Penerapan Bilangan Pangkat Dan Bentuk Akar


Penerapan Bilangan Pangkat Dan Bentuk Akar – Tentunya kita mengetahui bahwa angka atau bilangan itu tidak hanya sekedar 1 – 10, melainkan sampai ribuan bahkan triliunan. Hal ini membuat penulisan bilangan terbilang ribet dan menyulitkan karena terlalu banyaknya angka. Namun, beberapa hal ini dapat dipecahkan dengan solusi dari ilmu matematika.



Masalah sehari-hari yang berkaitan dengan angka atau bilangan salah satunya dapat diselesaikan dengan penerapan bilangan pangkat dan bentuk akar. Dalam pelaksanaannya, tentu saja membutuhkan prasyarat ketika mempelajarinya, yaitu dengan menguasai aritmetika dan konsep bilangan-bilangan.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan menelaah hal-hal yang dapat diambil dari mempelajari materi bilangan pangkat dan bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, lakukan pula pemahaman untuk menyelesaikan soal terkait bilangan pangkat dan bentuk akar. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Sifat Bilangan Berpangkat Dan Contohnya

Baca juga: Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Berpangkat

Bilangan Pangkat Dan Akar Dalam Kehidupan

Di zaman globalisasi yang serba digital ini, pasti kalian memiliki akun media sosial dengan beberapa teman virtual. Jika dalam satu akun kalian memiliki 50 teman dan ternyata teman kalian juga memiliki 50 teman yang berbeda, tentunya kalian dapat terhubung satu sama lain dengan kemungkinan yang cukup besar. Dengan begitu, perhitungan ini dapat dikatakan dengan kalimat matematikanya 502.

Misalnya, kalian mengetahui bahwa jarak matahari dengan planet-planet di angkasa sangat jauh. Bahkan, dalam sistem tata surya jarak matahari dengan planet neptunus adalah 4.500.000.000 km. Ketika jarak tersebut tentunya kalian berpikir bagaimana kalimat yang tepat, namun dalam matematika bilangan tersebut dapat disederhanakan penulisannya dengan 4,5 x 109 km.

Selain itu, penggunaan konsep pangkat dalam kehidupan sehari hari sebagai berikut:



1. Prediksi hasil ternak dengan menggunakan konsep rasio (bilangan geometri)
2. Konsep dagang untung rugi dengan berpatokan pada kuantitas dan harga barang
3. Dalam kimia menggunakan konsep perpangkatan di pakai dalam mencari ph pada larutan
4. Dalam fisika konsep perpangkatan digunakan untuk mencari induksi magnetik suatu kumparan magnet.

Alternatif penulisan bilangan di atas disebut dengan penggunaan bilangan berpangkat. Pembahasan ini dipopulerkan oleh matematikawan Perancis bernama Rene Descartes. Penulisan bilangan berpangkat adalah an = a x a x a x a x a x … sebanyak bilangan pada pangkat (n).

Bilangan berpangkat dapat dikatakan sebagai perkalian berulang dengan bilangan pokok yang sama. Pangkat atau eksponennya menunjukkan banyaknya bilangan yang dikalikan. Pada bilangan an yang merupakan bilangan bulat positif disebut sebagai bilangan berpangkat sebenarnya. Selain bilangan berpangkat sebenarnya terdapat beberapa bilangan berpangkat lainnya yang diuraikan sebagai berikut.

Baca juga: Cara Membuat Pangkat Di Word HP Dan PC





Leave a Comment