Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Simetri Lipat Segitiga, Segi Lima, Bintang, dan Persegi


Simetri Lipat Segitiga, Segi Lima, Bintang, dan Persegi – Sebelumnya, kita telah mempelajari mengenai makna simetri lipat pada sebuah bangun yang berhubungan mengenai jumlah lipatan pada bangun datar. Lipatan pada sebuah bangun dapat digunakan untuk membagi bangun untuk menjadi dua atau beberapa bagian yang memiliki besar sama. Namun, setiap bangun datar akan memiliki karakteristiknya tersendiri mengenai simetri lipat.

Beberapa bangunan yang memiliki bentuk hampir sama tidak menutup kemungkinan untuk memiliki simetri lipat yang berbeda. Pada kasus ini, terdapat banya bangun datar dengan bentuk-bentuk penyusunannya memiliki kemiripan, seperti segitiga, segi lima, bintang, bahkan persegi. Meskipun memiliki kemiripan bentuk, bangun-bangun datar ini pasti memiliki karakteristiknya masing-masing agar dapat ditelaah lebih lanjut. Salah satunya adalah dengan memahami simetri lipat pada berbagai macam bentuk bangun datar ini.



Baca juga: Jumlah Simetri Putar dan Simetri Lipat Trapesium

Baca juga: Jumlah Simetri Putar dan Simetri Lipat Lingkaran

Pada pembahasan kali ini, kalian aan mempelajari mengenai simeri lipat pada bentuk bangun datar yang hampir mirip, yaitu segitiga, segi lima, bintang, dan persegi. Berikut penjelasannya.

Bangun Datar Segitiga

Segitiga merupakan sebuah bangun datar dua dimensi dengan bentuknya berpoligon. Sebuah segitiga memiliki 3 sisi, 3 titik, dan 3 sudut. Bagian-bagian segitiga dapat memiliki ukuran yang berbeda bergantung pada bentuknya yang diuraikan sebagai berikut.

1. Segitiga sama sisi

Segitiga sama sisi adalah jenis segitiga yang memiliki ketiga sisinya dengan panjang sama. Pada segitiga sama sisi memiliki sudut yang sama besar, yaitu masing-masing 600. Selain ketiga sisinya yang sama panjang, segitiga sama sisi memiliki sumbu simetri yang masing-masing dapat digunakan sebagai tinggi pada segitiga.

2. Segitiga sama kaki

Segitiga sama kaki merupakan bangunan segitiga yang dibentuk dengan dua dari tiga sisinya yang memiliki panjang sama. Segitiga sama kaki memiliki dua sudut yang sama besar di sisi kakinya yang sama. Sudut pada sisi kaki yang sama adalah 60º.

3. Segitiga sembarang

Segitiga sembarang merupakan segitiga yang ketiga sisinya berbeda semua. Dengan begitu, sudut pada setiap sisinya pun juga berbeda-beda.

4. Segitiga siku-siku

Segitiga siku-siku memiliki satu sudut yang besarnya 90º. Susunan dari segitiga ini memiliki sisi miring di depan sisi dengan sudut siku-siku. Biasanya, dalam penentuan panjang sisi lainnya dapat menggunakan teorema phytagoras.

Baca juga: Jumlah Simetri Putar dan Simetri Lipat Layang-Layang

Bangun Datar Segi Lima

Segi lima merupakan salah satu jenis bangun datar yang berbentuk poligon dan memiliki nama lain yaitu pentagon. Dalam geometri, segi lima memiliki lima sisi lurus dan lima titik sudut dengan jumlah seluruh sudutnya adalah 540 derajat. Segi lima dapat berbentuk beraturan dan tidak beraturan. Pembedanya dapat terletak dengan memperhatikan sisi yang kongruen dengan beberapa sisi yang dilihat sama panjang atau tidak sama.

Segi lima sendiri dapat terbentuk dari lima garis lurus dengan kelima garisnya yang tidak saling berpotongan. Sebuah segi lima beraturan dan dapat dicari sumbu simetrinya memiliki ciri-ciri, di antaranya memiliki lima sisi dan sudut yang kongruen, kelima sisinya memiliki panjang yang sama, lima sudutnya masing-masing sebesar 108 derajat, dan segi lima yang beraturan tidak memiliki sisi paralel.

Bangun Datar Bintang

Bintang menjadi salah satu bangun datar yang berbentuk pentagram. Pentagram yang berbentuk bintang memiliki 5 segi dengan 5 garis lurus yang membentuknya. Pada sebuah pentagram, terdapat bentuk pentagon di bagian tengahnya yang disusun berdasarkan garis-garis pentagram bintang.