Cara Menghitung Persentase Matematika


Cara Menghitung Persentase – Setiap melakukan bisnis pasti ada yang namanya untung dan rugi, nah untuk bisa mengatasi hal itu pasti kedua belah pihak melakukan sebuah metode dengan hitungan persen.

Ada rumus menghitung persen yang bisa kamu coba supaya hasilnya lebih akurat dan bisa dibilang sebagai rasio atau perbandingan saja di pelajaran matematika ketika sekolah.

Namun dalam berbisnis rumus adalah mencari presentasi menggunakan simbol persen yang nantinya bisa menguntungkan kedua belah pihak. Untuk anda yang pengen tahu bagaimana cara menghitung persen bisa mencoba metode yang akan saya berikan dibawah ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi terkait rumus mencari presentase dan juga cara mencari rumus persen. Sebenarnya jika anda tahu caranya menghitung rumus presentase tidaklah sulit, namun terkadang tetap saja ada yang lupa atau bahkan sudah tidak tahu lagi caranya.

Apa Itu Persen?

pengertian persen

Apa Itu persen? Bagaimana cara menghitung persen atau persentase yang mudah? Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menghitungnya saya akan menjelaskan pengertian persen terlebih dahulu.

Sebenarnya perhitungan persen ini merupakan materi yang cukup mudah dan harus dikuasai karena nantinya Anda akan selalu membutuhkannya dalam kehidupan sehari-hari. Materi mengenai perhitungan persen ini hampir ada dalam berbagai bidang, terutama dalam usaha jual beli atau perdagangan.

Ada banyak sekali cara yang dilakukan oleh para pedagang untuk dapat menarik hati para konsumennya, salah satunya adalah dengan memberikan diskon dalam jumlah besar. Di supermarket, mall, ataupun di brosur-brosur seringkali ada penawaran diskon menarik. Dengan adanya diskon maka sudah pasti dapat menarik konsumen dengan mudah.

rumus persen

Namun sayangnya, banyak sekali orang yang masih belum paham betul mengenai cara menghitung diskon. Diskon yang ditawarkan oleh toko ataupun produk tertentu biasanya akan “menjebak” bagi orang awam. Nah, untuk dapat mengetahui berapakah diskon tersebut pastinya Anda harus paham mengenai cara menghitung nilai persen.

Disamping itu, saat melakukan kegiatan jual beli sudah pasti kita akan selalu dekat dengan untung rugi. Untuk bisa membantu dalam mengatasi hal ini maka perlu dilakukan suatu metode yang dinamakan hitungan persen.

Pengertian persen atau persentase sendiri adalah sebuah angka atau perbandingan “rasio” untuk dapat menyatakan pecahan dari seratus yang digambarkan dengan menggunakan simbol %. Dapat dikatakan bahwa persentase ini merupakan bagian dari secara keseluruhan yang dinyatakan dalam per seratus.

Namun pendapat lain menyebutkan bahwa persen atau persentase adalah sebuah cara dalam mengekspresikan suatu angka sebagai bagian dari keseluruhan yang dimana keseluruhan tersebut umumnya ditulis dengan 100%.

Contoh: misalnya saja ada sebanyak 40 orang siswa yang berada di dalam satu kelas, 10 diantara jumlah siswa kacamata tersebut berkacamata dan untuk sisanya, yaitu sebanyak 30 siswa tidak berkacamata.

Jadi persentase untuk siswa yang tidak berkacamata adalah 30 dari 40 orang siswa = (30/40) x 100% = 0,75 x 100% = 75%. Sementara untuk persentase siswa yang berkacamata yaitu 10 dari 40 orang siswa (10/40) x 100% 0,25 x 100% = 25%.

Baca Juga: Cara Menghitung Persentase Di Excel

Sejarah Persen

sejarah persen

Pada saat zaman Romawi Kuno, sebelum munculnya keberadaan sistem desimal yang dapat menuliskan angka dengan adanya ngka di belakang koma, dalam melakukan perhitungan angka-angka yang tertentu biasa dibuat dalam fraksi-fraksi kelipatan, yakni 1/100.

Dulu pada zaman Romawi Kuno sudah ada yang namanya pajang lelang, dimana pajak ini dihitung sebesar 1/100 dari nilai lelang atau yang biasa disebut dengan centesima rerum venalium. Perhitungan seperti ini tidak jauh berbeda atau bahkan bisa dibilang sangat mirip dengan istilah persen atau persentasi yang sudah lama kita kenal pada komputasi modern.

Setelah itu pada abad-abad yang berikutnya, istilah pembagi 1/100 ini sudah mulai banyak digunakan untuk melakukan berbagai perhitungan. Pembagi tersebut umumnya digunakan untuk mencari suatu bagian dari bagian yang besar.

Selanjutnya pada akhir abad yang ke 15, bilangan persen sudah banyak digunakan di berbagai macam laporan seperti misalnya laporan laba rugi, laporan penjualan, suku bungan, dan laporan yang lainnya.

Namun pada abad sekarang ini, penulisan persen atau persentase sudah mengalami banyak perubahan. Persentase pada awal mulanya dituliskan dengan kata “percento”, kemudian sekarang ini kata “per” sudah digantikan oleh tanda miring “/” dan untuk cento digantikan dengan dua buah tanda nol (0) yang selanjutnya kita kenal lebih luas simbolnya persen sebagai “%”.

Rumus Menghitung Persen

Rumus Menghitung Persen

Untuk menghitung persen adalah Nilai Persen = Nilai Persen x Nilai Pecahan / 100.

Contoh :

Selanjutnya mencari nilai persen (%)

Rumus Mencari Persentase ke-dua ialah Nilai Persen = Nilai / Nilai Pecahan x 100,

Contoh Soal

Nah demikian tadi informasi yang telah saya sampaikan mengenai tata cara mengetahui rumus menghitung presentase dan juga soal matematika tentang persen secara detail. Semoga artikel yang saya berikan ini bisa bermanfaat untuk anda semua.



Loading...

Leave a Comment