Cara Memasang Anonymox Di Google Chrome


Memasang Anonymox Di Chrome – Kebutuhan masyarakat akan internet sudah tidak terpisahkan lagi. Internet membuat kita bisa mengakses berbagai informasi maupun menikmati konten yang tersaji di suatu website atau situs. Tak mengherankan jika internet kabel dan paket data menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari di zaman sekarang.

Akan tetapi tidak semua konten yang tersaji di internet bersifat positif. Ada pula yang negatif. Itulah kenapa pemerintah memberlakukan pemblokiran untuk akses ke situs-situs tertentu yang dinilai tidak baik. Hanya saja terkadang situs yang diblokir sebenarnya banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk tujuan yang baik.

Misalnya saat itu pemerintah sempat memblokir Tumblr, TikTok, Telegram, Netflix dan lain sebagainya. Untuk menyiasati situs yang diblokir oleh pemerintah, pengguna internet biasanya memakai semacam software VPN atau Virtual Private Network agar bisa mengakses situs tersebut.

Saat ini ada banyak sekali software VPN yang bisa digunakan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Salah satu di antaranya adalah Anonymox. Pada kesempatan kali ini kami jelaskan lebih lanjut mengenai Anonymox dan bagaimana cara instalasinya.

Apa itu Anonymox?

Anonymox adalah sebuah ekstensi atau pengaya tambahan yang dibuat untuk web browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Dengan ekstensi ini pengguna bisa memakai VPN yang memungkinkan mereka untuk mengakses situs-situs yang diblokir oleh pemerintah.

Anonymox dapat mengubah IP dari perangkat Anda dengan mudah. Tidak hanya itu, masih ada fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh ekstensi ini, antara lain:

  1. Membuka web yang diblokir oleh pemerintah
  2. Mengganti IP dengan mudah tanpa batasan
  3. Menyamarkan identitas pengguna saat mengakses internet
  4. Server negara yang tersedia cukup banyak
  5. Menghapus cookies browser secara otomatis

Pemasangan dan pengoperasian Anonymox terbilang mudah. Tidak hanya itu, Anonymox juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Fitur Anonymox Premium

Anonymox Premium menawarkan beberapa fitur tambahan yang tak ada pada versi gratis, di antaranya:

  1. Traffic tak terbatas
  2. Kecepatan download hingga 16,384 Kbit/s
  3. Lapisan enkripsi tambahan
  4. Tanpa iklan dari Anonymox, dan lain-lain

Biaya berlangganan Anonymox berbeda-beda tergantung durasinya. Untuk satu bulan dikenakan biaya $5.89, sementara untuk tiga bulan mencapai $17.32. Dan untuk tahunan dikenakan $67.15.

Baca juga: Cara Memasang IDM Di Chrome

Cara Memasang Anonymox di Google Chrome

Berikutnya kita bahas bagaimana cara memasang Anonymox di Google Chrome. Ada beberapa tahap yang perlu Anda ikuti. Berikut kami jelaskan selengkapnya:

  • Buka web Chrome Anda dan kunjungi https://chrome.google.com/webstore/detail/Anonymox/icpklikeghomkemdellmmkoifgfbakio/RK%3D2/RS%3D.JCD4rX2BoWy0phH.EbthiyvOhQ-.
  • Setelah itu silakan klik tombol Add to Chrome atau Tambahkan ke Chrome untuk menambahkan ekstensi Anonymox ke browser Chrome Anda.

  • Akan muncul kotak dialog konfirmasi beserta keterangan mengenai apa saja yang dapat diakses ekstensi dari browser Anda. Silakan klik tombol Tambahkan ekstensi.

  • Tunggu proses download dan instalasi sampai selesai. Jika berhasil ikon ekstensi Anonymox akan muncul di samping kanan address bar. Untuk mengaktifkan silakan klik ikon Anonymox dan klik toggle switch yang ada di sisi bawah hingga muncul status On.

Cara  Memasang Anonymox di Mozilla Firefox

Di atas sudah kita bahas bagaimana cara memasang ekstensi Anonymox di Chrome. Selanjutnya kita pelajari bagaimana cara menginstal ekstensi ini di browser Firefox. Langkahnya tidak terlalu berbeda dengan cara di atas. Lebih jelasnya berikut tahap-tahap memasang Anonymox di Firefox:

  • Buka browser Mozilla Firefox yang terinstal pada PC Anda.
  • Silakan kunjungi https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/anonymox/ untuk mengunduh ekstensi Anonymox di Firefox.
  • Setelah web terbuka, silakan klik tombol Add to Firefox atau Tambahkan ke Firefox.

