Materi Rumus Matriks Matematika SMA


Materi Rumus Matriks Matematika SMA – Matematika merupakan salah satu ilmu yang memiliki beragam materi yang perlu dikenal oleh kita meskipun terkenal dengan kerumitannya. Meskipun sering dijadikan sebagai sebuah momok, matematika dapat memberikan pengaruh dalam kehidupan keseharian kita apabila dapat kita manfaatkan dengan baik. Sudah banyak sekali penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari seperti fungsi aljabar yang dapat membantu kita untuk melakukan perdagangan atau sekadar untuk menghitung harga sebuah barang.



Salah satu materi yang terbilang rumit namun manfaatnya dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari adalah materi matriks. Matriks biasanya digunakan dalam menyelesaikan permasalahan matematika dalam menemukan solusi masalah persamaan linear, transformasi linear, dan lain sebagainya. Matriks juga dapat berupa variabel biasa sehingga matriks pun dapat dimanipulasi dan diaplikasikan dengan cara dikalikan, dijumlah, dikurangkan, serta didekomposisikan. Dengan penggunaan representasi matriks, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur.

Baca juga: Materi Dan Contoh Soal Matriks Kelas 10

Fungsi matriks sendiri juga dapat memudahkan kita dalam membuat analisis mengenai suatu masalah ekonomi yang mengandung bermacam-macam variabel. Selain itu, matriks juga dapat dikaitkan penggunaan program linear, analisis input output baik dalam ekonomi, statistik, maupun dalam bidang pendidikan, manajemen, kimia, dan bidang-bidang teknologi yang lainnya.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai hal-hal dasar mengenai matriks yang akan kita temukan di jenjang Sekolah Menangah Atas. Berikut pembahasannya.

Baca juga: Contoh Soal Dan Jawaban Matriks Kelas 11 SMA-SMK

Konsep Matriks

Jika merujuk pada ilmu matematika, tentunya kita dapat menyimpulkan dengan banyaknya bahasa simbol yang bersifat universal. Sifat universal ini yang menjadi hubungan matematika dan kehidupan kita sangat erat serta sulit untuk dipisahkan. Beberapa konsep kehidupan dapat kita terapkan penyelesaian permasalahannya menggunakan model matematika. Salah satunya dengan penerapan matriks dalam kehidupan sehari-hari.

Matriks sendiri menjadi bagian dari ilmu matematika yang membahas mengenai kumpulan bilangan , simbol, atau ekspresi, berbentuk persegi panjang yang disusun menurut baris dan kolom. Bilangan-bilangan yang terdapat di suatu matriks disebut dengan elemen atau anggota matriks.



Penemu matriks adalah Arthur Cayley yang menerbitkan definisi abstrak matriks pada tahun 1958. Cayley menerapkan matriks pada sistem persamaan linier dengan menyatakan ilmu matriks akan cukup penting dikembangkan pada berbagai hukum aritmatika. Misalnya, dalam sistem aljabar hingga pengaplikasian dalam grafik komputer.

Untuk yang pertama kali melihat penyusunan matriks pasti akan terlihat bingung dengan penyusunan angka-angkanya. Pada matriks sendiri memiliki model matematika yang berbeda dengan persoalan-persoalan matematika lainnya. Berikut contoh penyusunan sebuah matriks.

Model matematika di atas dinamakan matriks yang dibentuk persegi atau persegi panjang. Angka-angka dalam matriks disusun atas baris dan kolom dan ditulis dalam sebuah kurung berbentuk kotak. Dari model matriks di atas dapat kita ketahui bahwa matriks A memiliki 3 baris dan 2 kolom, sedangkan matriks B memiliki 2 baris dan 3 kolom. Agar lebih jelas menelaah baris dan kolomnya mari kita lihat gambar berikut.



Baca juga: Pengertian Transpose Matriks Dan Contoh Soal



Leave a Comment