Cara Reset Mikrotik Dengan Netinstall Dan Winbox


Reset Mikrotik Dengan Netinstall Dan Winbox – Dalam dunia jaringan kita mengenal sebuah sistem operasi yang bernama MikroTik. Anda mungkin juga sudah tidak asing dengan OS yang satu ini.

Biasanya Mikrotik ini digunakan dalam sebuah jaringan komputer. Dengan bantuan Mikrotik kita bisa melakukan banyak hal yang berhubungan dengan jaringan. Maka dari itu banyak sekali yang membutuhkannya dalam konfigurasi jaringan.

Hanya saja karena suatu hal kita perlu melakukan reset pada Mikrotik. Hal ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni lewat Winbox dan Netinstall. Pada kesempatan ini kami akan membahas bagaimana cara melakukan reset pada Mikrotik. Akan tetapi terlebih dahulu kita bahas apa itu Mikrotik secara singkat.

Apa itu Mikrotik?

Mikrotik adalah sebuah sistem operasi berbasis UNIX yang dipakai untuk network router. Dengan sistem operasi tersebut pengguna bisa menjadikan PC menjadi sebuah router network dengan beragam fungsi. Maka dari itu sistem operasi ini bisa dimanfaatkan untuk menangani administrasi jaringan komputer. Seperti membangun sistem jaringan komputer.

Baca juga: Cara Setting Voucher Wifi

Jenis Mikrotik

Mikrotik ditawarkan kepada pengguna dalam dua macam, yakni Mikrotik RouterOS dan RouterBoard. Berikut caraharian jelaskan secara singkat keduanya.

Mikrotik RouterOS

Sesuai dengan namanya, Mikrotik RouterOS merupakan sistem operasi yang dibuat secara khusus sehingga bisa membuat komputer menjadi layaknya router, firewall, hotspot, proxy server, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan. OS ini tebilang mudah untuk digunakan, sehingga banyak diandalkan oleh teknisi jaringan dalam membangun router.

RouterBoard

Berbeda dengan yang sebelumnya, RouterBoard merupakan sebuah perangkat keras jaringan yang dikembangkan oleh perusahaan Mikrotik. RouterBoard ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Mikrotik RouterOS sehingga pengguna bisa langsung menggunakannya. Yang menarik dari perangkat ini adalah ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga bisa dibawa ke mana saja dengan mudah.

Tidak jarang ada yang kebingungan dalam membedakan router dan Mikrotik RouterBoard. Untuk diketahui, pada dasarnya keduanya sama. Hanya saja router adalah nama alatnya. Sedangkan Mikrotik adalah nama brand yang menjual router.

Reset Mikrotik dengan Winbox

Sebelum memulai proses reset jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Winbox. Anda bisa mengunduhnya di situs resmi Mikrotik secara gratis. Tentu saja Anda membutuhkan koneksi internet untuk mengunduhnya.

Jika sudah maka Anda sudah siap untuk lanjut ke tahap berikutnya. Berikut adalah tutorial untuk reset mikrotik dengan Winbox:

  • Remote Mikrotik yang anda gunakan dengan Winbox.
  • Arahkan kursor pada panel Winbox sebelah kiri, lalu klik “System”.

  • Kemudian arahkan ke bawah dan pilih “Reset Configuration”.
  • Kotak dialog baru akan muncul. Langsung saja klik lagi opsi “Reset Configuration” pada jendela yang muncul di layar anda.
  • Ketika muncul jendela pertanyaan apakah benar kita akan mereset, pilih Y (Yes).

Tidak berselang lama, mikrotik yang anda gunakan akan langsung melakukan proses reset konfigurasi dan mengembalikan konfigurasi dalam keadaan default atau konfigurasi bawaan. Nantinya port ethe2 biasanya akan menjadi DHCP dengan IP address 192.168.88.1/24.

Dalam beberapa kasus konfigurasi default tersebut bisa mengganggu konfigurasi yang ditetapkan oleh pengguna. Jika Anda mengalami masalah dikarenakan konfigurasi default tersebut, Anda bisa menghapusnya.

Tidak berselang lama, mikrotik yang anda gunakan akan langsung melakukan proses reset konfigurasi dan mengembalikan konfigurasi dalam keadaan default atau konfigurasi bawaan. Nantinya port ethe2 biasanya akan menjadi DHCP dengan IP address 192.168.88.1/24.

