sama sekali. Berbeda halnya dengan bangun datar dua dimesi pada umumnya, lingkaran bisa dibilang sangat unik karena memang tidak mempunyai sudut dan bahkan modelnya tak terhingga. Apabila lingkaran dilipat maka akan memperoleh lipatan yang tak terhingga pula.

Perlu diketahui bahwa lingkaran terdiri dari beberapa bagian. Beberapa diantaranya adalah jari-jari, diameter, dan juga pusat lingkaran. Beberapa bagian tersebut pastinya harus Anda pahami dahulu sebelum menghitung keliling lingkaran.

Bagian-Bagian Pada Lingkaran

bagian-bagian lingkaran

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa lingkaran terdiri dari beberapa macam bagian. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai bagian-bagian tersebut.

  • Jari-jari lingkaran, adalah sebuah jarak dari pusat lingkaran menuju ke titik keluar.
  • Diameter lingkaran, adalah titik potong dari titik luar lingkaran yang memiliki titik pusat lingkaran yang membentuk garis lurus. Pada umumny diameter ini biasa disebut dengan 2x dari jari-jari.
  • Pusat lingkaran, adalah titik tengah yang dimana jaraknya sama dengan jarak terluar. Dengan demikian maka untuk untuk dapat mengukur titik tengah lingkaran atau yang biasa disebut dengan pusat lingkaran dengan titik paling luar (apa saja) berarti jaraknya adalah sama.

Sifat-Sifat Lingkaran

Sifat-Sifat Lingkaran

Lingkaran mempunyai beberapa sifat yang tertentu, yaitu:

  • Lingkaran hanya mempunyai satu sisi
  • Lingkaran tidak mempunyai titik sudut
  • Lingkaran mempunyai simetri lipat yang tidak terbatas
  • Lingkaran mempunyai simetri putar yang tidak terbatas
  • Lingkaran jarak dari titik pusat ke sisi manapun itu akan selalu sama

Tahukah Anda apa pengertian dari keliling lingkaran? Keliling lingkaran merupakan jarak dari sebuah titik pada suatu lingkaran dalam satu putaran hingga bisa kembali ke titik semua. Sedangkan untuk masalah perhitungan keliling lingkaran sebenarnya buka merupakan hal yang cukup sulit.

Rumus untuk menghitung keliling lingkaran merupakan konsep dasar untuk bisa menguasai materi berikutnya, sehingga rumus yang satu ini benar-benar penting untuk dipahami. Adapun materi yang berhubungan dengan rumus keliling lingkaran yaitu rumus mencari volume tabung, luas bagian permukaan tabung, volume kerucut, luas bagian permukaan kerucut dan juga luas juring lingkaran.

Lalu bagaimana cara untuk menghitung luas lingkaran? Berikut ini kami akan menjelaskan secara lengkap mulai dari cara mencari keliling lingkaran beserta contoh soal dan juga pembahasannya. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Rumus Keliling Lingkaran

Nilai π (pi)

π = 22/7 ? jika jari-jari (r) atau diameter (d) merupakan kelipatan 7 atau bisa dibagi 7
π = 3,14  ? jika jari-jari (r) atau diameter (d) bukan kelipatan 7 atau tidak bisa dibagi 7

untuk menghitung lingkaran yang sempurna atau pernah menggunakan rumus dibawah ini.

Adapun keliling lingkaran tersebut bisa kita hitung menggunakan dua rumus dan hasilnya akan sama yang pertama keliling lingkaran penghitung pemakaian rumus menggunakan jari (r = radius ) Sedangkan untuk yang kedua dengan rumus yang menggunakan diameter (d).

Keliling lingkaran dengan rumus menggunakan jari-jari (r) :

K = 2 x π x r

K = 2 x 22/7 x 7

K = 44 cm

Keliling lingkaran dengan rumus menggunakan diameter (d) :

K = π x d

K = 22/7 x 14

K = 44 cm

Baca juga: Cara Menghitung Luas Lingkaran

Nah menghitung lingkaran yang tidak penuh bisa menggunakan rumus di bawah ini:

Tentu saja rumus yang digunakan untuk lingkaran tidak penuh di atas tidak sama dengan rumus lingkaran sempurna. Yang pertama kita bisa mengetahui potongan lingkaran tersebut berapa bagian dari lingkaran yang utuh tersebut.

Pada bagian yang hitam tersebut adalah bagian yang ingin kita hitung kelilingnya dan di sisi lain merupakan lingkaran yang hilang, masing-masing bagian bernilai setengah lingkaran dan bagian hitam yang akan kita hitung telinga adalah setengah lingkaran, untuk lebih lengkapnya silahkan lihat rumus di bawah.

K = ½ x 2 x π x r

K = ½ x π x d

Nah setelah anda anda sudah mengetahui semuanya silahkan lihat contoh soal di bawah ini untuk lebih jauh lanjut agar semakin jelas dan paham.

Contoh Soal Keliling Lingkaran

1. Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 14 cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut?
Jawab :

Keliling = π x 2 x jari-jari, maka 22/7 x 2 x 14 = 88 cm

2. Berapakan keliling suatu lingkaran yang memiliki diameter 6 m?
Jawab :

Keliling = π x d , maka 22/7 x 6 = 18,85 m

3. Jika ada sebuah kolam renang berbentuk lingkaran yang mempunyai diameter 20 m. Jika sesorang berlari mengelilingi kolam tersebut 12 kali, berapakah jarak yang ia tempuh ?
Jarak yang ditempuh adalah = 12 x keliling kolam = 12 x 3,14 x 20 = 753,6 m

4. Jika sebuah motor mempunyai roda dengan jari-jari 42 cm berputar sebanyak 2000 kali, berapa jarak yang di tempuh oleh motor tersebut ?

Jawab : Jarak yang ditempuh motor sama dengan 2000 kali keliling lingkaran ( roda )
maka jarak yang ditempuh motor = 1000 x π x d = 1.000 x 22/7 x 84 cm = 264000 cm = 2,64 km.

Baca juga : Cara Menghitung Volume Kerucut Yang Benar

5. Sebuah lingkaran mempunyai luas 1256 cm² hitunglah keliling dari lingkaran itu ?
Luas lingkaran = π r² ? 1256 = 3,14 x r2
r² = 1256/3,14 = 400
r   = v400 = 20 cm
Keliling = 2 π r = 2 . 3,14 . 20 = 125,6 cm

Perhatian: Perlu diperhatikan bahwa dalam contoh soal dan jawaban mengenai keliling lingkaran diatas kami menggunakan nilai π (phi) 3,14 dan ada juga yang 22/7.

Tips :

  • Kami sarankan untuk mengambil nilai π yang paling mudah untuk Anda hitung nantinya. Jika misalnya nilai diameter atau jari-jari lingkaran tersebut mudah untuk dibagi dengan angka 7 maka Anda bisa menggunakan π = 22/7.
  • Anda bisa menggunakan nilai π = 3,14 apabila diameter atau jari-jari tersebut sangat susah untuk dibagi dengan angka 7.

Demikian pembahasan dari kami pada kesempatan kali ini mengenai perhitungan keliling lingkaran beserta contoh soalnya yang sudah kami tuliskan secara lengkap dan jelas kepada Anda semua. Semoga tulisan yang telah kami sampaikan mengenai keliling lingkaran kali ini bisa berguna dan memberikan manfaat bagi Anda semua terutama yang sedang membutuhkan informasi mengenai bangun datar lingkaran.



Loading...

Leave a Comment