Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Cara Membuat Database Di Microsoft Excel


Membuat Database Di Microsoft Excel – Database merupakan salah satu hal yang seakan tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Database dimanfaatkan dalam berbagai pekerjaan, mulai dari bisnis, sekolah, hingga penjualan toko dan dalam pembuatan website caraharian ini juga wajib menggunakan database.

Karena fungsinya yang sangat penting, saat ini ada banyak software yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah database. Di samping itu saat ini cara membuat database juga lebih beragam. Salah satu di antaranya adalah dengan menggunakan Microsoft Excel.



Pada kesempatan ini kami jelaskan bagaimana cara membuat database dengan Microsoft Excel. Akan tetapi sebelum masuk ke materi utama, kita bahas terlebih dahulu seputar database dan Microsoft Excel.

Pengertian dan Manfaat Database

Database adalah kumpulan berbagai data dan informasi yang tersimpan dan tersusun dalam komputer secara sistematik. Basis data ini bisa diperiksa, diolah maupun dimanipulasi dengan memanfaatkan suatu program komputer.

Database biasa digunakan dalam beberapa hal. Termasuk dalam suatu perusahaan berskala besar ataupun kecil. Ada beberapa fungsi dan manfaat database yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah manfaat database:

  1. Menyimpan data penting
  2. Melakukan efisiensi ruang penyimpanan
  3. Memudahkan proses pencarian data yang dibutuhkan
  4. Bisa melihat data dengan jelas
  5. Memperoleh data yang akurat
  6. Sebagai acuan data promo bisnis

Baca juga: Membuat Database Di CMD Windows

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan software yang lazim dijumpai pada komputer perkantoran. Bahkan Excel juga menjadi salah satu syarat bagi pelamar ketika ingin menduduki posisi tertentu pada perusahaan.