Cara Menghitung Harga Pokok Produksi


Harga Pokok Produksi – Apakah anda tahu apa itu Harga Pokok Penjualan (HPP) ? HPP adalah hal penting dari laporan laba rugi dari suatu perusahaan dagang atau bisa dikatakan seluruh biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan barang yang dijual atau harga perolehan dari harga yang dijual.



Jika perusahaan tersebut akan menyusun laporan keuangan khususnya laporan laba rugi, selain menghitung HPP penjualan juga harus mengetahui cara menghitung harga pokok produksi (HPP) selama periode berkalian. Untuk itulah perhitungan HPP produksi yang tepat dan akurat sangat mempengaruhi dari kinerja perusahaan tersebut apakah rugi atau untung.

Pengertian Harga Pokok Produksi

Harga pokok produksi adalah akumulasi dari semua biaya yang dikeluarkan suatu perusahaan dalam melakukan proses produksi, mulai dari berupa bahan baku sampai menjadi produk jadi. Biaya yang termasuk ke dalam harga pokok produksi antara lain biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik.

R.A. Supriyono menjelaskan bahwa harga pokok produksi adalah jumlah biaya produksi yang melekat pada produk atau barang yang dihasilkan, dan diukur dalam satuan mata uang dalam bentuk kas yang dibayarkan. Atau juga bisa berupa nilai jasa yang diserahkan, hutang yang timbul, maupun tambahan modal yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam rangka proses produksi, baik pada masa lalu ataupun masa yang akan datang.

Sedangkan menurut Ikatan Akuntan Indonesia, harga pokok produksi didefinisikan sebagai harga pokok barang yang diproduksi, mencakup seluruh biaya langsung yang dipakai, upah langsung, dan biaya produksi tidak langsung, dengan perhitungan saldo awal dan saldo akhir barang dalam pengolahan.

Jika membaca dari beberapa pengertian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa definisi harga pokok produksi adalah semua biaya yang telah dikeluarkan untuk proses produksi atau kegiatan mengubah bahan baku sampai produk jadi. Biaya-biaya yang dimaksud diantaranya biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.



Baca juga: Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

Metode Penentuan Harga Pokok Produksi

Metode penentuan harga pokok produksi adalah cara untuk memasukkan beberapa unsur biaya ke dalam harga pokok produksi. Dalam menentukan harga pokok produksi, umumnya terdapat 2 metode atau cara yang dapat digunakan, yakni metode full costing dan metode variable costing. Berikut penjelasan singkat kedua metode ini.

Full Costing (Harga Pokok Penuh)

Full costing merupakan metode penentuan harga pokok produksi yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi ke dalam harga pokok produksi. Dalam metode ini terdapat beberapa komponen yang dicantumkan, antara lain biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.



Leave a Comment