Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Cara Membuat Database Di CMD Windows


Membuat Database Di CMD – Dalam beberapa tugas kita bisa berhadapan dengan database. Database ini bisa dibuat dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan CMD Windows.

Dengan memanfaatkan Command Prompt Windows kita bisa membuat, mengisi, mengubah, hingga menghapus database. Akan tetapi tentu saja sebelumnya PC kita sudah harus terinstal aplikasi XAMPP. Sebelum masuk pembahasan utama kita bahas terlebih dahulu seputar database.



Pengertian Database

Database atau dalam bahasa Indonesia basis data adalah kumpulan data-data yang disimpan dan tersusun dalam komputer secara sistematik yang bisa diperiksa dan diolah dengan menggunakan software tertentu.

Secara sederhana database adalah kumpulan data-data yang tersimpan dalam komputer dan dapat dilihat ataupun diedit dengan menggunakan program komputer. Sesuai dengan namanya, database terdiri dari dua kata, yakni data dan base.

Data adalah representasi fakta di dunia nyata. Sedangkan base adalah tempat penyimpanan dari kumpulan data.

Jenis Software Pengelola Database

Ada beberapa software yang bisa kita manfaatkan untuk mengelola database. Software ini biasa dikenal dengan istilah DataBase Management System (DBMS). Berikut adalah beberapa software pengelola database yang lazim digunakan:

  1. Oracle.
  2. MySQL.
  3. SQL Server.
  4. PostgreSQL.
  5. MonggoDB 

DBMS di atas dibuat dengan bahasa pemrograman yang sama, yakni SQL. Akan tetapi juga ada software DBMS yang tidak memakai bahasa pemrograman SQL untuk mengelola database. Jika menggunakan DMBS dengan SQL, syntax-syntax yang digunakan bisa dimanfaatkan di berbagai DBMS yang berbeda.