Cara Membuat Paragraf Di Microsoft Word


Membuat Paragraf Di Microsoft Word – Microsoft Office memberikan berbagai kemudahan untuk kita yang ingin membuat berbagai macam dokumen. Mulai dari laporan keuangan, materi presentasi, karya tulis ilmiah, skripsi, naskah, dan lain sebagainya. Dari beberapa aplikasi yang masuk dalam satu paket instalasi Microsoft Office, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Word.

Aplikasi yang satu ini terbilang sering dipakai oleh banyak orang. Software ini berfungsi untuk membantu kita dalam mengetik sebuah dokumen dengan beragam fitur-fitur berguna di dalamnya. Hanya saja meskipun memberi kemudahan nyatanya masih ada yang belum benar-benar paham bagaimana cara menggunakan Microsoft Word. Seperti bagaimana cara mengatur paragraf di Microsoft Word.

paragraf word

Baca juga: Cara Mengatur Margin Di Word 2010

Anda mungkin pernah menjumpai dokumen yang tercetak maupun masih berupa soft copy dengan tatanan paragraf yang tidak rapi. Atau parahnya antar paragraf memiliki jarak yang berbeda-beda. Hal ini tentu saja tidak bisa dibenarkan. Terlebih jika dalam menyusun sebuah skripsi atau karya tulis lainnya. Sudah bisa dipastikan Anda akan mendapat revisi karena hal tersebut.

Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara membuat paragraf di Word yang benar. Sebenarnya cara tersebut tidak sulit. Supaya lebih jelas silakan simak tutorial selengkapnya di bawah ini.

Mengatur Paragraf Secara Manual di Word

Microsoft memberikan fitur khusus untuk mengatur paragraf di dokumen yang kita buat atau sunting. Fitur ini bisa kita manfaatkan untuk mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan paragraf.

Mengatur paragraf sendiri sebenarnya terbagi menjadi beberapa cara. Salah satunya adalah mengatur paragraf secara manual. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka dokumen yang ingin Anda edit.
  • Posisikan kursor di awal kalimat yang akan Anda atur paragrafnya.

  • Selanjutnya klik tombol Tab pada keyboard.
  • Secara otomatis paragraf akan mundur ke kanan. Secara default baris kalimat akan mundur 6-7 karakter.

  • Untuk dicatat, jika kursor Anda letakkan di baris pertama dari sebuah paragraf, maka saat Anda klik tombol Tab yang mundur atau menjorok adalah baris kalimat itu saja. Sedangkan jika kursor diletakkan di baris kedua, ketiga dan seterusnya pada sebuah paragraf maka yang akan mundur adalah satu paragraf tersebut.

Cara mengatur paragraf secara manual di atas bisa anda gunakan jika dokumen yang perlu Anda edit tidak terlalu panjang atau hanya terdiri dari beberapa paragraf saja. Dengan cara ini Anda bisa mengedit paragraf-paragraf tertentu secara cepat dan mudah.

Hanya saja jika yang Anda atur berlembar-lembar atau bahkan hingga lebih dari satu bab, maka akan sangat merepotkan jika menggunakan cara di atas. Akan tetapi tenang saja, masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan.

Mengatur Paragraf Secara Otomatis di Word

Jika ada cara manual, tentu saja ada cara otomatis. Cara ini bisa Anda terapkan pada dokumen atau laporan yang terdiri dari banyak paragraf. Sehingga Anda tidak perlu mengaturnya satu per satu seperti cara di atas. Langsung saja berikut langkah-langkahnya:

  • Buka dokumen yang akan Anda atur paragrafnya.
  • Setelah Microsoft Word terbuka, pada tab Home silakan klik ikon anak panah miring ke bawah di samping kolom paragraf.

  • Tombol ini akan memunculkan kotak dialog Paragraph Settings. Setelah kotak dialog tersebut muncul Anda bisa melihat ada banyak sekali pengaturan yang bisa kita sesuaikan.
  • Untuk membuat paragraf secara otomatis, kita perlu mengatur menu Special pada bagian Indentation. Klik menu dropdown Special dan pilih First Line.

