Jumlah Simetri Putar Belah Ketupat


Jumlah Simetri Putar Belah Ketupat – Ketika berkendara di jalan raya, tentunya kalian sering melihat rambu-rambu lalu lintas di pinggir jalan. Rambu-rambu tersebut biasanya berisi simbol-simbol yang digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang sedang berkendara.



Rambu lalu lintas yang dipajang dipinggir jalan biasanya memiliki berbagai macam bentuk. Salah satunya yang paling sering digunakan adalah rambu lalu lintas yang berbentuk konsep belah ketupat.

Baca juga: Rumus Belah Ketupat Dan Contoh Soal

Konsep belah ketupat merupakan salah satu bentuk bidang geometri yang sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bentuknya yang unik dan memiliki karakteristik tersendiri menjadikan belah ketupat dapat kita temukan di berbagai macam benda, seperti pembuatan ketupat hingga celah lubang pada candi. Sebagai sebuah bidang datar geometri, belah ketupat memiliki berbagai macam karakteristik dan ciri-cirinya sebagai sebuah bidang datar. Salah satunya ciri-ciri belah ketupat berdasarkan aspek simetrinya.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai karakteristik bidang datar belah ketupat yang diuraikan berdasarkan aspek simetri putarnya. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Contoh Soal Geometri Bidang Datar Dan Jawaban

Bangun Datar Belah Ketupat

Belah ketupat merupakan sebuah bangun datar dua dimensi yang tersusun berdasarkan empat sisinya yang berbentuk sama panjang. Belah ketupat juga memiliki sudut yang berhadapan dengan besar yang sama.

Bidang datar ini diberi nama belah ketupat karena memiliki bentuk seperti ketupat dengan penyusunan sisi-sisi yang sama panjang. Empat sisi ini membuat belah ketupat terliat seperti segi empat, namun dengan bentuk yang unik dengan gabungan dua segitiga sama kaki yang kongruen.



Pada gambar di atas, dapat kita lihat sebuah bangun datar belah ketupat ABCD. Belah ketupat ABCD di atas memiliki empat sisi, yaitu sisi AB, sisi BC, sisi CD, dan sisi DA. Dari sisi-sisi belah ketupat tersebut terdapat dua diagonal yang berpotongan tegak lurus di dalam bangunnya, yaitu diagonal AC dan diagonal BD. Diagonal pada belah ketupat dapat disebut sebagai sumbu simetri dan dapat digunakan untuk mencari simetri lipat.

Belah ketupat sebagai sebuah bangun datar memiliki sifat-sifat berikut ini.

  1. Belah ketupat memiliki empat buah sisi yang sama panjang, yaitu sisi AB, BC, CD, dan DA.
  2. Dalam sisi belah ketupat, terdapat dua pasang sudut yang berhadapan dan sama besar, yaitu sudut ABC dengan sudut ADC dan sudut BAD dengan sudut BCD.
  3. Sebuah belah ketupat memiliki diagonal yang membagi dua diagonal yang lain sama panjang. Dua buah diagonal yang saling berpotongan tegak lurus, yaitu diagonal AC dan diagonal BD. Diagonal AC membagi diagonal BD menjadi dua sama panjang, begitupula dengan diagonal BD membagi diagonal AC menjadi dua sama panjang.

Dengan mengetahui sisi-sisinya, kita dapat mengambil rumus perhitungan pada belah ketupat untuk mencari kelilingnya dengan 4 x sisi. Lalu, untuk mencari luas belah ketupat kita dapat menggunakan rumus ½ x diagonal 1 x diagonal 2.



Baca juga: Simetri Lipat Bangun Datar pada Matematika



Leave a Comment