Cara Reset Mikrotik Dengan Netinstall Dan Winbox


Reset Mikrotik Dengan Netinstall Dan Winbox – Dalam dunia jaringan kita mengenal sebuah sistem operasi yang bernama MikroTik. Anda mungkin juga sudah tidak asing dengan OS yang satu ini.



Biasanya Mikrotik ini digunakan dalam sebuah jaringan komputer. Dengan bantuan Mikrotik kita bisa melakukan banyak hal yang berhubungan dengan jaringan. Maka dari itu banyak sekali yang membutuhkannya dalam konfigurasi jaringan.

Hanya saja karena suatu hal kita perlu melakukan reset pada Mikrotik. Hal ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni lewat Winbox dan Netinstall. Pada kesempatan ini kami akan membahas bagaimana cara melakukan reset pada Mikrotik. Akan tetapi terlebih dahulu kita bahas apa itu Mikrotik secara singkat.

Apa itu Mikrotik?

Mikrotik adalah sebuah sistem operasi berbasis UNIX yang dipakai untuk network router. Dengan sistem operasi tersebut pengguna bisa menjadikan PC menjadi sebuah router network dengan beragam fungsi. Maka dari itu sistem operasi ini bisa dimanfaatkan untuk menangani administrasi jaringan komputer. Seperti membangun sistem jaringan komputer.

Baca juga: Cara Setting Voucher Wifi

Jenis Mikrotik

Mikrotik ditawarkan kepada pengguna dalam dua macam, yakni Mikrotik RouterOS dan RouterBoard. Berikut caraharian jelaskan secara singkat keduanya.

Mikrotik RouterOS

Sesuai dengan namanya, Mikrotik RouterOS merupakan sistem operasi yang dibuat secara khusus sehingga bisa membuat komputer menjadi layaknya router, firewall, hotspot, proxy server, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan. OS ini tebilang mudah untuk digunakan, sehingga banyak diandalkan oleh teknisi jaringan dalam membangun router.



RouterBoard

Berbeda dengan yang sebelumnya, RouterBoard merupakan sebuah perangkat keras jaringan yang dikembangkan oleh perusahaan Mikrotik. RouterBoard ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Mikrotik RouterOS sehingga pengguna bisa langsung menggunakannya. Yang menarik dari perangkat ini adalah ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga bisa dibawa ke mana saja dengan mudah.

Tidak jarang ada yang kebingungan dalam membedakan router dan Mikrotik RouterBoard. Untuk diketahui, pada dasarnya keduanya sama. Hanya saja router adalah nama alatnya. Sedangkan Mikrotik adalah nama brand yang menjual router.

Reset Mikrotik dengan Winbox



Sebelum memulai proses reset jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Winbox. Anda bisa mengunduhnya di situs resmi Mikrotik secara gratis. Tentu saja Anda membutuhkan koneksi internet untuk mengunduhnya.

Jika sudah maka Anda sudah siap untuk lanjut ke tahap berikutnya. Berikut adalah tutorial untuk reset mikrotik dengan Winbox:

  • Remote Mikrotik yang anda gunakan dengan Winbox.
  • Arahkan kursor pada panel Winbox sebelah kiri, lalu klik “System”.

  • Kemudian arahkan ke bawah dan pilih “Reset Configuration”.
  • Kotak dialog baru akan muncul. Langsung saja klik lagi opsi “Reset Configuration” pada jendela yang muncul di layar anda.
  • Ketika muncul jendela pertanyaan apakah benar kita akan mereset, pilih Y (Yes).

Tidak berselang lama, mikrotik yang anda gunakan akan langsung melakukan proses reset konfigurasi dan mengembalikan konfigurasi dalam keadaan default atau konfigurasi bawaan. Nantinya port ethe2 biasanya akan menjadi DHCP dengan IP address 192.168.88.1/24.





Leave a Comment