Cara Membuat Barcode Lokasi Dengan Mudah


Membuat Barcode Lokasi – Sebelum teknologi gadget canggih seperti saat ini, dulu ketika ingin mengadakan suatu acara biasanya orang-orang akan mencantumkan gambar peta.

Namun perlu Anda ketahui bahwa hampir 90% yang dibuat ternyata tidak bisa memberikan gambaran lokasi secara jelas.

Membuat Barcode Lokasi Google

Nah, denah lokasi ini banyak dijumpai pada undangan pernikahan, lokasi perusahaan atau bisnis, undangan acara resmi dan lain sebagainya. Di jaman modern ini denah seperti itu sudah sangat jarang dijumpai. Hal ini karena orang-orang sudah beralih menggunakan barcode untuk menunjukkan suatu lokasi.

Barcode banyak dipilih karena jauh lebih simple dan akurat. Ketika seseorang sedang melakukan scanning barcode maka secara otomatis akan terhubung langsung dengan maps.

Namun sebelum membahas lebih lanjut, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan barcode?

Pengertian Barcode

Menurut Wikipedia, barcode merupakan sekumpulan data optic yang bisa dibaca oleh mesin. Kode seperti ini bisa dibaca dengan cara mengukur lebar garis serta spasi garis.  Untuk setiap ukurannya mempunyai arti yang berbeda-beda.

Pada awalnya barcode hanya digunakan di swalayan-swalayan untuk mengotomatiskan pemeriksaan barang-barang pada swalayan, sehingga untuk prosesnya akan menjadi lebih cepat. Namun saat ini barcode sudah mulai digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk membuat barcode lokasi.

Sampai saat ini barcode masih banyak digunakan, tak lain karena biaya yang jauh lebih murah. Tidak hanya barcode, sebenarnya sekarang ini sudah ada teknologi RFID (Radio Freqeuncy Identification) yang menyediakan fitur jauh lebih mahal. Namun jika dilihat dari segi harga memang lebih mahal.

Kelebihan Barcode

Barcode memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan teknologi yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan barcode yang perlu Anda ketahui:

  • Barcode mempunyai akurasi data yang tinggi.
  • Lebih cepat dalam proses input data.
  • Barcode semakin mempermudah dalam inventory control.
  • Penggunaan barcode lebih user friendly.
  • Penggunaan teknologi barcode biayanya jauh lebih murah.
  • Barcode bisa meningkatkan pelayanan.

Baca juga: Cara Membuat Barcode Di Excel

Mengapa Google Maps?

Jika Anda ingin membuat barcode lokasi, sangat direkomendasikan untuk menggunakan Google Maps. Hal ini karena Google Maps memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah karena Google Maps sendiri adalah milik Google.

Selain itu, masih banyak sekali alasan mengapa harus menggunakan Google Maps, diantarnya:

  • Lokasi yang ditampilkan oleh Google Maps akan lebih akurat, lengkap dan rinci.
  • Kebanyakan pengguna smartphone sudah pasti memiliki Google Maps.
  • Google Maps sudah menyediakan fitur priview lokasi.
  • Google Maps menyediakan fitur street view yang digunakan untuk melihat lokasi secara langsung.
  • Barcode dilengkapi fitur share sehingga bisa langsung di bagikan ke berbagai sosial media.

Cara Membuat Barcode Lokasi di Google Maps

Cara membuat barcode atau kode QR lokasi bisa dibilang sangat mudah dan praktis. Bahkan bisa Anda buat sendiri dengan mudah lewat HP Android langsung. Nah, pada pembahasan selanjutnya kami akan menjelaskan tutorialnya.

Dengan adanya penjelasan ini diharapkan bisa membantu Anda yang sedang ingin membuat undangan atau keperluan yang lainnya. Selain itu, juga dapat digunakan untuk sekedar berbagi lokasi.

Menggunakan Aplikasi Barcode Generator

Menggunakan Aplikasi Barcode Generator

Barcode generator merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan dalam membuat barcode untuk berbagai keperluan. Ini karena fungsi utama dari barcode atau QR code adalah untuk menyimpan informasi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang bisa Anda ikuti:

  1. Silahkan Anda install terlebih dahulu aplikasi Barcode Generator.
  2. Lalu buka aplikasi Google Maps.
  3. Pilih lokasi yang Anda inginkan kemudian tap Share.
  4. Selanjutnya ketuk aplikasi Barcode Generator yang sudah diintal tersebut.
  5. Tunggu hingga beberapa saat sampai barcode Google Maps ditampilkan.