Dalam beberapa kasus konfigurasi default tersebut bisa mengganggu konfigurasi yang ditetapkan oleh pengguna. Jika Anda mengalami masalah dikarenakan konfigurasi default tersebut, Anda bisa menghapusnya.

Caranya setelah masuk Winbox Mikrotik pertama kali sesudah Anda melakukan reset, maka akan muncul sebuah kotak dialog. Ada tiga tombol yang bisa dipilih. Silakan klik Remove Configuration.

Reset Mikrotik dengan Netinstall

Selain Winbox, konfigurasi pada Mikrotik juga dapat diubah lewat aplikasi bernama Netinstall. Aplikasi ini berjalan pada sistem operasi berbasis Windows. Dengan Netinstall pengguna bisa melakukan instalasi Mikrotik RouterOS lewat jaringan ethernet ke RouterBoard RB750/RB751.

Cara ini berguna jika Anda ingin melakukan instal ulang OS RouterBoard atau saat Anda lupa password. Syaratnya perangkat Mikrotik yang Anda gunakan harus memiliki dukungan untuk booting lewat ethernet dan harus dihubungkan langsung ke PC yang sudah terpasang software Netinstall.

Untuk diketahui, pada dasarnya seluruh RouterBoard Mikrotik sudah memiliki dukungan PXE network booting. Untuk beberapa tipe, Anda bisa melakukan PXE booting mode dengan menekan tombol reset. Atau Anda bisa membaca buku manual dan tutorial di internet untuk masuk ke PXE booting mode.

Sebelum instalasi, persiapkan hal-hal yang dibutuhkan seperti PC atau laptop yang memiliki ethernet card, file .npk sesuai dengan RouterBoard yang dipakai, serta aplikasi Netinstall yang bisa diunduh di situs resmi Mikrotik. Software ini portabel, artinya Anda tidak perlu melakukan instalasi terlebih dahulu. Biasanya software tersebut dibuat dalam bentuk .zip dan hanya perlu diekstrak saja untuk bisa menjalankannya.

Jika sudah siap, silakan simak panduan di bawah ini untuk melakukan reset:

  • Hubungkan kabel dari komputer ke port 1 pada perangkat Mikrotik Anda. Setelah itu hidupkan perangkat tersebut.
  • Jangan lupa ganti alamat IP PC atau notebook menjadi statik, lalu tentukan IP PC Anda. Misalnya 192.168.88.2.

  • Selanjutnya buka aplikasi Netinstall.
  • Klik menu Net Booting dan centang opsi Boot Server enabled pada kotak dialog Network Booting Settings.
  • Silakan isi Client IP Address dengan alamat IP yang masih satu kelas dengan PC. Misalnya 192.168.88.1. Jika sudah klik tombol OK.

  • Tekan dan tahan tombol reset pada Mikrotik, lalu nyalakan kembali Mikrotik Anda. Dalam posisi tombol reset masih ditahan, tunggu Mikrotik hingga muncul pada kolom Routers/Drives yang ada pada aplikasi Netinstall.
  • Jika sudah muncul, klik tombol Browse dan cari file .npk yang Anda siapkan sebelumnya.
  • Karena pada langkah ini kita ingin melakukan reset, maka silakan hilangkan centang pada opsi Keep old configuration.
  • Jika sudah klik tombol Install.
  • Tunggu proses sampai selesai.

Baca juga: Cara Melihat Mac Address Wifi

Reset Mikrotik Manual

  • Lepaskan seluruh kabel UTP yang terhubung dengan port ethernet pada RouterBoard Mikrotik.
  • Lepaskan kabel power Mikrotik sehingga perangkat tersebut dalam keadaan off.
  • Selanjutnya gunakan alat seperti jarum, balpoin, atau alat lain yang bisa digunakan untuk menekan tombol reset pada perangkat Mikrotik.
  • Silakan tekan dan tahan tombol reset tersebut. Kemudian hubungkan kabel power ke Mikrotik. Ingat, jangan lepaskan tombol reset yang Anda tahan.
  • Lampu LED Mikrotik akan berkedip selama beberapa kali sebelum akhirnya padam.
  • Sesudah lampu LED ACT padam, Anda belum boleh melepas tombol reset. Tunggu sampai semua lampu LED menyala sebentar dan padam.
  • Silakan tunggu sekitar 20-40 detik hingga seluruh lampu LED ethernet menyala.
  • Apabila lampu LED sudah menyala dan padam, lepaskan kabel power Mikrotik.
  • Hubungkan kembali kabel power untuk menghidupkan routerboard. Proses reset sudah selesai.


Loading...

Leave a Comment