Materi Gelombang Mekanik, Rumus dan Contoh Soal


Materi Gelombang Mekanik – Pembahasan mengenai gelombang tidak akan berhenti berhubungan dengan bunyi pada hukum fisika. Gelombang memiliki berbagai macam jenis yang menggambarkan sebuah hubungan, salah satunya gelombang mekanik.

Gelombang mekanik dapat dikatakan sebagai suatu gelombang dalam perambatannya yang memerlukan media (perantara). Hal ini karena fungsinya yang menyalurkan energi untuk keperluan proses penjalaran sebuah gelombang.



Baca juga: Materi, Rumus dan Pembahasan Gelombang Bunyi

Baca juga: Rumus dan Contoh Soal Persamaan Gelombang Berjalan

Salah satu contoh dari gelombang mekanik adalah suara. Jadi, tanpa adanya udara atau medium perambatannya, gelombang suara tidak dapat merambat.

Kali ini, kalian akan mempelajari mengenai gelombang mekanik. Berikut pembahasannya.

Karakteristik Gelombang Mekanik

Sebuah gelombang, pasti erat kaitannya dengan panjang, periode, dan frekuensi. Panjang gelombang berhubungan dengan sesuatu yang dihasilkan gelombang transversal. Hal ini tentunya berbeda dengan gelombang terpolarisasi. Panjang gelombang transversal bisa diukur dari bukit, puncak dan dasar gelombang.

Hal ini juga berhubungan dengan periode gelombang yang merupakan waktu saat dibutuhkan untuk bisa menempuh satu gelombang. Lalu, frekuensi gelombang merupakan jumlah gelombang yang dihasilkan setiap detik. Kemudian, berhubungan dengan cepat rambat gelombang yang merupakan suatu jarak yang ditempuh oleh gelombang penuh setiap detik.

Dengan begitu, dapat diambil ciri-ciri dari sebuah gelombang mekanik sebagai berikut.

  1. Gelombang mekanik memerlukan alat atau juga perantara buat bisa berpindah
  2. Gelombang tersebut mempunyai panjang gelombang
  3. Periode gelombang
  4. Frekuensi gelombang
  5. Cepat rambat gelombang.

Baca juga: Persamaan Gelombang Berjalan, Rumus dan Pembahasannya

Baca juga: Rumus Periode Gelombang dan Contoh Soal

Jenis Gelombang Mekanik

Jenis gelombang mekanik dapat dibagi berdasark arah rambat dan juga arah getarnya sebagai berikut.

1. Gelombang transversal

Gelombang transversal merupakan suatu jenis gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarnya. Misalnya, gelombang pada tali, cahaya, hingga permukaan air.

2. Gelombang longitudinal

Gelombang longitudinal merupakan jenis gelombang yang mempunyai arah rambatnya sejajar dengan arah getarnya. Misalnya, gelombang pada slinky, bunyi di udara, hingga benda pegas.

Rumus Gelombang Mekanik

Dalam gelombang mekanik, terdapat beberapa persamaan yang perlu dipahami sehingga menjadikannya memiliki berbagai macam rumus dengan keterangan berikut.

Keterangan:

T = Periode (s)



Leave a Comment