Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Jumlah Simetri Putar Jajar Genjang


Jumlah Simetri Putar Jajar Genjang – Jajar genjang merupakan salah satu jenis dari bangun datar geometri yang hampir mirip dengan persegi. Bentuk dari jajar genjang sekilas mirip dengan persegi maupun persegi panjang, namun jika kita pahami lebih lanjut ternyata jajar genjang jauh berbeda dengan beberapa bidang datar lainnya. Hal ini tentunya karena dari bentuknya dan beberapa karakteristik dari jajar genjang sendiri sebagai bangun datar.

Sebagai sebuah bangun datar dua dimensi, jajar genjang tentunya memiliki ciri-ciri tertentu yang dapat digunakan untuk mengidentifikasinya. Salah satu caranya adalah dengan menentukan simetri putar jajar genjang. Meskipun sebelumnya kita ketahui bahwa tidak semua bangun datar memiliki aspek simetri dan hal ini juga berlaku pada jajar genjang bahwa bangun datar ini tidak memiliki simetri lipat. Namun, untuk mengidentifikasinya kita dapat menelaah jajar genjang dengan jumlah simetri putarnya.



Baca juga: Rumus Jajar Genjang Dan Contoh Soal

Pada pembahasan kali ini, kita akan mempelajari mengenai simetri putar pada jajar genjang. Berikut penjelasannya.

Pengertian Jajar Genjang

Jajar genjang merupakan sebuah bangun datar dua dimensi yang dibentuk berdasarkan dua pasang rusuk yang memiliki ukuran yang sejajar. Sebuah jajar genjang memiliki sisi yang berhadapan dengan panjang sama dan sejajar. Pada setiap titiknya, jajar genjang memiliki sudut yang berdekatan dengan jumlah 180 derajat. Jajar genjang juga memiliki dua diagonal yang saling berpotongan di tengah bidangnya.