Cara Membuat Database Di CMD Windows


Membuat Database Di CMD – Dalam beberapa tugas kita bisa berhadapan dengan database. Database ini bisa dibuat dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan CMD Windows.

Dengan memanfaatkan Command Prompt Windows kita bisa membuat, mengisi, mengubah, hingga menghapus database. Akan tetapi tentu saja sebelumnya PC kita sudah harus terinstal aplikasi XAMPP. Sebelum masuk pembahasan utama kita bahas terlebih dahulu seputar database.

Pengertian Database

Database atau dalam bahasa Indonesia basis data adalah kumpulan data-data yang disimpan dan tersusun dalam komputer secara sistematik yang bisa diperiksa dan diolah dengan menggunakan software tertentu.

Secara sederhana database adalah kumpulan data-data yang tersimpan dalam komputer dan dapat dilihat ataupun diedit dengan menggunakan program komputer. Sesuai dengan namanya, database terdiri dari dua kata, yakni data dan base.

Data adalah representasi fakta di dunia nyata. Sedangkan base adalah tempat penyimpanan dari kumpulan data.

Jenis Software Pengelola Database

Ada beberapa software yang bisa kita manfaatkan untuk mengelola database. Software ini biasa dikenal dengan istilah DataBase Management System (DBMS). Berikut adalah beberapa software pengelola database yang lazim digunakan:

  1. Oracle.
  2. MySQL.
  3. SQL Server.
  4. PostgreSQL.
  5. MonggoDB 

DBMS di atas dibuat dengan bahasa pemrograman yang sama, yakni SQL. Akan tetapi juga ada software DBMS yang tidak memakai bahasa pemrograman SQL untuk mengelola database. Jika menggunakan DMBS dengan SQL, syntax-syntax yang digunakan bisa dimanfaatkan di berbagai DBMS yang berbeda.

Contohnya jika kita membuat database di MySQL dengan syntax SQL, maka syntax-syntax tersebut juga bisa diaplikasikan pada DBMS lain, misalnya SQL Server. Sebab keduanya menggunakan bahasa pemrograman SQL untuk mengolah database.

Jenis DBMS

Setidaknya ada empat jenis DataBase Management System yang biasa digunakan. Antara lain Relational DBMS, Hierarchical DBMS, Network DBMS dan NoSQL DBMS. Dari keempat jenis ini kita bahas Relational DataBase Management System (RDBMS) sebagai gambaran.

RDBMS adalah program yang melayani sistem basis data dengan entitas utama yang terdiri dari tabel-tabel yang memiliki relasi dari satu tabel ke tabel lain. Suatu database umumnya terdiri dari banyak tabel di dalamnya.

Di dalam tabel isinya memuat banyak field. Sedangkan field adalah kolom dari tabel itu sendiri. Lalu isi setiap baris pada field dinamakan dengan istilah record.

Untuk membuat suatu sistem database yang terintegrasi, antara satu tabel dengan tabel lain harus memiliki relasi atau hubungan. Sehingga setiap tabel harus memiliki suatu primary key. Selanjutnya primary key ini dihubungkan dengan tabel kedua dan menjadi foreign key untuk tabel kedua.

Dengan memanfaatkan relasi database, data akan disimpan secara konsisten di suatu tabel. Lalu jika tabel lain memerlukan datanya tinggal dihubungkan lewat foreign key.

Ada banyak relasi dalam database. Antara lain one-to-one, one-to-many dan many-to-many.

Baca juga: Cara Membuat Database Di Excel

Cara Membuat Database di CMD

Ketika ingin membuat database, maka pilihannya ada dua. Yakni membuatnya lewat tools Graphical User Interface (GUI) atau lewat Command Prompt (CMD). Sesuai dengan judul di atas, pada tutorial ini kami jelaskan membuat database lewat CMD.

Membuat database lewat Command Prompt sebenarnya tidak sulit. Akan tetapi kita perlu menghafal perintah-perintah di CMD dan syntax SQL untuk menambah, mengakses dan memodifikasi database. Supaya lebih jelas berikut tahap membuat database di CMD Windows.

