Jumlah Simetri Putar dan Simetri Lipat Trapesium


Jumlah Simetri Putar dan Simetri Lipat Trapesium – Salah satu bidang datar yang memiliki berbagai macam jenis bentuknya adalah trapesium. Trapesium memiliki banyak jenis karena bentuknya yang sangat unik dan beragam. Dalam kehidupan sehari-hari, bentuk trapesium dapat kita jumpai seperti pada bentuk sebuah tas bahkan sebuah bangunan. Dengan bentuknya yang unik ini pula, trapesium dapat diklasifikasikan berdasarkan sifat-sifat dasarnya.



Trapesium sendiri dapat berupa bentukan gabungan dua buah bangunan atau bahkan dapat dikatakan menjadi bagian dari bangunan segi empat. Hal ini tentunya dapat dibedakan dengan berbagai cara, seperti melihat bentuk, sifat, dan ciri-cirinya. Salah satu hal yang dapat kita perhatikan untuk membandingkan trapesium dengan bangun datar yang lain adalah aspek simetrinya. Tentunya, dengan melihat kesimetrian sebuah bangun dapat memberikan keterangan lebih lanjut mengenai sifat-sifat dasarnya. Tidak terkecuali pada bangun datar trapesium ini.

Baca juga: Rumus Mencari Luas Trapesium

Baca juga: Simetri Lipat Bangun Datar pada Matematika

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai bangun datar trapesium berdasarkan simetrinya, baik simetri putar atau lipat. Berikut pembahasannya.

Pengertian Trapesium

Trapesium merupakan sebuah bangun datar dua dimensi yang memiliki empat sisi yang dapat berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Trapesium dapat memiliki sisi sejajar, baik dengan bentuk yang horizontal maupun vertikal. Bagian-bagian dari trapesium sendiri terdiri atas alas dan sisi yang dapat disebut sebagai kaki trapesium.

Sebagai sebuah banguun datar, trapesium memiliki beragam macam sifat-sifat sebagai berikut.

  1. Trapesium memiliki empat sisi yang dapat paralel atau sejajar.
  2. Trapesium memiliki sisi yang berbentuk horizontal, vertikal, ataupun miring.
  3. Sisi terpanjang trapesium disebut dengan alas, sedangkan sisi-sisi lainnya disebut kaki.
  4. Trapesium memiliki diagonal yang sama panjang.
  5. Trapesium memiliki 4 rusuk.
  6. Trapesium memiliki 4 titik sudut (dengan sepasang sudut siku-siku).
  7. Trapesium memiliki total sudut sebesar 360 derajat.
  8. Trapesium memiliki jumlah dua sudut yang berdekatan (sudut sepihak) sebesar 180 derajat.

Baca juga: Simetri Putar Bangun Datar pada Matematika

Trapesium memiliki beberapa macam bentuk dan akan mempengaruhi ciri-cirinya sebagai bidang datar. Berikut beberapa jenis dari trapesium.



1. Trapesium sama kaki

Trapesium sama kaki berbentuk seperti pada gambar berikut.

Pada gambar di atas, dapat kita pahami bahwa trapesium tersebut memiliki sepasang rusuk yang sejajar dan sama panjang (KN dan LM). Sisi yang sama panjang tersebut dapat dinamakan sebagai dua sisi kaki yang sama panjang. Selain itu, trapesium sama kaki ini memiliki dua buah sudut lancip dengan sudut N dan sudut M serta dua sudut tumpul dengan sudut K dan sudut L. Sebagai pelengkap, trapesium sama kaki memiliki sepasang diagonal yang sama panjang.

2. Trapesium siku-siku

Trapesium siku-siku berbentuk seperti pada gambar berikut.





Leave a Comment