Cara Konversi 1 Ons Berapa Kg


Cara Konversi 1 Ons Berapa Kg – Jika kalian pergi ke toko untuk membeli beras, pasti kalian akan dihadapi pilihan untuk membeli 1 kg, 2 kg, atau sampai 10 kg. Namun, jika kalian membeli daun jeruk di toko, kalian akan dihadapi pilihan untuk membeli 1 ons, 2 ons, atau 5 ons. Perbedaan ini terjadi karena dari satu benda ke benda lain pasti memiliki berat yang berbeda. Lalu, dari jumlah banyaknya juga barang-barang tersebut akan diukur berdasarkan satuan massa.



Berat pada sebuah benda memiliki satuan berat yang merupakan bagian dari satuan pokok yaitu massa. Satuan massa dalam standar Internasional adalah kilogram. Semua barang akan memiliki berat dan dapat diukur dengan alat ukur, jika menimbang massa salah satu alat ukurnya adalah timbangan. Dalam timbangan, biasanya menggunakan pegas atau per agar timbangan dapat berfungsi. Timbangan sendiri ada beragam jenis, dari yang ukuran kecil hingga ukuran skala besar.

Dengan timbangan, kita dapat mengukur berat satuan massa suatu barang. Satuan massa yang diukur dengan timbangan pun banyak seperti kg dan ons. Namun, dari satuan massa tersebut terdapat perbedaan tingkatan dan diperlukan konversi untuk menyamakan ukurannya.

Baca juga: Tabel Konversi 1 Ton Berapa Kg Dan Sebaliknya

Satuan Berat Ons

Ons merupakan salah satu satuan massa yang memiliki beragam definisi, bergantung pada sistem satuannya. Kata ons berasal dari kata Latin yang memiliki makna satuan ukur yang setera dengan seperdua belas pon (di Romawi). Satuan ons dikenal di beragam negara di dunia dengan ketentuannya masing-masing.

Penggunaan kata ons di Indonesia hadir ketika tahun 1820 saat Belanda memberikan keterangan satuan ons yang disamakan dengan 100 gram. Kata ons sendiri berasal dari kosa kata bahasa Belanda, yaitu ounce dan dibaca ons. Saat itu, Belanda membawa, mengadopsi, dan mengajarkan materi tersebut di sekolah Indonesia. Hingga kini, penggunaaan satuan ons di Indonesia diresmikan dan di dalam KBBI bermakna satuan ukuran berat (massa) sama dengan seratus gram.



Di dunia, satuan ons memiliki ketetapan yang berbeda dengan di Indonesia. Pada satuan imperial, ons dikenal dengan ounce dan diberi simbol oz yang berhubungan langsung dengan satuan berat pound. Beberapa negara menggunakan satuan ounce yang tidak mengacu pada ounce imperial dengan makna kesetaraan langsung dengan gram. Namun, hal ini mengacu pada sistem metrik yang berarti dasar pada satuan berat sistem metrik. Di beberapa negara seperti Jerman, ounce Jerman sama dengan 30 gram.



Leave a Comment