Rumus dan Contoh Soal Persamaan Gelombang Berjalan


Contoh Soal Persamaan Gelombang Berjalan – Pengertian gelombang secara umum adalah hasil dari getaran yang bisa merambat baik melalui sebuah media atau tanpa media apapun. Dalam ilmu fisika pembahasan tentang gelombang mencakup banyak materi, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai rumus dan contoh soal persamaan gelombang berjalan.

Gelombang dapat merambat berdasarkan jenis gelombang itu sendiri karena memiliki sifat amplitude yang sama pada setiap titik yang dilaluinya. Contohnya adalah, coba perhatikan bak mandi yang penuh berisi air yang tenang, kemudian lemparkan batu ke dalamnya. Maka, kalian akan melihat bentuk gelombang yang terbentuk karena lemparan batu tadi yang berjalan dari ujung ke ujung bak mandi tadi.



Baca juga: Persamaan Gelombang Berjalan, Rumus dan Pembahasannya

Baca juga: Rumus Periode Gelombang dan Contoh Soal

Gelombang berjalan akan membentuk beberapa bagian yang dapat naik turun. Hal ini dapat kita ketahui puncak gelombang dan lembah gelombangnya serta beberapa jarak yang terbentuk antara puncak-puncak gelombang.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai rumus gelombang yang berjalan dan contoh soalnya. Berikut pembahasannya.

Rumus Persamaan Gelombang Berjalan

Panjang gelombang dilambangkan dengan lamda (λ). Nah, satuan amplitudo dan panjang gelombang sama, yaitu meter (m). Hal ini tentunya berhubungan dengan frekuensi dan periode pada gelombang. Frekuensi (f) adalah banyaknya gelombang yang terbentuk dalam 1 detik. Lalu, periode (T) adalah banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk menempuh 1 gelombang.

Dengan begitu, gelombang berjalan dapat menggunakan rumus berikut.

y = ± A sin 2π (t/T ± x/ λ)

y = ± A sin (ωt ± kx)

Keterangan:

y = simpangan(m)

A = Amplitudo (m)



Leave a Comment