Pengertian dan Kegunaan Neraca Ohaus


Pengertian dan Kegunaan Neraca Ohaus – Ketika sedang pergi ke pasar tradisional dan berbelanja beberapa kebutuhan pokok, pasti kalian akan melihat beberapa pedagang yang sedang menimbang dagangannya. Timbangan yang dipakai oleh pedagang untuk mengukur sebuah dagangan tentunya berbeda-beda bergantung pada jenis produk yang ditimbang. Penimbangan dilakukan oleh seorang pedagang agar pedagang dan pembeli mengetahui ukuran produk yang dijual-belikan, mulai dari beratnya hingga panjangnya. Dengan mengetahui ukuran pada suatu produk, kita akan mengetahui harga yang pantas diberikan sehingga proses jual-beli dapat terlaksana dengan seimbang.



Selain timbangan yang sering digunakan pedagang di pasar, terdapat beberapa macam timbangan yang dapat menentukan harga sebuah produk. Salah satunya adalah neraca yang menjadi bagian dari timbangan karena digunakan untuk mengukur berat atau massa sebuah benda. Neraca sendiri memiliki berbagai beberapa jenis juga karena bergantung penggunaannya di berbagai profesi pekerjaan, khususnya dalam bidang jual-beli. Neraca yang digunakan untuk menimbang tentunya akan memberikan manfaat kepada kita, baik sebagai penjual atau pembeli.

Baca juga: Cara Konversi 1 Ons Berapa Kg

Salah satu neraca yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam kegiatan jual-beli adalah neraca Ohaus. Neraca ini sangat bermanfaat untuk kita jika ingin melihat ketilitian sebuah barang berdasarkan ukurannya. Jenis-jenis neraca Ohaus pun juga beragam karena memiliki fungsi masing-masing untuk setiap penggunaannya. Selain itu, cara kerjanya pun berbeda untuk setiap jenis-jenisnya.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai neraca Ohaus, baik dari pengertiannya hingga kegunaan dari masing-masing jenisnya. Berikut pembahasannya.

Baca juga: Cara Membaca Jangka Sorong Yang Benar

Pengertian Neraca Ohaus

Neraca merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menimbang. Dalam penerapannya, neraca memiliki berbagai jenis dan macamnya, salah satunya adalah neraca Ohaus. Neraca Ohaus merupakan neraca yang digunakan untuk mengukur massa benda dengan ketelitian yang kecil hingga mencapai 0,01 gram dan maksimal dengan ukuran 311 gram. Neraca Ohaus biasanya hanya sekadar dijadikan sebuah perbandingan yang digunakan untuk mengukur massa benda dengan anak timbangan.

Neraca Ohaus mulanya ditemukan oleh salah satu brand produksi perusahaan di Amerika bernama OHAUS Corporation yang menjadi pelopor timbangan minimalis di tahun 1907. Neraca ini dapat digunakan sebagai alat ukur dalam bidang kesehatan, seperti pada laboratorium dan bidang industri farmasi.



Neraca Ohaus memiliki fleksibilitas di bagian anak timbangannya dengan menggeser menjauh atau mendekati poros neraca sesuai dengan kebutuhannya. Anak timbangan pada neraca Ohaus dapat diubah dengan menggeser posisi anak timbangan sepanjang lengan neraca, baik digeser menjauh atau mendekati poros neraca. Hal ini digunakan untuk mengukur massa bendanya yang dapat diketahui dari penjumlahan masing-masing posisi anak timbangan setelah neraca dalam keadaan seimbang. Dengan begitu, neraca Ohaus menjadi neraca yang memiliki ketelitian lebih baik daripada neraca-neraca lainnya.



Leave a Comment