Menggunakan Audacity Untuk Menggabungkan Lagu


Cara Menggabungkan Lagu Dengan Audacity – Anda pasti sudah sangat familiar dengan lagu atau musik. Mungkin setiap hari Anda sering mendengarkan lagu sembari beraktivitas. Apalagi jika Anda memang berkecimpung dalam dunia kerja yang erat kaitannya dengan lagu. Misalnya content creator seperti YouTuber, TikToker, Instagramer, atau bekerja di bidang advertising, dan lain sebagainya.



Jika diamati, beberapa konten di YouTube umumnya menggabungkan beberapa lagu menjadi satu. Atau lagu dipotong dan digabungkan dengan bagian lain sehingga lebih singkat dan pas dengan video yang ditampilkan. Hal ini bisa saja dilakukan dengan bantuan software khusus untuk edit musik.

Ada banyak sekali opsi yang bisa Anda pakai untuk mengedit file suara. Salah satu di antaranya adalah Audacity. Bisa dibilang aplikasi ini banyak digunakan oleh para creator di luar sana. Bukan tanpa alasan, Audacity merupakan salah satu program gratis yang ditujukan untuk mengedit file audio. Meskipun gratis, fitur yang ditawarkan tergolong banyak dan bermanfaat. Sehingga Anda bisa menghasilkan audio yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Cara Membuat Subtitle Video

Ada cukup banyak kemampuan yang ditawarkan oleh Audacity. Mulai dari memotong dan menggabungkan file audio, melakukan perekaman suara, mengubah format file audio, mengatur tempo audio, dan lain sebagainya.

Akan tetapi pada kesempatan kali ini kami bahas bagaimana cara menggabungkan lagu dengan aplikasi edit audio ini. Kita bahas dari yang paling awal terlebih dahulu, yakni instalasi software.

Mengunduh dan Melakukan Instalasi

Yang perlu kita lakukan pertama-tama adalah mendownload dan menginstal software Audacity. Caranya tidak sulit, cukup buka situs resminya saja untuk mengunduh dan selanjutnya menjalankan file instalasi. Untuk diketahui, Audacity saat ini tersedia untuk sistem operasi Windows, MacOS, dan juga Linux. Berikut tahapan selengkapnya yang bisa Anda ikuti:



  • Buka audacityteam.org pada browser Anda.
  • Lalu klik tombol Download Audacity.

  • Anda akan dibawa ke jendela baru. Silakan pilih software yang sesuai dengan sistem operasi pada perangkat Anda.

  • Tunggu proses mengunduh sampai selesai. Jika sudah silakan jalankan software tersebut.
  • Anda akan melihat tampilan awal dari instalasi Audacity. Silakan ikuti instruksi sampai selesai.

Menggabungkan Audio Lewat Audacity

Setelah proses instalasi selesai, maka software sudah bisa kita gunakan sesuai kebutuhan. Pada tutorial berikutnya kami tunjukkan kepada Anda bagaimana cara menggabungkan audio dengan bantuan aplikasi Audacity. Sebenarnya prinsipnya sederhana, Anda hanya perlu memasukkan file audio ke aplikasi, lalu ditambah dengan file audio lainnya. Atau Anda juga bisa menyesuaikan audio pertama terlebih dahulu baru disisipkan file audio lainnya.





Leave a Comment