Cara Membuat Voucher Wifi Tanpa Mikrotik


Voucher Wifi Tanpa Mikrotik – WiFi sudah menjadi kebutuhan tak terpisahkan dari kehidupan kaum milenial saat ini. Anda sendiri pasti sudah menyisihkan sejumlah dana untuk membeli paket data ataupun membayar tagihan internet kabel di rumah.

Seiring dengan menjamurnya pengguna internet di sekitar kita, ada satu masalah yang bisa saja menghantui pemilik WiFi. Tidak menutup kemungkinan seseorang ikut terhubung ke WiFi kita. Atau Anda berkeinginan menjadikan WiFi milik Anda sebagai salah satu sumber penghasilan dengan menawarkan voucher WiFi ke orang-orang yang ingin terhubung ke WiFi Anda. Jika demikian maka Anda bisa menggunakan Mikrotik.

Baca juga: Cara Membatasi User Wifi

Mikrotik adalah sebuah router yang berguna untuk mengatur lalu lintas paket data antar komputer. Dengan kata lain Mikrotik digunakan untuk menghubungkan komputer antar jaringan sehingga smartphone, PC, notebook, IoT atau perangkat lainnya bisa terhubung ke internet.

Perangkat ini juga berfungsi untuk membagikan koneksi internet ke perangkat lain yang bisa terhubung ke jaringan. Mikrotik bukanlah perangkat satu-satunya. Ada perangkat lain yang juga mempunyai fungsi serupa, seperti Cisco, Netgear, Ubnt, dan lain sebagainya. Bahkan ada juga WiFi AP yang sudah disematkan fitur serupa.

Mikrotik memiliki banyak sekali fitur. Salah satunya adalah fitur untuk membuat voucher wifi. Sehingga hanya pengguna yang memiliki kode atau ID terdaftar saja yang bisa terhubung ke WiFi.

Hanya saja tidak semua orang memiliki cukup dana untuk membeli Mikrotik. Meski demikian masih ada solusi alternatif. Yakni dengan menggunakan PC atau laptop sebagai pengganti Mikrotik.

Persyaratan

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum Anda mulai mengkonfigurasi PC atau laptop sebagai pengganti router. Berikut beberapa syarat yang bisa Anda catat:

  1. Internet Service Provider atau internet kabel
  2. 1 PC dengan spesifikasi minimal Dualcore 2GB RAM, OS minimal Windows XP, dan 2 LAN Card. Atau notebook yang memiliki WiFi adapter (untuk terhubung ke router WiFi) dan 1 LAN card.
  3. 1 router WiFi tambahan yang nantinya dihubungkan ke PC atau notebook.
  4. Software Cute Hotspot.

Langkah-langkah Konfigurasi

Pertama-tama Anda perlu mengunduh atau mendownload aplikasi Cute Hotspot di situs resminya di http://www.cutehotspot.com/. Kemudian instal software tersebut pada PC atau notebook yang akan kita pakai untuk voucher WiFi.

Perlu dicatat, software Cute Hotspot ini mendukung sistem operasi Windows 7, Windows XP, Windows 2003/2008 Server, Windows Vista, baik versi 32-bit maupun 64-bit.

Di samping itu sesuaikan topologi jaringan Anda seperti gambar berikut ini:

Jika sudah silakan ikuti langkah berikut:

  • Buka Main menu > Setup > Wi-Fi setup Wizard.
  • Pertama-tama pilih LAN card 1 yang berfungsi untuk menghubungkan PC atau notebook dengan internet dan LAN card 2 yang disambungkan ke router WiFi ataupun ke pengguna lainnya.

  • Selanjutnya silakan reset router Anda ke pengaturan default atau bawaan pabrik. Kemudian atur IP Address LAN card yang terhubung ke WiFi router sehingga PC server bisa terhubung ke perangkat tersebut.

  • Jika sudah silakan hubungkan router WiFi ke LAN card 2 PC dengan menggunakan kabel ethernet. Perlu diingat, colokkan kabel pada port LAN di router WiFi Anda, bukan port WAN ataupun internet.

  • Langkah berikutnya silakan ubah mode router WiFi Anda menjadi access point mode. Jika tidak ada opsi ini, Anda bisa menonaktifkan fitur router DHCP.

  • Selanjutnya hidupkan Internet Connection Sharing antara LAN card 1 dan 2.