  • Kotak dialog konfirmasi pemasangan ekstensi akan muncul. Di dalamnya juga terdapat apa saja izin yang diminta ekstensi Anonymox dari pengguna. Silakan klik tombol Tambahkan.

  • Tunggu proses download dan pemasangan sampai selesai.
  • Jika muncul kotak dialog di sebelah kanan atas, silakan langsung klik tombol Oke, paham.

  • Proses pemasangan ekstensi Anonymox pada Firefox telah selesai. Anda dapat melihat ikon ini di sisi kanan atas.

Cara Menggunakan Anonymox di Chrome

Menggunakan Anonymox di browser Google Chrome tidaklah sulit. Berikut adalah cara menggunakannya yang bisa Anda coba sendiri:

  1. Tekan ikon X untuk membuka menu Anonymox.
  2. Klik slider hingga statusnya berubah menjadi On yang menandakan ekstensi Anonymox telah aktif.
  3. Pada menu Country Anda bisa memilih negara tujuan. Ada beberapa opsi yang tersedia, seperti United States, United Kingdom, Netherland dan All. Silakan pilih salah satu.
  4. Untuk mengubah IP Address Anda, silakan pilih salah satu opsi pada menu Identity dan klik tombol Change Identity.

Cara Menggunakan Anonymox di Firefox

Cara menggunakan Anonymox di Firefox tidak terlalu berbeda, hanya tampilannya saja yang tidak sama. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Klik ikon X untuk membuka menu Anonymox.

  • Klik slider atau toggle switch untuk mengaktifkan ekstensi Anonymox yang ditandai dengan status Active.

  • Pada menu dropdown di bawah slider terdapat beberapa pilihan negara yang bisa digunakan. Silakan pilih salah satu saja.

  • Sesudah memilih negara Anda juga perlu memilih IP Address dari daftar Identities. Ada beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan. Silakan klik salah satu.

  • Setelah itu Anonymox otomatis terhubung ke IP negara yang Anda pilih. Anda tinggal browsing atau mengakses situs yang terblokir.

Cara Menghapus Anonymox di Chrome

Untuk menghapus ekstensi Anonymox ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Di bawah ini kami jelaskan lebih lanjut:

  1. Klik tombol 3 titik vertikal yang ada di sisi kanan atas browser.
  2. Pilih menu More tools (fitur lainnya) dan klik menu Extension.
  3. Anda akan dibawa ke halaman ekstensi Chrome. Pada ekstensi Anonymox silakan klik tombol Remove (hapus).
  4. Muncul kotak dialog konfirmasi penghapusan ekstensi. Silakan klik tombol Remove atau hapus.

Cara Menghapus Anonymox di Firefox

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menghapus ekstensi Anonymox di Mozilla Firefox. Silakan ikuti langkah berikut satu demi satu:

  1. Klik menu Firefox yang ada di sisi kanan atas browser.
  2. Selanjutnya klik menu Add-ons. Anda juga bisa menggunakan shortcut Ctrl + Shift + A.
  3. Setelah halaman Add-ons terbuka, silakan klik kategori Extensions.
  4. Cari ekstensi Anonymox dan klik tombol 3 titik yang ada di sebelah kanan ekstensi.
  5. Pilih opsi Remove atau hapus.
  6. Akan muncul kotak dialog konfirmasi penghapusan Anonymox dari Firefox. Silakan klik tombol Remove.

Baca juga: Cara Mengatur Posisi Gambar Di HTML

Demikian tutorial lengkap memasang, menggunakan hingga menghapus ekstensi Anonymox untuk web browser PC. Semoga informasi yang kami jelaskan di atas bisa dipahami dengan mudah sehingga Anda bisa mempraktekkan cara-cara di atas tanpa kendala. Jika ada kendala pastikan web browser Anda telah terupdate ke versi baru. Atau Anda bisa mencoba menghapus dan menginstal ekstensi kembali.

Selain ekstensi di atas ada banyak opsi lain yang bisa Anda coba untuk mengakses situs yang terblokir. Akan tetapi jangan lupa untuk memastikan bahwa software atau ekstensi yang Anda gunakan aman dan tidak membahayakan data pribadi Anda.



Loading...

Leave a Comment