Cara Membuat Database Di Microsoft Excel


Membuat Database Di Microsoft Excel – Database merupakan salah satu hal yang seakan tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Database dimanfaatkan dalam berbagai pekerjaan, mulai dari bisnis, sekolah, hingga penjualan toko dan dalam pembuatan website caraharian ini juga wajib menggunakan database.



Karena fungsinya yang sangat penting, saat ini ada banyak software yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah database. Di samping itu saat ini cara membuat database juga lebih beragam. Salah satu di antaranya adalah dengan menggunakan Microsoft Excel.

Pada kesempatan ini kami jelaskan bagaimana cara membuat database dengan Microsoft Excel. Akan tetapi sebelum masuk ke materi utama, kita bahas terlebih dahulu seputar database dan Microsoft Excel.

Pengertian dan Manfaat Database

Database adalah kumpulan berbagai data dan informasi yang tersimpan dan tersusun dalam komputer secara sistematik. Basis data ini bisa diperiksa, diolah maupun dimanipulasi dengan memanfaatkan suatu program komputer.

Database biasa digunakan dalam beberapa hal. Termasuk dalam suatu perusahaan berskala besar ataupun kecil. Ada beberapa fungsi dan manfaat database yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah manfaat database:

  1. Menyimpan data penting
  2. Melakukan efisiensi ruang penyimpanan
  3. Memudahkan proses pencarian data yang dibutuhkan
  4. Bisa melihat data dengan jelas
  5. Memperoleh data yang akurat
  6. Sebagai acuan data promo bisnis

Baca juga: Membuat Database Di CMD Windows

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan software yang lazim dijumpai pada komputer perkantoran. Bahkan Excel juga menjadi salah satu syarat bagi pelamar ketika ingin menduduki posisi tertentu pada perusahaan.



Microsoft Excel adalah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Corporation untuk PC atau laptop yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows maupun Mac OS. Software ini memiliki beberapa nama atau sebutan, di antaranya Microsoft Office Excel, MS. Excel atau sering disebut sebagai Excel saja.

Microsoft Excel mempunyai beragam manfaat, mulai dari mengolah data berupa angka, membuat laporan keuangan, hingga melakukan analisis statistik. Berikut adalah kegunaan Excel:

  • Membuat, menyunting, mengurutkan, meringkas, memformat dan menganalisis data dan grafiknya
  • Membuat anggaran keuangan dan catatan keuangan
  • Melakukan analisis dan riset harga di pasaran
  • Melakukan perhitungan statistik
  • Menghitung dan mengelola investasi, penjualan, pinjaman, inventaris dan lain-lain
  • Membantu sektor bisnis untuk mempermudah menyusun laporan keuangan
  • Membuat daftar nilai siswa atau mahasiswa
  • Konversi nilai mata uang
  • Melakukan penelitian dengan beragam metode penelitian
  • Sarana pembelajaran logika dan komputer
  • Membuat grafik persamaan matematika
  • Membuat program Excel dengan Visual Basic

Selain fungsi-fungsi di atas tentu saja masih ada fungsi lainnya dari Microsoft Excel. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan.



Membuat Database di Microsoft Excel

Kebanyakan orang biasanya memanfaatkan software yang memang khusus dipakai untuk mengolah database. Akan tetapi kita tetap bisa memanfaatkan Microsoft Excel untuk melakukannya. Sebab Microsoft Office atau software pengolah kata atau data lainnya umumnya sudah terinstal pada PC atau laptop baru. Sehingga kita bisa langsung mengeksekusi tanpa perlu menginstal software tambahan lagi.



Leave a Comment