Gambar Tabel Periodik dan Cara Membacanya


Gambar Tabel Periodik – Dalam mempelajari materi Kimia, kita tentu harus mengetahui unsur-unsur kimia pada sebuah zat dan hal tersebut merupakan bagian yang sangat banyak. Sistem periodik sendiri memiliki beberapa macam yang perlu dipelajari dan dapat dipecahkan dengan cara mempelajari unsur zat dengan bantuan tabel periodik.



Tabel periodik merupakan tabel yang berisi unsur kimia dalam setiap sistemnya. Tentunya, unsur kimia dalam dunia ini memiliki jumlah yang sangat banyak dan memiliki sifat yang berbeda satu sama lain. Dengan adanya tabel periodik ini, kita dapat dimudahkan untuk mengenal nama unsur dari partikel kimia yang dikelompokkan berdasarkan hal-hal dasar pada tabel periodik.

Baca Juga: Pembahasan dan Cara Menentukan Pereaksi Pembatas

Baca Juga: Struktur Lewis Asam Sulfat H2SO4

Baca Juga: Reaksi Hidrokarbon, Subtitusi, Adisi dan Eliminasi

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tabel periodik dan keterangannya. Berikut pembahasannya.



Sejarah Tabel Periodik

Unsur dapat dimaknai sebagai sebuah hal yang paling sederhana pada suatu zat. Hal ini dimulai dari pemikiran Antoine Lavoisier hingga mengalami penyempurnaan oleh Henry Moseley, seorang kimiawan asal Inggris yang menemukan cara menentukan nomor atom.

Henry Moseley dahulu pernah melakukan eksperimen pengukuran panjang gelombang unsur menggunakan sinar-X. Dalam eksperimennya, ia menemukan kesimpulan bahwa sifat dasar sebuah zat tidak didasari oleh massa atom relatif, tetapi didasari karena kenaikan jumlah protonnya. Hal ini karena adanya unsur-unsur yang memiliki massa atom berbeda.

Selanjutnya, cerminan dari kenaikan proton ini membuatnya sadar pentingnya memahami nomor atom unsur. Sifat-sifatnya menjadi hal dasar dalam pemecahan masalah lainnya. Dengan begitu, langkah memahami sifat unsur menjadi bagian dari fungsi periodik berdasarkan nomor atom.

Pengelompokkan ini dilakukan dengan unsur-unsur sistem periodik modern merupakan penyempurnaan hukum periodik Mendeleev yang disebut juga tabel periodik bentuk panjang. Penyusunan sistem periodik modern didasarkan pada kenaikan atom dan kemiripan sifatnya. Susunannya terdiri atas periode dan golongan. Periode terbagi menjadi 2 jenis yakni, periode panjang (4,5,6, dan 7) dan periode pendek (1, 2, dan 3). Lalu, jumlah golongan pada sistem periodik terdiri atas 8 golongan utama (golongan A) dan 8 golongan tambahan (golongan B). Unsur-unsur golongan B disebut dengan unsur transisi. Letak unsur golongan B berada di antara golongan IIA dan IIIA.



Konsep Tabel Periodik

Tabel periodik merupakan tabel yang menampilkan setiap unsur kimia dalam setiap sistemnya. Tujuan dibuatnya tabel periodik unsur adalah untuk mengenal nama unsur dari partikel kimia secara mudah melalui pengelompokan. Susunannya dapat ditampilkan berdasarkan nomor atom dan kesamaan sifat kimianya.



Leave a Comment