  • Pertama-tama jalankan MySQL yang sudah diinstal pada PC. Cara menjalankan program ini terbagi dalam dua macam, yakni lewat XAMPP-Control atau lewat CMD. 
  • Jika memakai CMD, kita buka program tersebut dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan untuk memunculkan menu Run. Lalu pada isian silakan ketik CMD dan tekan Enter.

  • Setelah CMD muncul, silahkan ketikkan path di mana mysqld.exe berada. Misalnya program ini berada pada C:\xampp\mysqbin\mysqld.exe, maka ketikkan path tersebut dan tekan Enter.

  • Program akan memulai MySQL.

Membuat Database

  • Untuk membuat database, abaikan CMD sebelumnya dan kita buka CMD baru seperti langkah di atas. Ingat, jangan close atau tutup CMD sebelumnya.
  • Berikutnya kita akses MySQL sebagai “root” dengan mengetikkan perintah mysql u root dan diakhiri dengan menekan Enter.

  • Lalu ketikkan perintah CREATE DATABASE; diikuti dengan nama database yang diinginkan. Misalnya kita buat database nama_database dengan perintah CREATE DATABASE nama_database;.
  • Jika muncul informasi Query OK…, artinya database telah selesai dibuat. Untuk mengeceknya kita bisa memakai perintah SHOW DATABASES; dan tekan tombol Enter.

  • Maka akan terlihat database baru yang sudah kita buat.

Membuat Tabel Database

Di atas adalah cara membuat database lewat CMD. Lalu bagaimana cara membuat tabel database di CMD? Untuk menjawab pertanyaan tersebut silakan ikuti langkah berikut:

  • Pada CMD kedua, ketikkan perintah use (nama database); dan tekan enter. Misalnya kita ketikkan perintah use nama_database;. Akan muncul informasi Database changed yang artinya database baru saja mengalami perubahan. Perlu dicatat, perintah USE digunakan untuk memilih database yang akan dibuka. Di samping itu untuk memodifikasi tabel database kita harus memilih database tempat untuk menyimpan tabel.

  • Selanjutnya ketikkan perintah membuat tabel CREATE TABLE users ( user_id int, username varchar(200), password varchar(200), email varchar(200), PRIMARY KEY (user_id) ); dan diakhiri dengan tekan Enter.

Perintah di atas memerintahkan MySQL untuk membuat tabel dengan nama users dan memuat kolom:

  • user_id dengan tipe data integer
  • Username
  • Password
  • Email, yang menggunakan tipe data varchar dan memiliki panjang maksimal 200 karakter.
  • user_id sebagai Primary Key.

Untuk melihat tabel yang sudah kita buat, kita bisa gunakan perintah SHOW TABLES; dan tekan enter. Maka akan muncul gambar seperti berikut.

Itu artinya gambar sudah berhasil dibuat.

Jika ingin memasukkan data dalam tabel, kita bisa menggunakan beberapa syntax. Misalnya untuk memasukkan data ke suatu tabel kita gunakan perintah insert into.

Sedangkan untuk menampilkan seluruh data yang ada dalam tabel kita bisa gunakan perintah select * from (nama tabel). Contohnya select * from users.

Kita juga bisa menampilkan beberapa data saja yang ada dalam suatu tabel. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah select (nama data).

Contohnya select nama, sekolah from contoh. Artinya data yang ditampilkan hanya data dari nama dan sekolah saja dari tabel contoh. Lantas bagaimana cara mengubah atau update data dalam tabel?

Caranya adalah dengan perintah update. Misalnya contoh set hobi = ‘Membaca’ where id = ‘2’.

Lalu untuk menghapus kita bisa gunakan perintah delete dan drop. Perintah delete digunakan untuk menghapus data isi tabel. Sedangkan drop untuk menghapus tabel.

Baca juga: Materi Kuliah Sistem Basis Data

Demikian cara membuat database di CMD Windows yang bisa kami bahas. Cara-cara di atas merupakan cara sederhana atau dasar dalam membuat database lewat CMD. Anda bisa mengembangkan pembuatan database sesuai dengan kebutuhan. Atau Anda bisa memanfaatkan versi GUI untuk membuat database agar lebih mudah. 



Loading...

Leave a Comment