Pengertian dan Kegunaan Neraca Ohaus


Cara kerja yang sederhana ini menjadi keunggulan neraca Ohaus untuk digunakan dalam membandingkan dua benda yang digunakan sebagai pengukur dan benda yang diukur. Hal ini dilakukan agar berat bendanya sesuai dengan media pengukurnya. Tentunya, dengan pengukuran yang cepat, presisi, dan teliti membuat benda-benda yang ditimbang dengan neraca ini minim sekali kesalahannya.



Baca juga: Cara Menghitung Harga Pokok Produksi

Baca juga: Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

Jenis-Jenis Neraca Ohaus

Secara umum, neraca Ohaus memiliki berbagai jenis yang disesuaikan dengan fungsinya dalam melakukan sebuah pengukura. Berikut beberapa jenis neraca Ohaus yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Neraca Ohaus Digital

Neraca Ohaus jenis digital merupakan neraca yang dapat digunakan untuk mengukur berat barang secara otomatis tanpa perlu melakukan penggeseran lengan atau anak timbangannya karena dirancang secara digital. Biasanya, neraca ini digunakan untuk kebutuhan pengukuran di laboratorium atau bidang farmasi. Pada neraca Ohaus digital sendiri terdapat dua variannya sebagai berikut.

  • OHAUS Scout Portable Balances โ€“ Model SPX 2202 dengan kapasitas 2220 gr (2.2 kg), Readability 0.01 gr, Repeabilty 0.02 gr, Pan size 170 ร— 140 mm, Net Weight 1 kg.
  • OHAUS Scout Portable Balances โ€“ Model SPX 422 dengan kapasitas 420 gr, Readability 0.01 gr, Repeabilty 0.01 gr, Pan size diameter 120 mm, Net Weight 1 kg.

2. Neraca Ohaus Dua Lengan

Neraca Ohaus dua lengan merupakan varian dari neraca ini yang memiliki dua lengan. Lengan bagian depan memiliki anting logam yang dapat digeser sesuai dengan pengaturan pengukuran, mulai dari 0 sampai 100 gram. Neraca ini juga dilengkapi dengan dua skala, yaitu skala utama dan skala nonius.

3. Neraca Ohaus Tiga Lengan

Neraca Ohaus tiga lengan merupakan varian dari neraca ini yang memiliki tiga lengan. Neraca ini memiliki skala dengan ketelitian mencapai 0,01 gram. Ketelitian dari neraca ini juga dipengaruhi dengan adanya tiga lengan yang masing-masing memiliki ketelitian yang berbeda.

4. Neraca Ohaus Empat Lengan

Neraca Ohaus empat lengan merupakan varian dari neraca ini yang memiliki empat lengan. Dalam neraca ini memiliki satu timbangan di salah satu sisi neraca yang dapat diseimbangkan dengan lengan yang ada di neraca tersebut.

Jenis-jenis neraca sendiri dibagi menjadi beberapa jenis dengan mempertimbangkan bentuknya. Namun, dalam pelaksanaannya neraca Ohaus memiliki fungsi utama sebagai media pengukur dan pembanding massa sebuah benda. Selain itu, neraca Ohaus memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut.



  • Alat untuk menimbang massa obat pada industri farmasi.
  • Alat untuk mengukur kadar emas dan juga logam mulia.
  • Alat untuk membandingkan massa dua buah logam untuk mendapatkan besaran berat yang sama.

Baca juga: Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Tepat

Bagian-Bagian Neraca Ohaus

Dalam penerapannya, kita perlu mengetahui bagian-bagian dari neraca Ohaus agar dapat mengoperasikannya dengan baik. Dengan mengetahui bagian-bagiannya kita dapat mengetahui fungsi masing-masing pada setiap bagian neraca.



Leave a Comment