Materi, Rumus dan Pembahasan Gelombang Bunyi


Materi Gelombang Bunyi – Gelombang bunyi dapat dimaknai sebagai gelombang yang merambat melalui medium tertentu dan merupakan gelombang mekanik yang digolongkan sebagai gelombang longitudinal. Biasanya, bunyi memerlukan medium agar dapat merambat dan bisa terdengar.



Umumnya, udara menjadi medium gelombang bunyi. Misalnya, saat kamu berbicara, suara yang dikeluarkan dari pita suara akan menggetarkan udara di sekitarnya. Lalu, getaran tersebut merambat hingga akhirnya diterima oleh telinga lawan bicara lewat bunyi atau suara yang dikeluarkan.

Baca juga: Rumus dan Contoh Soal Persamaan Gelombang Berjalan

Baca juga: Persamaan Gelombang Berjalan, Rumus dan Pembahasannya

Namun, tidak hanya udara yang dapat dijadikan sebagai medium. Terdapat beberapa hal lain yang dapat dipelajari mengenai gelombang bunyi ini.

Kali ini, kalian akan mempelajari mengenai gelombang bunyi. Berikut pembahasannya.



Klasifikasi Gelombang Bunyi

Gelombang sendiri dapat dimaknai sebagai getaran yang merambat atau berjalan. Getaran yang merambat ini dapat dilalui berdasarkan medium yang berupa zat padat, cair, maupun gas. Berdasarkan bentuk idealnya, gelombang akan mengikuti gerak sinusoide yang berbentuk osilasi halus berulang.

Selain berdasarkan radiasi elektromagnetik, gelombang dapat menggunakan medium yang dapat berjalan dan dapat memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, perpindahan ini tidak akan mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen.

Berdasarkan rentang frekuensinya, gelombang bunyi dibedakan menjadi seperti berikut.

  1. Infrasonik, gelombang bunyi yang memiliki frekuensi < 20 Hz.
  2. Audiosonik, gelombang bunyi yang memiliki frekuensi antara 20–20.000 Hz. Frekuensi inilah yang dapat didengar oleh telinga manusia.
  3. Ultrasonik, gelombang bunyi yang memiliki frekuensi > 20.000 Hz. Hewan yang dapat mendengar gelombang bunyi ini adalah anjing dan kelelawar.

Baca juga: Rumus Periode Gelombang dan Contoh Soal



Baca juga: Garis Berpotongan Kelas 4 SD dan Contoh Soal

Rumus Cepat Rambat Gelombang Bunyi

Gelombang bunyi merambat dengan kecepatan tertentu. Kecepatan bunyi bervariasi antara 330 m/s hingga 5.400 m/s. Umumnya, rumus ini dapat menggunakan v = s : t. Namun, dari pemaknaan gelombang di atas, dapat kita ketahui bahwa bunyi dapat melalui zat apa saja. Untuk itu, mari kita pahami lebih dalam lagi mengenai perantara zat pada bunyi.

1. Zat padat

Gelombang bunyi dapat merambat melalui zat padat. Contoh medium rambatan zat padat yaitu alumunium, baja, kaca, dan lain-lain. Rumus menghitung cepat rambat bunyi yang merambat melalui zat padat adalah sebagai berikut.

Keterangan:



v = cepat rambat bunyi (m/s)
E = modulus young (N/m2)

ρ = massa jenis (Kg/m3)

Modulus young (E ) merupakan ukuran kekakuan suatu bahan zat padat. Nilai modulus young zat padat berbeda-beda.

2. Zat cair

Gelombang bunyi juga dapat merambat melalui zat cair. Medium zat cair dapat berupa air, raksa, helium cair, dan lainnya. Rumus untuk menghitung cepat rambat bunyi dalam zat cair adalah sebagai berikut.



Leave a Comment