Cara Mengatur Jarak Spasi Di Excel


Mengatur Jarak Spasi Di Excel – Microsoft Excel lazimnya digunakan untuk membuat sebuah laporan, rekapitulasi, data-data yang berhubungan dengan statistik, dan lain sebagainya. Maka dari itu aplikasi ini memiliki begitu banyak fungsi atau rumus yang bisa dipakai untuk kebutuhan tersebut.

Meski begitu bukan berarti kita tidak bisa memasukkan beberapa kalimat atau paragraf pada Excel. Kita bisa saja menuliskan beberapa kata di dalam worksheet. Akan tetapi tentu saja akan sedikit berbeda dibandingkan dengan Word. Termasuk jika Anda ingin mengatur spasi.

Pada tutorial kali ini kami akan bahas lebih dalam mengenai bagaimana mengatur spasi di Excel. Termasuk bagaimana cara menghapus spasi berlebih pada suatu kalimat di dalam dokumen Excel. Langsung saja silakan simak panduan di bawah ini.

mengatur spasi di excel

Baca juga: Cara Menghilangkan Spasi Di Excel

Merapatkan Spasi Teks di Dalam Sel

Apabila teks yang Anda ketikkan pada suatu sel terlalu lebar biasanya teks akan diatur rata kanan-kiri secara vertikal. Jika ada beberapa sel dengan banyak teks seperti itu maka bisa membuat pembaca sedikit tidak nyaman saat membacanya. Maka dari itu Anda bisa mengubah perataan teks agar tulisan yang Anda ketik lebih mudah untuk dibaca. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Klik kanan pada sel yang ingin Anda atur spasinya. Anda bisa melakukan seleksi pada beberapa sel jika yang ingin diatur lebih dari satu.
  • Klik menu Format Cells.

  • Pada kotak dialog yang muncul, klik tab Alignment.
  • Selanjutnya pada grup Text alignment ubah opsi Vertical menjadi Top, Center, atau Bottom.

  • Opsi Top akan membuat teks dirapatkan ke sisi atas, sedangkan center di bagian tengah, dan bottom di bawah.
  • Jika sudah diubah klik tombol OK.

Tips

  1. Anda bisa membuka kotak dialog Format Cells dengan klik tanda panah kecil di grup Alignment yang ada di tab Home.
  2. Jika salah satu atau beberapa sel dirasa terlalu banyak spasi Anda bisa mengubah alignment atau perataan vertikal menjadi tengah. Opsi ini akan membuat spasi tersebar lebih rata dan membuat tulisan lebih enak untuk dilihat.

Menambah Spasi Teks

Apabila dalam sebuah sel terdapat banyak spasi atau ruang kosong, Anda bisa menambah spasi teks antar baris sehingga teks bisa memenuhi isi sel. Caranya dengan mengubah spasi vertikal menjadi rata kanan-kiri. Berikut cara selengkapnya yang bisa Anda coba:

  • Klik kanan pada sel yang ingin Anda atur spasinya.
  • Pilih menu Format Cells.
  • Klik tab Alignment.
  • Lalu pada grup Vertical ubah menjadi Justify atau Distributed.

  • Jika sudah klik tombol OK.

Secara otomatis teks akan mengisi penuh sel. Jika sel semakin tinggi maka spasi teks antar baris juga ikut disesuaikan.

Lalu apa beda Justify dan distributed. Sekilas keduanya mirip, namun tetap saja berbeda. Justify akan membuat teks menjadi rata atas dan bawah. Sedangkan Distributed akan membuat teks didistribusikan rata secara vertikal.

Menggunakan Text Box

Seperti yang sudah disinggung di atas, mengedit teks di Excel dengan Word berbeda. Pada Word kita bisa mengatur spasi pada menu Paragraph. Sedangkan di Excel bisa diatur dengan cara yang sudah kami jelaskan di atas. Akan tetapi jika Anda juga ingin bisa mengedit spasi paragraf seperti pada Word, maka Anda bisa menggunakan Text Box.

