Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Cara Menghitung Rumus Akar di Excel


Cara Menghitung Rumus Akar di Excel – Dalam pembelajaran matematika, kalian pasti pernah mendengar materi mengenai akar. Penghitungan akar merupakan perhitungan yang pada dasarnya adalah mencari suatu bilangan yang jika dipangkatkan n akan menghasilkan a. Akar menjadi salah satu materi yang dapat kita pelajari dengan baik apabila kita telah memahami materi mengenai perpangkatan terlebih dahulu. Hal ini karena sifat bentuk akar sendiri merupakan invers atau operasi kebalikan dari akar bilangan pangkat.

Pada operasi perhitungan akar, kita perlu memahami hal dasar perhitungannya seperti perhitungan aljabar. Misalnya, dalam operasi penjumlahan dan pengurangan dan dapat disederhanakan dengan akar-akar yang memiliki pangkat sama, sedangkan pada operasi perkalian dan pembagian, bagian yang dapat disederhanakan akar bilangan yang senama. Selain itu, kita harus memahami bahwa sebuah operasi akar tidak selalu memiliki nilai rasional seperti  = 1.4142 sehingga mempersulit perhitungan kita. Dengan begitu, kita memerlukan alat bantu seperti penggunaan rumus pada software microsoft excel. Hal ini dapat membantu kita untuk menyelesaikan operasi akar dengan cepat dan efisien.



Baca juga: Perhitungan Rumus Akar Persamaan Kuadrat

Berkaitan dengan perkembangan zaman, tentunya kalian harus dapat memanfaatkan segala fasilitas dengan belajar menggunakannya. Salah satunya software pengolah data microsoft excel yang sanggup memecahkan permasalahan hitungan matematika, tidak terkecuali operasi akar.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai perhitungan rumus akar menggunakan microsoft excel. Berikut pembahasannya.

Bentuk Operasi Akar

Perlu kita pelajari sekilas mengenai akar bahwa bentuk akar berasal dari suatu bilangan rasional yang hasilnya berupa bilangan irasional. Bilangan irasional hasil akar ini biasanya menyulitkan kita untuk mengerjakan operasinya secara cepat, kecuali sudah hafal mengenai hasil akar.

Akar merupakan bentuk lain untuk menyatakan bilangan berpangkat pecahan. Biasanya, jika menghitung manual kita memerlukan simbol  yang digunakan sebagai tanda akar. Misalnya, terdapat bilangan berpangkat 2 ½ yang apabila diubah ke bentuk akar menjadi   atau karena apabila indeks akarnya bernilai 2 apabila tidak ditulis tidak menjadi masalah.

Baca juga: Penerapan Bilangan Pangkat Dan Bentuk Akar

Penghitungan Operasi Akar di Microsoft Excel

Operasi akar yang dihitung manual biasanya memerlukan waktu dan terasa tidak efisien apabila dilakukan dengan jumlah yang banyak. Dengan begitu, untuk memanfaatkan perkembangan teknologi di zaman sekarang perlunya kalian dapat mempelajari cara-cara efisien dalam perhitungan matematika. Salah satunya menerapkan software microsoft excel untuk melakukan operasi hitung akar matematika.

Microsoft excel merupakan salah satu software pengolahan data yang dapat membantu kita untuk menghitung operasi akar matematika. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi simbol-simbol di microsoft excel. Selain memahami simbol-simbolnya, kalian juga perlu memperhatikan langkah-langkahnya. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Menghitung Akar Kuadrat Secara Manual

Penghitungan Menggunaan Rumus

Dalam mempercepat pekerjaan kalian yang diharuskan untuk menghitungan data-data yang perlu dilakukan perakaran, kalian dapat memanfaatkan microsoft excel dengan penerapan rumus-rumusnya. Salah satunya rumus = SQRT. Rumus ini merupakan salah satu rumus yang mempermudah pekerjaan kita menjadi cepat dan efisien ketika diharuskan untuk menghitung operasi akar.