Bagaimana, apa penjelasan diatas masih kurang jelas? Jika iya maka Anda bisa simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Langkah 1: Anda harus mengintall aplikasi Barcode Generator terlebih dahulu. Aplikasi ini sudah tersedia di Google Playstore dengan ukuran yang hanya mencapai 2 MB saja.

Menggunakan Aplikasi Barcode Generator

Langkah 2:  Jika sudah terinsall maka Anda bisa membuka aplikasi Google Maps di HP. Hampir setiap HP sudah memiliki aplikasi Google Maps karena merupakan aplikasi bawaan. Biasanya berada di folder google.

Menggunakan Aplikasi Barcode Generator

Langkah 3:  Silahkan Anda cari lokasi yang Anda inginkan. Anda bisa mengetik secara manual terlebih dahulu, seperti misalnya untuk nama jalannya. Atau jika misalnya lokasi sudah jelas seperti misalnya nama perumahan, Anda bisa langsung ketik lokasi tersebut.

Sebagai contoh, kami disini akan menuliskan “monumen nasional”.

Menggunakan Aplikasi Barcode Generator

Langkah 4: Apabila lokasinya sudah ketemu maka Anda bisa langsung ketuk lokasinya. Dengan demikian akan langsung muncul di jendela baru. Disana terdapat tombol share atau bagikan sehingga bisa Anda ketuk tombolnya.

Menggunakan Aplikasi Barcode Generator

Langkah 5: Silahkan pilih aplikasi Barcode Generator.  Anda bisa menggeser menunya apabila lokasinya masih belum ketemu.

Menggunakan Aplikasi Barcode Generator

Langkah 6: Secara otomatis maka aplikasi Barcode Generator akan langsung menampilkan alamat yang sudah tertera sebelumnya lengkap dengan barcode-nya.

Menggunakan Aplikasi Barcode Generator

Langkah 7: Supaya barcode tersebut tersimpan, silahkan Anda ketuk tombol screenshoot. Gambarnya nanti bisa langsung di cek di galeri.

Menggunakan Aplikasi Barcode Generator

Membuat Barcode Lokasi Langsung Melalui Browser

Membuat Barcode Lokasi Langsung Melalui Browser

Diatas kami sudah menjelaskan cara membuat barcode melalui aplikasi Google Maps. Namun bagaimana jika tidak punya aplikasinya? Nah, Anda tidak perlu khawatir lagi akan hal ini karena Google Maps sendiri juga tersedia dalam versi situs sehingga bisa Anda akses kapan saja.

Untuk pembuatan barcode-nya juga sangat praktis dan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat barcode lokasi langsung melalui browser:

  1. Pertama silahkan Anda buka Browser kemudian kunjungi Google. Jika sudah Anda bisa langsung buka Maps.
  2. Cari lokasi yang Anda inginkan dengan menggunakan kolom pencarian.
  3. Ketuk tombol bagikan sehingga akan langsung tampil link. Silahkan Anda salin link tersebut.
  4. Anda bisa menempelkan link di browser dengan menambahkan .qr di belakanganya.
  5. Setelah itu, Anda bisa langsung melihat kode QR-nya di sana.

Membuat Barcode Lokasi Langsung Melalui Browser

Baca juga: Cara Membuat Peta Lokasi

Cara Scan Barcode Lokasi di HP

Barcode yang telah kita buat diatas sebenarnya berfungsi sebagai pengganti link. Jadi jika barcode tersebut di scan nantinya maka HP secara otomatis akan mendeteksi informasi alamat dan juga link yang telah tersimpan di dalamnya.

Pada saat menekan link tersebut maka Google Maps akan terbuka dan menuju lokasi yang tadinya sudah Anda atur. Membahas masalah scanning, kebanyakan HP sekarang ini sudah dilengkapi aplikasi bawaan yang digunakan untuk memproses scanning kode QR.

Namun jika belum maka Anda bisa ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama Anda harus menginstall terlebih dahulu aplikasi QR & Barcode Scanner.
  • Silahkan Anda buka aplikasinya. Jika muncul notifikasi izin kamera, ketuk langsung izinkan.
  • Apabila kamera scanner sudah muncul maka arahkan ke barcode yang telah dibuat.
  • Secara otomatis akan langsung muncul link. Nah inilah lin yang kami maksud untuk mengakses lokasi tersimpan.

Cara Scan Barcode Lokasi di HP

Itulah cara mudah dan cepat dalam membuat barcode lokasi yang dapat kami sampaikan kali ini di website caraharian. Semoga bermanfaat.



Loading...

Leave a Comment