  • Jika sudah selesai silakan klik tombol OK.
  • Pada bagian Indentation Anda bisa melihat adanyanya menu Left, Right, By, hingga Mirror indents. Jika ingin mengatur jarak masuk kalimat di baris pertama pada sebuah paragraf, Anda bisa mengaturnya pada menu By. Semakin besar angkanya maka teks tersebut akan semakin masuk ke dalam.
  • Anda juga bisa mengatur posisi baris kalimat atau paragraf lewat ikon panah yang ada pada ruler.
  • Arahkan kursor pada bagian yang ingin diatur. Kemudian klik dan tahan ikon tersebut dan geser ke arah kanan atau kiri untuk menyesuaikannya.

Sebagai catatan, jika Anda ingin mengatur seluruh paragraf dengan format yang sama, maka Anda bisa blok seluruh paragraf dan silakan atur sesuai dengan cara yang sudah dijelaskan di atas. Secara otomatis format paragraf yang satu dengan lainnya akan seragam.

Selain itu cara di atas bisa Anda coba pada Microsoft Office Word versi berapa saja. Mulai dari yang lama sampai yang baru. Hanya saja biasanya terdapat sedikit perbedaan pada versi lama dan baru. Baik dari segi tampilan ataupun letak fitur dan cara mengaturnya.

Mengatur Spasi Paragraf di Word

Di Microsoft Word kita juga bisa mengatur jarak sebelum dan sesudah paragraf. Hal ini berguna untuk memisahkan judul, paragraf maupun sub-heading. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih paragraf yang akan diatur format spasinya.

  • Pada tab Home, klik menu Line and Paragraph spacing pada bagian Paragraph. Kemudian silakan klik Add Space Before Paragraph atau Remove Space After Paragraph.

  • Maka jarak paragraf yang Anda blok akan berubah.
  • Selain itu Anda juga bisa mengaturnya lewat menu Paragraph. Caranya klik ikon kecil di samping kolom Paragraph pada tab Home seperti yang sudah dijelaskan di atas. Atau juga bisa klik kanan dan pilih menu Paragraph. Setelah jendela Paragraph muncul silakan atur spasi pada bagian Spacing, tepatnya pada Before atau After.

Baca juga: Cara Mengatur Spasi Antar Kata Di Word

Mengatur Spasi Baris di Word

Selain mengatur jarak antar paragraf, Anda juga bisa mengatur spasi baris dalam suatu paragraf. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Silakan pilih atau blok paragraf yang akan diatur.
  • Pada tab Home klik menu Line and Paragraph Spacing. Lalu pilih spasi yang diinginkan. Ada beberapa opsi yang ditawarkan pada menu dropdown ini. Mulai dari 1.0, 1.15, 1.5, sampai 3.0.
  • Secara otomatis baris pada dokumen Anda akan berubah.

Selain cara di atas Anda juga bisa mengakses kotak dialog Paragraph untuk mengatur spasi baris. Pada kotak dialog ini ada cukup banyak hal yang bisa Anda atur. Pada bagian Line spacing Anda bisa mengatur seberapa besar jarak spasi antar baris di bagian At:. Silakan masukkan sembarang angka dan sesuaikan dengan kebutuhan. Atau Anda bisa memilih spasi pada menu dropdown. Ada beberapa opsi yang ditawarkan dan bisa Anda pilih, mulai dari single, 1.5 lines, double, at least, exactly dan multiple.

  • Exactly: jarak baris diukur dalam poin. Contohnya jika Anda memilih teks berukuran 12 point, maka Anda bisa memakai spasi dengan jarak 15 point.
  • At least: memungkinkan Anda memilih berapa banyak poin dari jarak yang diinginkan.
  • Multiple: memungkinkan Anda memasukkan jumlah baris spasi yang diinginkan.


Loading...

Leave a Comment