Persamaan Gelombang Berjalan, Rumus dan Pembahasannya


Persamaan Gelombang Berjalan – Jika membahas mengenai gelombang, dapat kita pahami bahwa gelombang merupakan hasil dari getaran yang dapat merambat baik melalui mediumatau tanpa melalui medium.



Dari makna gelombang sendiri, gelombang dapat menjadi berjalan berdasarkan jenis gelombang yang memiliki sifat amplitude yang sama pada setiap titik yang dilaluinya. Misalnya, jika kalian memperhatikan bak yang terisi penuh air dengan tenang tiba-tiba dilemparkan batu ke dalamnya. Kalian akan melihat bentukan gelombang yang berjalan dari ujung ke ujung pada air tersebut.

Gelombang berjalan akan membentuk beberapa bagian yang dapat naik turun. Hal ini dapat kita ketahui puncak gelombang dan lembah gelombangnya serta beberapa jarak yang terbentuk antara puncak-puncak gelombang.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai gelombang yang berjalan. Berikut pembahasannya.

Konsep gelombang berjalan

Gelombang berjalan merupakan jenis gelombang yang memiliki sifat amplitude yang sama pada setiap titik yang dilaluinya.  Definisi dari gelombang berjalan akan dipahami lebih lanjut berdasar sifat-sifatnya seperti berikut.

Baca juga: Diskriminan Persamaan Kuadrat Dan Contoh Soal

Baca juga: Rumus Periode Gelombang dan Contoh Soal

1. Refraksi (Dibiaskan)

Refraksi merupakan pergeseran arah rambat gelombang yang disebabkan oleh medium yang dilakuinya memilikikerapatan yang berbeda. Misalnya, sebuah pensil yang dicelupkan pada air yang ada pada gelas. Kita akan melihat bahwapensil tersebut sepertipatah atau bengkok. Itu disebabkan karena perbedaan medium perambatan gelombang cahaya.



2. Difraksi (Dibelokkan)

Difraksi gelombang merupakan pembelokkan gelombang saat melalui celah tertentu. Difraksi semakin jelas terlihat ketika gelombang melewati celah yang semakin sempit. Misalnya, laser yang ditembakkan pada kisi difraksi akan menghasilkan pola gelap terang yang menawan.

3. Refleksi (Dipantulkan)

Reffleksi gelombang ini merupakan pembalikkan arahrambat gelombang karena berbenturan dengan suatu medium yang tidak dapat tembus oleh gelombang. Misalnya, seberkas laser yang ditembakkan pada sudut tertentu akan menyebabkan pantulan yang sama dengan sudut datangnya.

4. Dispersi (Perubahan Bentuk)

Dispersi merupakan terjadinya perubahan bentuk gelombang dimana gelombang melalui medium tertentu. Misalnya, gelombang putih yang menjadi berwarnawarni ketka melalui prisma dan gelombang warna warni yang Digambar pada selembar kertasdan kertasitu diputar dengan kencang akan membuat warnawarni itu berubah menjadi putih.

5. Interferensi (Digabungkan)

Interferensimerupakansuatu perpaduan gelombang. Jika dua gelombang yang dipadukan memiliki fase yang sama maka akan menghasilkan penguatan itulah interferensi. Misalnya, gelombang suara yang memiliki fase yang sama akan terdengar lebih keras. Gelombang tali yang memiliki fase yang sama maka amplitudinya semakin besar.



6. Polarisasi (Diserap Arag Getarnya)

Polarisasi merupakan penyerapan arah getar  gelombang saat melalui medium tertentu. Misalnya, suatu gelombang suara yang melewati medium lentur seperti (busa, spons, dll) akan terdengar lebih lirih karena gelombang suara tersebut terserap oleh medium tersebut.

Rumus gelombang berjalan

Panjang gelombang dilambangkan dengan lamda (λ). Nah, satuan amplitudo dan panjang gelombang sama, yaitu meter (m). Hal ini tentunya berhubungan dengan frekuensi dan periode pada gelombang. Frekuensi (f) adalah banyaknya gelombang yang terbentuk dalam 1 detik. Lalu, periode (T) adalah banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk menempuh 1 gelombang.



Leave a Comment