Jumlah Simetri Putar Persegi, Segi Lima, dan Segi Enam


Jumlah Simetri Putar Persegi, Segi Lima, dan Segi Enam – Bangun datar merupakan salah satu bidang geometri yang memiliki berbagai macam  jenisnya. Jenis-jenis bangun datar biasanya dibedakan berdasarkan bentuknya sehingga memiliki ciri khasnya masing-masing. Bentuk yang bermacam-macam ini terkadang dapat kita temukan di kehidupan sehari-hari. Misalnya, bangun datar persegi atau segi empat yang banyak kita gunakan pada bentuk buku, bentuk jendela, dan lain sebagainya.



Bangun datar yang memiliki banyak jenis dan dapat kita lihat berbagai seginya. Tentunya, kita sudah mengetahui juga terdapat bangun datar yang berbentuk segitiga dan memiliki macam jenisnya. Selain segitiga, terdapat beberapa macam bentuk bangun datar, mulai dari segi empat, segi lima, dan segi enam. Macam-macam bangun datar ini tentunya memiliki ciri khas masing-masing karena dari bentuknya yang berbeda akan memberikan karakteristik yang berbeda pula. Salah satu karakteristik yang membedakan antar-bangunan dari segi empat, segi lima, dan segi enam adalah adanya aspek simetri putarnya.

Baca juga: Rumus Persegi Luas Dan Kelilingnya Lengkap

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai beberapa karakteristik dari berbagai bidang datar mulai dar segi empat, segi lima, dan segi enam berdasarkan simetri putarnya. Berikut penjelasannya.

Pengertian Segi Empat

Segi empat dapat disebut sebagai persegi atau bujur sangkar. Bangun datar ini merupakan bagian dari bangun dua dimensi dengan empat buah rusuk sama panjang yang melengkapinya. Segi empat terbentuk atas empat titik sudut yang besarnya sudutnya membentuk siku-siku atau 90 derajat.

Dalam kehidupan sehari tentunya kita tidak asing dengan bentuk-bentuk segi empat, seperti keramik, papan catur, dan lain sebagainya. Ketika melihat bentuk-bentuk segi empat ini pasti kalian bisa membedakannya dengan bentuk-bentuk bangun datar yang lain. Agar lebih mengetahuinya, berikut merupakan ciri-ciri dari segi empat.

  1. Memiliki 4 titik sudut yang membentuk sudut siku-siku 90 derajat.
  2. Memiliki 4 rusuk yang sama panjang.
  3. Memiliki 2 diagonal yang sama panjang.
  4. Memiliki 4 simetri lipat dan 4 simetri putar.
  5. Memiliki 4 sumbu simetri.
  6. Hasil perpotongan diagonalnya saling tegak lurus.
  7. Sudut perpotongan setiap diagonalnya adalah 90 derajat.
  8. Sisi-sisi yang berhadapan sama panjang.

Dari ciri-ciri segi empat di atas, kita dapat mengetahui cara untuk menghitung kelilingnya, yaitu dengan mengalikan 4 sisinya. Lalu, dalam menghitung luasnya kita dapat mengalikan 2 sisinya.



Baca juga: Simetri Putar Bangun Datar pada Matematika

Pengertian Segi Lima

Segi lima dapat disebut sebagai pentagon. Segi lima merupakan bagian geometri yang berbentuk poligon dengan sisinya yang berjumlah lima. Segi lima dapat merujuk pada bangun datar yang memiliki lima sisi dengan semua sisinya yang sama panjang dengan jumlah seluruh sudutnya adalah 540 derajat.



Leave a Comment