Cara Memasang Idm Di Chrome Dengan Mudah


Memasang Idm Di Chrome – Internet menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Internet berguna untuk banyak hal. Mulai dari untuk mencari informasi, melihat peristiwa terkini lewat media sosial atau portal berita, melakukan streaming video atau audio, untuk memudahkan pekerjaan dan masih banyak manfaat lainnya.



Tak jarang sebagian orang rutin mengunduh dari internet. Entah download video, gambar, software, dokumen atau konten-konten lainnya. Semua web browser yang lazim digunakan saat ini sudah mendukung kemampuan untuk melakukan proses download atau unduh. Tak terkecuali Google Chrome.

Akan tetapi biasanya web browser tersebut hanya dilengkapi fungsi dasar yang benar-benar terbatas untuk proses download. Selain itu juga tidak sedikit yang merasa download langsung dengan Chrome cukup lambat. Sehingga banyak yang memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Salah satu yang populer adalah Internet Download Manager (IDM).

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara memasang IDM di Google Chrome? Pada artikel ini kami berikan tutorial untuk menjawab pertanyaan tersebut. Akan tetapi sebelumnya kita bahas terlebih dahulu apa itu Internet Download Manager.

Baca juga: Cara Memasang Anonymox Di Chrome

Sekilas Tentang IDM

Internet Download Manager adalah software download manager yang dibuat oleh Tonec, Inc. Perusahaan asal New York City, Amerika Serikat itu membuat software ini khusus untuk PC dengan sistem operasi Windows.

Hanya saja software IDM ini berbayar. Anda perlu mengeluarkan dana mulai Rp 173 ribuan untuk membeli lisensi Internet Download Manager dengan durasi satu tahun untuk 1 komputer. Jika ingin mencobanya, tersedia versi trial dengan durasi 30 hari yang dapat Anda unduh secara gratis.



Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh software ini. IDM dapat menggunakan bandwidth secara penuh sehingga membuat kecepatan download menjadi lebih tinggi. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukainya.

Selain itu IDM juga dapat menyimpan link download yang belum selesai. Sehingga pengguna bisa melanjutkan proses download tersebut di kemudian hari. Dengan demikian Anda tidak perlu kembali mendownload dari awal lagi.

Internet Download Manager juga mendukung berbagai server proxy. Mulai dari protokol HTTP, FTP, Firewall dan lain-lain. Di samping itu software IDM juga tergolong ringan dan bisa bekerja di beberapa web browser dengan baik. Mulai dari Chrome, Firefox, Opera dan lain-lain.

Cara Mengaktifkan IDM di Chrome

Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan ekstensi IDM di Google Chrome. Sebelumnya pastikan bahwa Anda sudah menginstall aplikasi IDM terlebih dahulu. Jika sudah berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktekkan:



  • Buka Google Chrome. Setelah terbuka klik menu di pojok kanan atas dengan logo tiga titik vertikal, pilih More tools dan klik Extension.

  • Anda akan dibawa ke halaman ekstensi Chrome. Di sana Anda akan melihat beberapa ekstensi yang telah terpasang pada browser Chrome.

  • Minimize Google Chrome, kemudian buka Windows Explorer. Buka folder di mana IDM terinstal. Secara default program IDM terinstal di C:\Program Files\Internet Download Manager.

  • Dalam folder Internet Download Manager, cari file dengan nama IDMGCExt.crx.

  • Silakan buka lagi Chrome yang sebelumnya di-minimize, kemudian posisikan Chrome di samping Windows Explorer.
  • Klik dan tahan file IDMGCExt.crx dan geser atau drag ke halaman ekstensi Google Chrome.



  • Setelah itu klik Continue jika muncul notifikasi di bagian bawah Chrome. Dengan begitu ekstensi baru IDM Integration Module akan terpasang. Untuk mengaktifkan silakan klik toggle switch yang ada di sisi kanan bawah ekstensi IDM Integration Module. Nantinya tombol tersebut akan berubah warna menjadi biru yang menandakan ekstensi telah aktif.



Leave a Comment