Klasifikasi Golongan Unsur Pada Tabel Periodik Kimia


Klasifikasi Unsur Pada Tabel Periodik Kimia – Jika belajar mengenai Kimia, hal dasar yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah pembelajaran mengenai unsur kimia. Unsur kimia ini terbilang rumit karena banyak sekali hal-hal yang disampaikan dan dapat digunakan sebagai dasar ketika mendapati permasalahan kimia lainnya.

Pemahaman unsur kimia yang sangat banyak tersebut dapat dimudahkan dengan tabel periodik. Pada tabel periodik akan disampaikan beberapa sistem periodik dasar yang memiliki beberapa penjelasan mengenai unsur zat. Pada tabel periodik ini, kita dapat dimudahkan untuk mengenal nama unsur dari partikel kimia yang dikelompokkan berdasarkan hal-hal dasar pada tabel periodik. Tentunya, berbagai macam hal-hal dasar disampaikan termasuk kelompok unsur.



Baca Juga: Rumus Periode Bandul dan Pegas

Baca Juga: Rumus Periode Getaran dan Frekuensi Getaran

Baca Juga: Rumus Periode Gelombang dan Contoh Soal

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tabel periodik dan keterangan mengenai unsur sistem periodik. Berikut pembahasannya.

Konsep Tabel Periodik

Tabel periodik adalah tabel yang memberikan keterangan mengenai setiap unsur kimia dalam setiap sistemnya. Tujuan dibuatnya tabel periodik unsur adalah untuk mengenal nama unsur dari partikel kimia secara mudah melalui pengelompokan. Susunannya dapat ditampilkan berdasarkan nomor atom dan kesamaan sifat kimianya.

Pengelompokan tabel periodik sendiri dilakukan berdasarkan sifat fisik dan sifat kimia dari setiap unsur-unsur yang telah dituangkan oleh para ahli kimia dalam bentuk tabel unsur. Tentunya, fungsi tabel periodik unsur akan membantu kita dalam mengetahui nomor atom, konfigurasi elektron, dan mempelajari setiap sifat-sifat unsur beserta keteraturannya.

Kelompok Unsur pada Sistem Periodik

Pada tabel periodik akan disajikan beberapa informasi mendasar mengenai suatu zat, tak terkecuali mengenai kelompok unsurnya. Berikut akan diterangkan mengenai kelompok unsur pada sistem periodik.

1. Golongan

Pada tabel periodik, informasi mengenai kelompok unsur yang pertama menjelaskan mengenai penentuan golongan. Golongan ditempatkan pada lajur vertikal dalam tabel periodik unsur modern. Penentuan golongan berkaitan dengan sifat-sifat yang dimiliki unsur tersebut. Unsur-unsur dalam satu golongan memiliki sifat-sifat yang mirip. Berikut beberapa keterangan mengenai golongan.



Leave a Comment