Rumus Dan Contoh Soal Faktorial


Rumus Dan Contoh Soal Faktorial – Dalam pelajaran matematika ada cukup banyak rumus yang kelihatan susah dan menjadi momok banyak siswa. Padahal jika dipelajari rumus tersebut tidak sesulit bayangan. Salah satunya adalah rumus atau materi tentang faktorial.



Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini kita bahas mengenai faktorial, yang mencakup cara mencari nilai faktorial dan juga contoh soalnya. Penasaran bagaimana cara menghitungnya? Langsung saja simak pembahasan berikut ini. Kita awali dari mengenal definisi faktorial.

Baca juga: Contoh Rumus ABC Persamaan Kuadrat

Apa itu Faktorial

Faktorial umumnya merupakan materi yang diajarkan di tingkat SMA/SMK, lebih tepatnya materi untuk kelas 12. Faktorial adalah jumlah faktor perkalian yang terdapat pada suatu kalimat matematis. Faktorial juga dapat diartikan sebagai penulisan singkat dari perkalian sederet bilangan bulat positif terurut sampai 1. Faktorial dilambangkan dengan tanda seru “!”.

Contoh penulisan faktorial adalah sebagai berikut:

  1. 0! = 1
  2. 1! = 1
  3. 2! = 2 x 1
  4. 3! = 3 x 2 x 1
  5. 4! = 4 x 3 x 2 x 1
  6. 5! = 5 x 4 x 3 x 2 x 1
  7. 6! = 6 x 5 x 4 x 3 x 2 x 1 = 6 x 5 x 4! = 6 x 5!

Nilai faktorial juga dapat ditulis dengan rumus tertentu. Kita gunakan rumus di bawah ini:

n! = n.(n-1) . (n-2) . (n-3) . ……



Misalnya saat kalian menjumpai 5 x 4 x 3 x 2 x 1 = 5! dan 4 x 3 x 2 x 1 = 4!. Maka kita bisa merumuskan faktorial tersebut menjadi seperti berikut:

5! = 5. (5-1)!

5! = 5. 4!

n! = n. (n-1)!



Baca juga: Penjumlahan Pengurangan Matriks Dan Contoh Soal

Non Faktorial

Dalam materi faktorial kita juga bisa menjumpai istilah non faktorial. Untuk hal ini diperlakukan dengan cara yang berbeda. Akan tetapi pengerjaannya lebih mudah dibandingkan faktorial. Untuk lebih jelasnya simak contoh di bawah ini.

Kita anggap kalau n = 1 dan anda sudah tahu bahwa rumusan umum dari faktorial itu sendiri adalah:

n! = n. (n-1)!

Jadi jika anda mengganti n dengan angka satu seperti pemisalan di atas, akan didapat perhitungan sebagai berikut.



1! = 1. (1-1)!

1! = 1. (0)!

1 = 0!

Jadi bisa diasumsikan kalau nol faktorial sama dengan satu.

Baca juga: Cara Membaca Jangka Sorong Yang Benar

Contoh Soal

Di atas sudah kita bahas secara singkat seputar faktorial. Jika kalian baru pertama kali menjumpai materi ini, mungkin kalian akan bingung. Akan tetapi seperti yang sudah dibahas di atas, materi faktorial tidak sesulit itu. Untuk mempermudah pemahaman mengenai faktorial, kalian bisa mengerjakan soal latihan. Di bawah ini kami berikan beberapa contoh soal, lengkap dengan bagaimana cara mengerjakannya.

Soal 1

3! x 2! = …



Leave a Comment