Cara Membuat Garis Kop Surat Di Word


Membuat Garis Kop Surat – Kop surat menjadi salah satu hal penting dalam surat resmi. Kita sering menjumpainya pada surat perusahaan, sekolah, maupun instansi pemerintah. Kop surat bisa disebut sebagai identitas dari suatu perusahaan.

Dalam kop tersebut kita biasa menjumpai logo perusahaan, beserta nama, alamat, hingga nomor telepon. Di samping itu jika Anda perhatikan terdapat garis pembatas kop surat yang diletakkan di bagian bawah. Garis ini membatasi area kop surat dengan isi surat. Lantas bagaimana cara membuat garis kop surat ini?



Untuk membuatnya kita bisa menggunakan software Microsoft Word yang banyak dipasang di berbagai perangkat PC, laptop atau notebook. Pada artikel ini kami jelaskan bagaimana membuat garis kop surat dengan Microsoft Word. Akan tetapi sebelumnya Anda juga harus mengetahui hal-hal dasar seputar kop surat.

Baca juga: Cara Membuat Surat Resmi

Komponen Kop Surat

Sudah dijelaskan bahwa kop surat menjadi identitas suatu lembaga atau perusahaan. Dengan demikian penerima surat dapat mengetahui dari mana asal surat tersebut, berikut nomor yang bisa dihubungi.

Kop surat biasanya berada di atas surat, lengkap dengan logo perusahaan. Perlu dicatat bahwa semakin lengkap identitas kop surat makan akan semakin baik. Selain itu ada beberapa keterangan yang harus ada dalam kop surat. Berikut adalah komponen yang harus ada dalam kop surat:

  1. Logo perusahaan
  2. Nama perusahaan
  3. Alamat perusahaan
  4. Nomor telepon perusahaan
  5. Faksimile perusahaan
  6. Alamat Email perusahaan
  7. Situs perusahaan

Adanya kop pada surat akan memberikan kesan baik bagi penerima. Tidak hanya itu, adanya nomor telepon atau email yang bisa dihubungi juga akan membuat penerima bisa dengan mudah menghubungi pengirim surat. Sedangkan situs akan memudahkan penerima surat untuk mencari tahu lebih dalam seputar perusahaan atau lembaga tersebut.



Membuat Kop Surat di Word 2016

Kop surat biasanya sudah menjadi template yang bisa digunakan pada surat apa saja yang akan dikirim atas nama perusahaan. Sebelum membuat kop surat Anda perlu mengetahui margin surat. Margin adalah ruang kosong di sisi atas, bawah, kanan dan kiri kertas.

Sebab masing-masing perusahaan memiliki aturan margin yang berbeda-beda. Akan tetapi umumnya pada surat resmi menggunakan margin dengan aturan sebagai berikut:

  • Left: 3 cm
  • Right: 2 cm
  • Top: 2 cm
  • Bottom: 2 cm

Pada tutorial ini kami praktekkan cara membuat kop surat di Microsoft Word 2016. Silakan simak dan ikuti panduan berikut:

  • Buka aplikasi Microsoft Word 2016 yang terinstal pada perangkat Anda.
  • Ubah tampilan menjadi Print Layout. Caranya klik tab View dan klik tombol Print Layout yang ada di sisi kiri.
  • Selanjutnya klik dua kali di bagian header dan klik check box Different First Page. Menu ini terletak pada tab Design.



  • Ketikkan keterangan perusahaan mulai dari nama, alamat, nomor telepon hingga situs dan email perusahaan. Jangan lupa untuk mengatur tulisan dengan align center yang ada di tab Home. Lalu geser batas penulisan dari Hanging Indent ke angka 3 pada ruler.

  • Langkah selanjutnya adalah memasukkan logo perusahaan atau instansi. Sangat disarankan untuk memasukkan logo berkualitas baik sehingga gambarnya tidak pecah saat dijadikan logo kop surat.
  • Silakan atur ukuran logo hingga sejajar dengan keterangan perusahaan yang ada di sisi kanan. Kemudian klik tab Format, klik Text Wrapping dan ubah menjadi Through. Dengan demikian Anda bisa mengatur posisi logo dengan lebih leluasa.

  • Langkah berikutnya adalah membuat garis kop surat. Caranya klik tombol Enter di akhir deskripsi kop surat. Lalu klik tab Home, klik Borders yang berada di kolom Paragraph dan pilih menu Borders and Shading.

  • Atur border dan shading sesuai kebutuhan. Silakan ikuti contoh di bawah ini jika masih bingung. Jika sudah klik tombol OK.

  • Setelah itu garis akan terbuat secara otomatis.



  • Untuk keluar dari header silakan klik ganda di luar area header. Anda juga bisa klik tab Design dan pilih menu Close Header and Footer. Setelah itu warna kop surat akan berubah menjadi abu-abu. Akan tetapi hal ini bukan masalah. Saat Anda cetak warna kop surat tetap sama seperti saat Anda membuatnya.

Di atas Anda telah mengetahui bagaimana cara membuat kop surat, berikut garis kop surat. Anda bisa mencoba membuat kop surat sendiri dengan cara-cara di atas. Tentu saja tidak harus sama persis. Sebab sekarang bentuk kop surat sangat beragam.

Cara Lain Membuat Garis Kop Surat

Sebagai tambahan, selain cara di atas Anda juga bisa membuat garis kop surat dengan cara klik tab Insert, pilih Shapes dan klik Line. Kemudian tinggal drag di bawah kop surat. Untuk memudahkan Anda jangan lupa tekan tahan tombol Shift sembari drag garis dari kiri ke kanan.

Jika Anda ingin menyesuaikan garis kop surat, silakan klik kanan pada garis yang telah Anda buat dan pilih Format Shape. Menu Format Shape akan muncul dengan beragam pengaturan yang bisa Anda sesuaikan.

Pada Microsoft Word 2016 menu Format Shape muncul di sisi samping. Akan tetapi untuk versi yang lebih lama menu ini muncul berupa jendela baru. Pada menu ini Anda bisa menebalkan garis, mengganti warna, hingga mengubah model garis.

Membuat Kop Surat dengan Template di Word

Jika Anda tidak ingin membuatnya secara manual, Anda bisa memanfaatkan template yang disediakan oleh Microsoft Office. Ada banyak sekali template kop surat yang bisa Anda gunakan. Tentu saja bukan kop surat saja, namun juga berbagai macam dokumen lainnya.



Leave a Comment