  • Jika sudah tahap selanjutnya adalah melakukan uji coba dengan menghubungkan WiFi laptop atau perangkat lain ke router WiFi. Setelah terhubung ke WiFi coba akses situs terserah. Apabila konfigurasi dilakukan dengan benar Anda akan dibawa ke halaman login yang mengharuskan Anda untuk memasukkan login dan password. Secara default isian login dan password adalah test untuk keduanya.

Membuat Voucher WiFi dengan Cute Hotspot

Voucher WiFi ini kita gunakan untuk memberikan akses ke pengguna lain. Misalnya Anda menjual voucher tersebut kepada siapa saja yang mau membelinya. Ataupun saat Anda ingin tidak semua orang bisa terhubung ke WiFi Anda.

Dengan software Cute Hotspot Anda bisa membuat banyak voucher WiFi dan menjualnya kepada siapa saja yang ingin menggunakan WiFi Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka tampilan tickets pada Main menu > Setup > Tickets. Kemudian tekan tombol New. Pada jendela Create tickets Anda bisa mengatur berapa lama durasi yang diberikan untuk voucher WiFi. Anda juga bisa mengatur traffic, batasan bandwidth, harga dan lain sebagainya. Silakan Anda atur sesuai kebutuhan.

  • Untuk menjual voucher, silakan pilih salah satu voucher yang ada dalam daftar, kemudian klik tombol Sell ticket. Anda bisa mencetak banyak voucher dalam satu kali cetak pada tampilan ticket (Main menu > Setup > Tickets). Lalu Anda bisa menyimpannya dan memasukkan ID voucher di layar utama ketika Anda menjualnya ke pelanggan.

Cara Login

Saat ada pengguna yang ingin menghubungkan perangkatnya ke WiFi, maka perangkat tersebut akan mendapatkan dynamic IP address baru. Saat pengguna ingin membuka situs tertentu dan belum melakukan proses login, maka Cute Hotspot Server akan mengalihkannya ke halaman login.

Dengan demikian pengguna harus mendapatkan voucher WiFi dengan cara membelinya atau memintanya dari Anda. Pengguna tersebut bisa mengakses internet lewat data login/password yang Anda cetak sebelumnya.

Pada server Cute Hotspot Anda bisa melihat adanya WiFi terminal baru yang terhubung. Di sisi lain pengguna bisa melakukan log off dari sesi info page. Anda juga bisa menghentikan perangkat tertentu yang terhubung ke WiFi lewat server.

Jika penggunaan internet pengguna melebihi batas ketentuan, Cute Hotspot akan memutuskan sesi pengguna tersebut secara otomatis dan memblokir koneksi dari perangkat yang dipakai pengguna tersebut.

Selain beberapa hal di atas, Anda juga bisa melakukan kustomisasi halaman login, info dan buy. Hanya saja untuk melakukan kustomisasi ini Anda harus mengetahui dasar-dasar bahasa pemrograman HTML.

Perlu diketahui, kekurangan dari cara membuat voucher WiFi di atas laptop atau PC yang Anda gunakan sebagai server billing harus menyala selama 24 jam non stop. Tujuannya tidak lain agar pengguna bisa menggunakan WiFi kapanpun mereka inginkan.

Selain software Cute Hotspot juga ada software-software lain yang bisa Anda coba untuk mengubah PC menjadi layaknya Mikrotik. Akan tetapi ada software yang berbayar, sehingga tidak bisa Anda pakai secara cuma-cuma.

Baca juga: Cara Melihat User Wifi Berbagai Modem

Anda bisa memanfaatkan langkah-langkah di atas sebagai bahan pelajaran. Akan tetapi jika ingin menerapkannya pada WiFi yang Anda rencanakan untuk digunakan oleh banyak orang, Anda perlu mempertimbangkannya kembali. Mengingat konsumsi daya listrik PC yang lebih besar dari perangkat Mikrotik.

Di samping itu dengan PC yang menyala selama 24 jam non stop bukan tidak mungkin nantinya ada komponen yang mengalami masalah. Baik karena durasi pemakaian ataupun karena overheat.

Sekian tutorial membuat voucher WiFi tanpa Mikrotik yang bisa kami sampaikan. Silakan praktekkan sendiri di rumah dengan mempersiapkan beberapa hal yang menjadi syarat utama sebelum melakukan konfigurasi.



Loading...

Leave a Comment