Text box membuat Anda bisa mengatur format teks dengan lebih leluasa dibandingkan jika dengan sel. Berikut cara membuat text box:

  • Jika ingin memindahkan teks yang ada pada sebuah sel silakan copy atau cut tulisan tersebut terlebih dahulu. Caranya blok tulisan, klik kanan lalu pilih cut atau copy. Anda juga bisa menggunakan shortcut Ctrl + C untuk copy atau Ctrl + X untuk cut.
  • Klik tab Insert, lalu pilih Text Box. Pada Excel 2019 tool tersebut ada di dalam menu Text.

  • Arahkan kursor ke area yang diinginkan, drag atau klik dan tahan lalu geser kursor ke area mana saja yang diinginkan untuk membuat text box. Setelah text box terbuat Anda masih bisa menyesuaikan ukurannya dengan cara drag salah satu titik yang ada di tepi text box.

  • Silakan paste atau tempel tulisan yang tadi Anda copy ke dalam text box tersebut. Caranya klik kotak tersebut, lalu tekan Ctrl + V. Atau klik kanan dan pilih Paste.
  • Apabila Anda ingin menyesuaikan spasi dalam text box tersebut silakan blok atau seleksi seluruh teks di dalamnya, lalu klik kanan dan pilih menu Paragraph. Maka sebuah kotak dialog akan muncul.

  • Pada kotak dialog Paragraph ada cukup banyak opsi yang bisa kita atur. Mulai dari penataan teks, indentasi, spasi, hingga tabs. Silakan lakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk klik OK jika dirasa sudah cukup.

Perlu dicatat, text box tidak dimasukkan ke dalam suatu sel, melainkan mengambang di atasnya. Apabila Anda mengubah ukuran baris atau kolom maka text box tidak akan ikut pindah. Anda harus memindahkannya secara manual. Cara memindahkan text box adalah dengan klik dan tahan tepi text box dan menggesernya ke area yang diinginkan.

Anda juga bisa merapatkan suatu tulisan dengan mengubah ukuran font. Caranya blok tulisan yang ingin diganti ukurannya, lalu klik menu dropdown Font size yang ada di tab Home. Anda juga bisa mengubah ukuran font lewat klik kanan dan pilih Font.

Baca juga: Cara Mengatur Spasi Di Word

Menggunakan TRIM untuk Menghapus Spasi Berlebih

Tak jarang kita menjumpai spasi berlebih pada suatu teks. Jika hanya ada satu rangkai kalimat yang spasinya ganda atau lebih akan mudah untuk menghapusnya. Akan tetapi jika ada banyak teks yang spasinya tidak sesuai tentu akan merepotkan.

Maka dari itu kita bisa menggunakan fungsi Excel TRIM. Rumus ini bisa kita gunakan untuk menghapus spasi berlebih. Fungsinya adalah sebagai berikut:

=TRIM(sel)

Bagaimana cara menggunakannya? Langsung saja simak tutorial berikut:

  • Siapkan teks yang memiliki spasi berlebih.
  • Ketikkan rumus di atas di area mana saja. Misalnya di sisi kanan.

  • Jangan lupa untuk menyesuaikan selnya. Misalnya pada contoh ini teks ada di sel B5, maka kami masukkan rumus =TRIM(B5). Tekan tombol Enter untuk melihat hasilnya.
  • Secara otomatis spasi berlebih akan hilang. Anda bisa drag hasil operasi fungsi tersebut ke bawah untuk menerapkannya pada sel lain.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan. Cara di atas bisa Anda praktekkan pada berbagai versi Microsoft Excel yang ada saat ini. Hanya saja biasanya tampilan beberapa versi sedikit berbeda. Sehingga langkah yang perlu Anda lakukan sedikit berbeda. Memang pada aplikasi ini pengaturan terkait spasi teks terbatas, tidak sebanyak pada Word. Akan tetapi Anda tetap bisa memaksimalkannya untuk sebuah teks atau paragraf yang nyaman untuk dibaca.

Semoga tutorial di atas bermanfaat untuk Anda. Sehingga Anda bisa mengatur spasi teks pada Microsoft Excel dengan mudah.



Loading...

Leave a Comment