Jumlah Simetri Putar Segitiga Sama Kaki


Jumlah Simetri Putar Segitiga Sama Kaki – Terkadang, kita secara tidak sengaja menemukan benda-benda geometri di sekitar kita. Salah satunya bangun datar yang berbentuk segitiga. Segitiga dapat diterapkan bentuknya, seperti pada bentuk atap rumah dengan ujung yang lancip mirip dengan segitiga. Bentuk segitiga merupakan salah satu bentuk yang unik sehingga perlu kita ketahui bahwa segitiga merupakan bangun datar yang memiliki beberapa keistimewaan.



Keistimewaan pada segitiga merupakan sebuah karakteristik atau ciri khasnya menjadi sebuah bidang datar. Segitiga sebagai bangun datar tentunya berbeda dengan jenis bangun datar lainnya. Jika kita menelaah lebih lanjut mengenai segitiga, terdapat beberapa jenisnya yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satu jenis segitiga yang memiliki ciri berbeda dengan segitiga lainnya adalah segitiga sama kaki.

Segitiga sama kaki memiliki beberapa ciri yang unik sehingga berbeda dengan jenis bangun datar lainnya, bahkan jenis segitiga yang lain. Sebagai sebuah bangun datar yang unik, terdapat ciri yang mendasari segitiga sama kaki yaitu adanya simetri putar yang menjadi karakteristiknya.

Baca juga: Simetri Putar Bangun Datar pada Matematika

Baca juga: Sifat-Sifat Segitiga Secara Umum

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai karakteristik segitiga sama kaki yang berkaitan dengan simetri putar. Berikut penjelasannya.

Apa itu Segitiga Sama Kaki

Segitiga sama kaki merupakan bangun datar yang berbentuk segitiga dengan dua sisi yang memiliki panjang sama. Dua sisi yang sama ini dinyatakan dengan kaki segitiga yang sama sisi, sedangkan alasnya memiliki sisi yang berbeda. Hal ini juga berlaku pada sudut segitiga yang memiliki dua sudut yang sama besarnya.

Segitiga sama kaki dapat dikatakan terdiri atas dua buah segitiga siku-siku yang berkongruen dan dihimpitkan kedua sisinya yang sama panjang. Terkadang, segitiga sama kaki memiliki kedua sisinya yang panjangnya sama atau setidaknya dua sisi yang memiliki panjang sama. Bahkan, bentuk terakhir dari segitiga sama kaki dapat masuk pada segitiga sama sisi berdasarkan kasus tertentu.



Baca juga: Jumlah Simetri Putar Jajar Genjang

Pada segitiga sama kaki di atas, terdapat sisi AB yang panjangnya sama dengan AC. Hal ini berlaku juga pada sudut ABC yang memiliki besar sama dengan sudut ACB. Dengan begitu, kita dapat mengklasifikasikan beberapa sifat dari segitiga sama kaki sebagai berikut.

  1. Segitiga sama kaki memiliki 2 sisi yang sama panjang.
  2. Dua sudut pada segitiga yang berhadapan dengan sisi yang sama panjang memiliki besar sudut yang sama.
  3. Segitiga sama kaki memiliki 1 sumbu simetri.
  4. Dapat menempati bingkainya dengan 2 cara.

Dengan mengetahui pengertian dan sifat-sifatnya dapat kita ketahui rumus keliling segitiga adalah dengan menambahkan ketiga sisinya. Lalu, dalam mencari luasnya kita dapat menggunakan rumus ½ alas x tinggi segitiga.

Baca juga: Jumlah Simetri Putar Belah Ketupat

Simetri Putar Segitiga Sama Kaki

Simetri putar merupakan sebuah putaran yang dapat dilakukan oleh suatu bangun datar, kemudian akan membentuk pola perputaran sama pada saat sebelum diputar, tetapi tidak kembali pada posisi awal. Simetri putar pada sebuah bangun datar biasanya bergantung pada sisi-sisinya yang sama panjang sehingga memiliki jumlah simetri putar sesuai dengan jumlah sisinya.





Leave a Comment