Simetri Lipat Segitiga, Segi Lima, Bintang, dan Persegi


Kemudian, segitiga yang memiliki jumlah simetri terbanyak adalah segitiga sama sisi. Hal ini karena segitiga sama sisi memiliki 3 sisi dan sudut yang sama panjang dan besarnya seperti pada gambar berikut.



Simetri lipat pada segitiga di atas yang pertama pada titik C sebagai sumbu simetri sehingga A bertemu B. Kemudian, lipatan kedua pada sumbu simetri A sehingga B bertemu C dan lipatan ketiga dengan B sebagai sumbu simetri sehingga A bertemu C.

Selanjutnya, pada segitiga sama kaki memiliki satu sumbu simetri. Dengan begitu, segitiga sama kaki memiliki 1 simetri lipat dengan sumbu simetrinya yang ada di tengah bangun datar tersebut.

Baca juga: Simetri Lipat Bangun Datar pada Matematika

2. Simetri lipat segi lima

Segi lima yang memiliki sumbu simetri adalah segi lima beraturan. Pada segi lima beraturan terdapat 5 simetri yang ditunjukan pada gambar berikut.

Pada gambar di atas, terdapat segi lima ABCDE dengan 5 simetri lipatnya, yaitu pada garis A ke titik tengah garis CD, B ke titik DE, C ke titik AE, D ke titik AB, dan E ke titik BC.



3. Simetri lipat bintang

Bintang menjadi salah satu bangun datar yang memiliki simetri lipat. Bangun datar bintang atau pentagram memiliki simetri lipat yang berjumlah 5. Berikut merupakan gambar simetri lipat dari bangun datar bintang.

Pada bangun datar bintang ABCDEFGHIJ di atas, dapat kita ketahui bahwa terdapat 5 sumbu simetri yang membentuk 5 simetri lipat pada bintang. Hal ini ditunjukkan pada ttik B ke titik G, titik A ke titik F, titik C ke titik H, titik D ke titik I, dan titik J ke titik E.

Baca juga: Simetri Putar Persegi Panjang Matematika

4. Simetri lipat persegi

Persegi menjadi salah satu bidang datar yang dapat kita ketahui simetri lipatnya dengan mudah. Pada persegi, terdapat 4 simetri lipat yang ditunjukkan dengan 4 sumbu simetrinya sesuai dengan gambar berikut.



Pada persegi ABCD di atas, terdapat 4 simetri lipat. Simetri lipat ditunjukkan titik A yang bertemu dengan D dan B bertemu dengan C, lalu A bertemu dengan B dan C bertemu dengan D. Kemudian, A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetrinya dan B bertemu dengan D dengan AC sebagai sumbu simetrinya.

Baca juga: Rumus Menghitung Luas Segi Enam

Demikian pembahasan mengenai materi simetri lipat pada jenis bangun datar yang memiliki bentuk hampir sama, yaitu segitiga, segi lima, bintang, dan persegi. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu belajar, ya.



Leave a Comment